Bukan Hanya Untuk Mewarnai Kuku, Pacar Kuku Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Loh!

0
14

Tanaman pacar kuku kerap juga disebut sebagai tanaman inai atau dalam bahasa latin adalah Lawsonia inermis. Tanaman ini berasal dari Afrika Timur Laut dan Asia Barat Daya. Di Indonesia, tanaman ini kerap digunakan sebagai tanaman hias dan wangi – wangian. Selain itu, tanaman ini juga dikenal sebagai pewarna kuku alami tradisional. 

Beberapa mungkin menganggap bahwa mewarnai kuku dengan tanaman ini cukup merepotkan, sehingga lebih banyak yang memilih untuk membeli kutek saja yang bisa langsung dipakai. Tidak masalah sebenarnya jika kamu pun berpikiran serupa. 

Namun, tentu kamu tidak pernah tahu kan, kandungan apa saja yang digunakan untuk membuat kutek tersebut. Nah, jika mau takut untuk menggunakan kutek yang kaya akan bahan kimia tersebut, maka mewarnai kuku dengan daun pacar kuku bisa menjadi alternatif.  

Dibalik terkenalnya pacar kuku sebagai bahan pewarna kuku alami. Tanaman tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan kita juga loh. Nah, apa saja sih manfaat tanaman inai tersebut bagi kesehatan kita? Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Untuk Perawatan Rambut dan Kulit

Selain bisa mewarnai kuku, tentu tanaman ini juga bisa digunakan untuk mewarnai rambut. Efek warna yang diberikan oleh tanaman ini begitu indah. Bahkan tanaman inai juga bisa loh mencegah rambut rontok dan ketombe di kepala. Hal tersebut tak lain tak bukan adalah karena tanaman ini memiliki sifat anti jamur. Cara penggunaanya cukup campurkan inai dengan minyak kelapa lalu oleskan pada rambut.

2. Tanaman Pacar Kuku Bisa Meredakan Demam

Demam adalah sebuah sinyal yang tubuh kita berikan bahwasanya kita sedang terinfeksi virus atau bakteri. Semakin tinggi demam, maka akan semakin berbahaya pula dampaknya. Di tengah situasi yang tidak menentu ini, tubuh kita gampang sekali terkena penyakit, maka dari itu obat pereda demam sangatlah dibutuhkan. Daun pacar kuku atau inai mengandung phytol yang bisa meredakan rasa sakit dan menurunkan suhu demam.

3. Obat Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang sering kali dialami oleh banyak orang. Penyebab utama orang mengalami insomnia biasanya adalah karena terlalu stress dalam memikirkan sesuatu. Insomnia bisa berdampak fatal bagi kesehatan jika dibiarkan begitu saja. Jika kamu mengalami gangguan tersebut, cobalah untuk mengkonsumsi pacar kuku, tanaman ini terkenal efektif dalam mengobati gangguan tidur.

4. Tanaman Pacar Kuku Bisa Meredakan Migrain

Sakit kepala bisa terjadi ketika aliran darah tidak mengalir secara normal di kapiler. Hal tersebut sering terjadi pada ibu – ibu hamil. Demi keamanan janin yang dikandungnya, seorang ibu hamil tentu perlu berhati – hati dalam mengkonsumsi sesuatu termasuk obat migrain. 

Di dalam situasi yang menegangkan tersebut, daun inai bisa menjadi alternatif dari pada membeli obat migrain yang biasanya telah dicampuri oleh bahan kimia. Daun inai memiliki sifat anti inflamasi yang mampu menghilangkan ketegangan aliran darah. Kamu bisa menumbuk daun ini hingga lembut dengan diberi sedikit air lalu mengoles – oleskan nya ke kulit. 

5. Menyembuhkan Luka

Daun inai memiliki anti – inflamasi, anti – jamur dan anti – bakteri yang jika dikombinasikan akan menjadi obat yang ampuh dalam menyembuhkan luka. Selain itu, daun pacar kuku juga memiliki pendingin alami yang bisa mengurangi rasa sakit berlebih pada luka terutama pada luka bakar. Kamu bisa menumbuknya lalu oleskan kebagian yang terluka. 

Itulah beberapa manfaat daun inai, selain untuk mewarnai kuku. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian. 

Baca juga:  Resep Infused Water Untuk Kecantikan Yang Mudah Dibuat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini