Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah untuk Kulit Sehat

1
36

cara mengecilkan pori-pori wajahPori-pori wajah yang besar tidak hanya bisa membuat seseorang jadi insecure. Melainkan bisa memicu permasalahan kulit yang lebih serius seperti jerawat. Sebab, debu, kotoran, dan bakteri bisa bersarang pada pori-pori dan menyumbat produksi minyak. Pori-pori yang besar juga akan membuat wajah jadi tampak lebih tua. Untuk itu, Anda harus menyimak cara mengecilkan pori-pori wajah yang akan dibahas di bawah ini!

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Kopi

Yang pertama akan dibahas adalah bagaimana mengecilkan pori-pori menggunakan kopi. Sebab, butiran kopi dapat difungsikan menjadi scrub yang bisa mengangkat kulit mati. Nah, kulit mati inilah yang menjadi penyebab utama pori-pori menjadi lebih besar.

Cara memanfaatkan kopi untuk mengecilkan pori adalah dengan mencapurkan 1 sendok teh kopi dengan 1 sendok teh gula. Lalu, beri sedikit air sampai teksturnya seperti pasta. Lalu, gosokan perlahan di wajah, dan bilas memakai air hangat.

Menggunakan Alpukat

Selain menggunakan kopi, bahan utama yang bisa digunakan untuk mengatasi pori-pori besar adalah alpukat. Anda tinggal menghaluskannya dan dijadikan sebagai masker. Di dalam alpukat terkandung vitamin C, E, serta antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas serta memberi nutrisi supaya terlihat lebih kencang. Jika kulit lebih kencang, maka pori-pori juga bisa menjadi lebih kecil.

Untuk membuat masker alpukat, silakan blender seperempat buah hingga lembut, lalu tambahkan dengan setengah sendok madu. Oles di wajah lalu diamkan 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Menggunakan Kulit Jeruk

Sesudah Anda mengonsumsi jeruk, sebaiknya jangan langsung membuang bagian kulitnya. Sebab, dalam berbagai riset menunjukkan jika kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi ketimbang bagian daging buahnya. Bahkan, sari dari kulit jeruk ini banyak digunakan untuk ramuan kecantikan.

Baca juga:  Manfaat Bengkoang Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Cara memanfaatkan kulit jeruk untuk mengatasi pori-pori yang besar adalah dengan mengeringkan kulit jeruk. Jika sudah keras, silakan tumbuk hingga halus. Ambil dua sendok teh bubuk tersebut, lalu campurkan air hingga teksturnya seperti pasta. Oles di bagian wajah hingga merata. Tunggu 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tak hanya itu saja, vitamin C juga bisa jadi pencerah kulit serta membuat kulit lebih sehat. Pori-pori yang besar pun bisa mengecil dan kulit terlihat lebih mulus.

Caranya dengan memeras sari buah jeruk nipis, kemudian oleskan tipis-tipis di wajah. Lalu, diamkan 10 menit dan bilas memakai air hangat.

Itulah cara mengecilkan pori-pori wajah menggunakan bahan alami. Selain menggunakan cara tersebut, Anda juga harus memerhatikan beberapa hal agar hasilnya semakin sempurna. Diantaranya :

  1. Menggunakan pembersih wajah berbahan gel dan mengandung pelembap.
  2. Memakai makeup dengan bahan non-comedogenic atau bisa juga dengan acuan label won’t clog pores dan oil free.
  3. Gunakan Tabir Surya agar tidak terkena paparan sinar UV secara langsung sehingga, kulit tidak mudah rusak dan pori-pori tidak membesar.
  4. Membersihkan wajah paling tidak dua kali sehari menggunakan air hangat dan secara lembut.
  5. Pakai lah produk kecantikan dengan kandungan retinol agar kulit tidak kendur, berjerawat, dan pori-pori membesar.
  6. Rajin lah melakukan eksfoliasi atau pengelupasan agar sel kulit mati tidak menyumbat pori-pori. Setidaknya, lakukan sua sampai tiga kali dalam seminggu.

Selain menggunakan bahan alami, Anda juga perlu menyertai cara mengecilkan pori dengan kebiasaan yang baik seperti yang sudah dibahas pada ulasan di atas. Jika setelah melakukan hal tersebut ternyata pori-pori masih besar, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit.

Baca juga:  Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini