20+ Cara Menghilangkan Mata Panda

Cantiks.com – Cara Menghilangkan Mata Panda, Mata panda adalah suatu kondisi di mana kulit di bawah mata memiliki lingkaran hitam yang terlihat seperti panda. Cara menghilangkannya juga relatif mudah.

Penyebab umum mata panda adalah kurang tidur, kelelahan dan dehidrasi. Oleh karena itu, terkadang bagi sebagian orang mata panda hanya bertahan sebentar.

Meski tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara, mata panda sering dianggap meresahkan.

Apalagi jika kondisi tersebut disertai dengan mata bengkak. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu lakukan di rumah. Bagaimana caranya? Cari tahu di artikel ini!

Cara Menghilangkan Mata Panda

Bermacam Cara Menghilangkan Mata Panda 

Sebenarnya mata panda bisa dimake up untuk menutupi lingkaran hitam. Pasalnya, bagi sebagian orang, mata panda bisa menurunkan rasa percaya diri karena mempengaruhi penampilan. Maka tidak heran jika banyak orang mencari berbagai cara untuk menghilangkan mata panda secepat mungkin.

Penyebab Mata Panda

Sebelum mengetahui cara menghilangkan mata panda, Anda perlu mengetahui apa penyebab lingkaran hitam di sekitar mata Anda, agar dapat menemukan solusi yang tepat.

  • Terlalu Lelah – Tidur larut malam dan terlalu lelah dapat membentuk jaringan gelap di bawah mata.
  • Faktor Usia – Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis, yang disebabkan oleh hilangnya kolagen untuk menjaga elastisitas kulit.
  • Mata lelah – Menonton TV atau layar komputer terlalu lama dapat membuat otot mata tegang dan menggelapkan kulit di sekitar mata.
  • Dehidrasi – Kekurangan cairan dalam tubuh bisa membuat kulit di bawah mata kusam dan cekung.
  • Alergi – Ketika Anda memiliki alergi, tubuh Anda melepaskan histamin, yang membuat pembuluh darah di bawah mata Anda lebih terlihat.
  • Faktor genetik – Mata panda juga bisa disebabkan oleh faktor genetik yang diturunkan dari keluarga.
  • Sinar matahari – Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat menghasilkan melanosit, menyebabkan mata menjadi berpigmen.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Menghilangkan mata panda sebenarnya tidak sulit, ada banyak cara untuk memperbaiki kondisi kulit mata ini tanpa menggunakan bahan kimia atau produk alami.

Berikut beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat dan efektif.

1. Gunakan minyak kelapa

minyak kelapa

Cara pertama untuk menghilangkan mata panda adalah dengan menggunakan minyak kelapa.

Selain menghilangkan mata panda, penggunaan minyak kelapa secara teratur juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan.

Namun, sebelum menggunakan minyak kelapa atau bahan alami lainnya, pastikan kulit Anda tidak sensitif atau alergi terhadap bahan tersebut agar tidak menimbulkan efek samping.

2. Mengompres Dengan Sendok Makan Dingin

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan mata panda adalah dengan menggunakan sendok makan dingin untuk mengompres bagian hitam di bawah mata.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa selain digunakan untuk makan, fenugreek juga bisa digunakan untuk mengobati mata panda.

Untuk menggunakan cara ini bisa dikatakan mudah, Anda hanya perlu memasukkan satu sendok makan bersih ke dalam freezer selama kurang lebih 15-20 menit hingga dingin.

Anda kemudian dapat menempelkan spatula dingin dan perlahan menekannya ke kulit mata tempat kantong berada.

Untuk efek maksimal, Anda bisa melakukan terapi sederhana ini hingga mata panda kabur.

3. Gunakan Eye Cream atau Krim Mata

Meskipun krim mata merupakan produk perawatan kulit, Anda tetap bisa menemukan bahan-bahan alami di dalamnya.

Anda bisa memilih krim mata yang banyak mengandung bahan alami. Agar hasil terlihat lebih optimal, efisien dan cepat. Pilih krim mata yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan vitamin K untuk membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan di bawah mata.

Baca juga:  Manfaat Bengkoang Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Gunakan secara teratur untuk mencapai efek pencerah kulit.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup

Cara menghilangkan mata panda berikutnya adalah dengan mengurangi kebiasaan begadang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang tahu bahwa penyebab utama mata panda adalah kurang tidur atau sulit tidur.

Jadi, obat mata panda ini adalah menghindari kebiasaan tidur larut malam dengan menyesuaikan kebiasaan tidur yang cukup dan berkualitas.

Pada dasarnya, kebutuhan tidur setiap orang sangat berbeda-beda tergantung usianya.

Namun, waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur biasanya sekitar 7-8 jam per malam. Selain menghilangkan mata panda, manfaat menghindari tidur larut malam dan menggantinya dengan tidur yang cukup bisa membuat tubuh lebih sehat dan segar.

Selain itu, tidur yang cukup dapat membuat tubuh Anda lebih tahan terhadap berbagai penyakit.

5. Tidur Dengan Posisi Yang Tepat

Selain cukup tidur, cara menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan mengatur posisi tidur.

Posisi tidur yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab utama mata panda. Itu karena tidak ada cairan mata yang menumpuk di bawah mata sehingga menyebabkan pembengkakan.

Oleh karena itu, cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan mata panda adalah dengan mengatur posisi kepala agar lebih tinggi dari tubuh. Saat

Anda mengatur posisi tidur dengan benar, Anda juga perlu memastikan bahwa bantal yang Anda gunakan adalah bantal yang nyaman dan empuk.

Hal ini akan sangat meningkatkan kualitas tidur Anda, sehingga mencegah terjadinya mata panda. Bantal keras tidak boleh digunakan dalam waktu lama karena dapat menyebabkan masalah leher.

Sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas tidur Anda.

6. Pijat lembut area sekitar mata

Pijat lembut area sekitar mata
Ilustrasi: lemon8-app.com

Sirkulasi darah yang buruk di sekitar mata bisa membuat Anda muncul lingkaran hitam atau mata panda.

Untuk mengatasi masalah ini, pijat dengan lembut area sekitar mata untuk meningkatkan sirkulasi darah di sana.

Tapi ingat, Anda perlu memijat area di sekitar mata Anda secara menyeluruh. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mencari bantuan profesional saat melakukan perawatan wajah.

7. Gunakan campuran kunyit dan nanas

Campuran kunyit dan nanas merupakan kombinasi yang tepat untuk menghilangkan mata panda.

Kedua bahan alami tersebut tetap banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit dan dapat menutupi flek hitam atau bahkan mata panda.

8. Menggunakan Lemon

Menggunakan Lemon

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon.

Lemon juga bagus untuk mengurangi bengkak. Pada dasarnya lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk membantu menyehatkan tubuh.

Selain itu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lemon juga sangat baik untuk menutrisi kulit agar lebih segar. Saat menggunakan lemon untuk mengobati mata panda, Anda bisa menggunakan jus lemon langsung pada area gelap di bawah mata.

Jika takut perih, Anda juga bisa menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam air jeruk lemon lalu oleskan di bawah area mata.

Setelah lebih dari 15 menit, Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Anda bisa melakukan perawatan mata panda dengan lemon dua kali seminggu.

Untuk efek maksimal, Anda bisa melakukan terapi ini secara rutin sebanyak 3- kali. Namun, cara ini tidak disarankan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Untuk mengetahui apakah jenis kulit Anda sensitif, Anda bisa mencoba cara ini untuk area kulit lainnya.

Jika tidak ada gejala seperti iritasi, ruam atau kemerahan pada kulit, Anda bisa menggunakan lemon sebagai bahan perawatan kulit.

9. Masker Kopi

Masker Kopi

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan mata panda adalah dengan mengaplikasikan masker kopi.

Kopi merupakan minuman yang banyak mengandung kafein. Kafein dengan sendirinya sangat efektif dalam menghilangkan mata panda.

Anda hanya perlu mencairkan bubuk kopi hingga menjadi pasta. Kemudian Anda bisa mengaplikasikannya di bawah mata.

Biarkan selama 15-20 menit untuk membersihkan. Cara ini akan sangat efektif jika dilakukan secara rutin setiap hari.

10. Olahraga yang cukup

Selain stres, senyawa negatif dalam tubuh juga bisa menyebabkan bengkak di bawah mata.

Baca juga:  Rekomendasi Alat Kecantikan Wajah yang Wajib Ada di Rumah

Untuk menghilangkan senyawa negatif tersebut, Anda bisa berolahraga setiap hari sebelum melakukan aktivitas seperti biasa.

Selain wajah berseri, tubuh juga akan menjadi lebih sehat dan berenergi.

11. Mengompres Dengan Es Batu atau Air Dingin

Cara menghilangkan mata panda berikutnya  adalah dengan mengoleskan kompres dingin.

Menerapkan air dingin pada kulit di bawahnya bisa sangat membantu dalam mengurangi pembengkakan sekaligus mengurangi pembuluh darah yang melebar di bawah mata.

Akhirnya, lingkaran hitam atau kantung di bawah mata yang muncul dapat diatasi secara perlahan hingga memudar dengan sendirinya.

Menerapkan di bawah mata dapat dilakukan dengan menggunakan waslap bersih kecil. Anda bisa menggunakan handuk untuk membungkus es batu untuk dioleskan di bawah area mata.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan masker mata biasanya sekitar 20 menit. Anda juga bisa langsung membasahi waslap dengan air dingin, lalu peras dan letakkan di bawah mata Anda.

Lakukan ini sampai es batu mencair atau handuk kering.

12. Menggunakan Tomat

Masker Kopi

Tomat juga memiliki banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan dalam tomat adalah likopen dan betakaroten, kedua zat ini akan sangat baik dalam mengatasi kerusakan oksidatif pada jaringan kulit.

Menggunakan tomat untuk menghilangkan mata panda seperti membuat masker tomat sendiri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggiling tomat terlebih dahulu.

Maka Anda harus menambahkan beberapa jus lemon. Campuran ini dibuat untuk memaksimalkan masking yang Anda lakukan.

Setelah kedua bahan tersebut tercampur menjadi satu hingga membentuk pasta, Anda bisa langsung mengoleskannya pada kulit gelap di bawah mata.

Tunggu sekitar 20 menit untuk hasil yang maksimal. Ketika Anda merasa benar-benar terserap, Anda bisa mencuci muka dengan air bersih.

Lakukan cara ini 2 kali/minggu sampai warna kulit mata hitam memudar.

13. Menggunakan Kentang

Menggunakan Kentang

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam atau kantung di bawah mata adalah kentang.

Pada dasarnya, kentang adalah sayuran berkarbohidrat sangat tinggi. Karbohidrat dalam kentang sendiri juga sangat bermanfaat sebagai bahan dalam perawatan kulit agar kulit lebih sehat.

Sedangkan cara menggunakan kentang untuk memudarkan lingkaran hitam cukup mirip dengan bahan lainnya.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memulai dengan menumbuk kentang. Setelah halus, Anda bisa mengaplikasikannya pada kulit yang muncul di bawah lingkaran mata.

Saat kentang sudah kering, Anda bisa menggunakan air untuk mencuci sisa kentang di wajah hingga bersih. Untuk menghilangkan mata panda dan mendapatkan kulit yang lebih cerah,

Anda bisa menerapkan cara ini 2 kali/minggu. Asam azelaic dari kentang sangat efektif dalam mengurangi pigmentasi sekaligus memperlambat aktivitas tirosinase.

Secara medis, lingkaran hitam di bawah mata menghilang dengan cepat ketika kedua operasi berhasil dihentikan.

14. Air Mawar

Air Mawar
kompas.com

Kelelahan dan radang mata dapat menyebabkan munculnya kantong di bawah mata.

Dengan menggunakan air mawar atau air, Anda bisa mengurangi gejala tersebut. Cara pemakaiannya sangat sederhana, kamu hanya perlu menuangkan sedikit air mawar pada kapas lalu dioleskan secara perlahan ke kulit sekitar mata.

Lakukan ini sambil berbaring atau sebelum tidur di malam hari.

Jika Anda melakukannya setiap hari, kulit Anda akan kencang dan sehat.

15. Menggunakan Lidah Buaya

Anda mungkin pernah mendengar tentang metode ini. Ya, dengan memanfaatkan khasiat yang ada pada lidah buaya.

Bukan rahasia lagi bahwa lidah buaya sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan.

Nah, sifat khusus yang dimilikinya memungkinkan penggunaan lidah buaya untuk mengobati munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Cara menggunakan lidah buaya untuk memburamkan mata panda juga sangat mudah, kamu bisa langsung mengoleskan lidah buaya murni dan pijat lembut di bawah mata selama beberapa menit.

Cara ini akan lebih efektif jika Anda melakukannya sebelum tidur dan membersihkannya saat bangun tidur di pagi hari.

Cara ini bisa Anda lakukan secara rutin tanpa khawatir karena kandungan dalam lidah buaya sangat baik untuk mengobati penyakit kulit.

16. Menggunakan Madu

Menggunakan Madu

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan memanfaatkan komponen polifenol pada madu.

Baca juga:  Cara Memutihkan Kuku Secara Alami Supaya Tidak Terlihat Kekuningan Lagi

Polifenol telah terbukti sangat efektif dalam memperlambat aktivitas tirosinase sekaligus mengurangi pigmentasi pada kulit di bawah mata.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan madu ke lingkaran hitam di bawah mata Anda.

Setelah menunggu sekitar 10-15 menit dan biarkan mengering. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air. Lakukan ini sesering mungkin agar mata panda cepat memudar.

17. Mengompres Dengan Kantung Teh

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya adalah dengan menggunakan teh celup.

Selain menggunakan air dingin atau es batu, Anda bisa menggunakan teh celup untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata.

Saat meminum teh celup, Anda bisa menggunakan kantong teh untuk mengompres mata, menutupi bintik hitam di bawah mata.

Kafein dan antioksidan dalam teh sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah, mempersempit pembuluh darah, dan mengurangi retensi air di kulit di bawah mata.

Penggunaannya juga cukup sederhana, Anda hanya perlu merendam dua kantong teh celup hingga dingin, apakah itu teh hitam atau teh hijau.

Anda kemudian dapat menempatkan kantong teh di area gelap di bawah mata Anda selama 10-15 menit. Anda juga bisa memasukkan kantong teh ke dalam lemari es terlebih dahulu agar lebih segar.

Lakukan cara ini secara rutin untuk efek yang maksimal.

18. Mengonsumsi Air Putih

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan mata panda adalah dengan memenuhi kebutuhan air tubuh Anda.

Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, Anda dapat menghindari dehidrasi yang pada akhirnya dapat mengembalikan kulit di sekitar mata Anda menjadi normal.

Tubuh manusia pada umumnya membutuhkan 8 gelas air per hari. Namun, jika aktivitas sehari-hari Anda menghasilkan banyak keringat karena Anda berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama.

Pada saat itu, kebutuhan air dalam tubuh juga meningkat. Air mineral atau air biasa sama-sama memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Selain mampu menghilangkan kulit gelap di bawah mata, air juga berperan sangat penting dalam mendukung pencernaan dan membuat tubuh lebih sehat.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kebiasaan kurang mengonsumsi air putih, Anda perlu membiasakan diri untuk memperbanyak minum air putih, untuk menjaga kesehatan dan merawat kulit dari dalam.

19. Irisan Mentimun

Irisan Mentimun

Mentimun mengandung astringent yang dapat membuat wajah terasa sejuk.

Jika dioleskan di area sekitar mata, selain mendinginkan, juga bisa membantu menghilangkan kantung di bawah mata lho! Hal ini dimungkinkan karena mengandung asam askorbat dan kafein yang efektif mencerahkan area gelap dan melembabkan kulit wajah.

Cara menggunakan mentimun untuk masker wajah melibatkan mengiris mentimun dan menyimpannya di lemari es untuk digunakan keesokan harinya.

Gunakan irisan mentimun dengan meletakkannya di atas kedua mata Anda sambil memejamkan mata. Lakukan dengan berbaring dan rileks selama 15 menit.

Lakukan secara teratur dan mata Anda perlahan akan hilang!

20. Gunakan minyak almond

Minyak Almond
klikdokter.com

Minyak almond juga merupakan salah satu bahan alami dengan khasiat yang relatif kuat yang dapat menghilangkan mata panda.

Tidak hanya membantu menghilangkan mata panda, tetapi menggunakan minyak almond juga bagus untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

21. Pakai produk perawatan antioksidan

Krim wajah dan produk perawatan kecantikan atau Skin Care yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Pilih pelembab wajah yang mengandung vitamin E dan vitamin C. silahkan baca artikel ini : 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Anda

22. Perawatan medis

Jika Anda telah mencoba berbagai pengobatan rumahan untuk menghilangkan mata rakun tetapi tidak berhasil, Anda dapat menemukan solusi yang efektif dan tahan lama dengan perawatan medis untuk mata panda.

Beberapa di antaranya adalah chemical peeling untuk mengurangi pigmentasi, operasi laser, suntikan pengisi jaringan, operasi untuk menghilangkan lemak berlebih dari kulit.

Sebelum memutuskan perawatan kosmetik untuk menghilangkan mata rakun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Perawatan medis ini biasanya membutuhkan waktu lama untuk pulih dan sangat mahal.


Akhir Kata

Demikianlah tips lengkap Cara Menghilangkan Mata Panda secara alami maupun medis, silahkan anda pilih sesuai keinginan agar dapat konsisten.

Lalukan dengan rutin setiap hari supaya mendapatkan hasil yang maksimal.