Diet Karbo Yang Benar Untuk Mereka Yang Ingin Cepat Kurus

0
14

Salah satu diet ketat yang juga banyak digunakan oleh beberapa orang bahkan artis Hollywood adalah diet karbo. Ada pula artis indonesia yang telah menggunakan diet ini untuk menurunkan berat badannya dengan signifikan yakni Tina Toon. Jika anda tertarik anda bisa saja mencoba diet karbo ini.

Apa Itu Diet Karbo

Diet karbo merupakan salah satu diet yang memiliki prinsip untuk meminimalisir asupan karbohidrat guna memangkas jumlah kalori perhari yang tidak diperlukan. Diet karbo juga termasuk dalam diet sensitif sehingga anda juga butuh panduan dari ahli gizi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melakukan diet karbo juga cukup simpel anda hanya perlu memangkas asupan karbohidrat utama anda dalam menu makanan anda sehari-hari. Misalnya dengan meninggalkan nasi dalam menu makanan anda untuk memangkas karbohidrat utama yang anda konsumsi dalam satu hari.

Kenapa harus nasi, hal ini karena nasi merupakan salah satu bahan makanan utama yang sering digunakan masyarakat indonesia. Tak harus nasi, anda bisa menghindari sesuatu yang mengandung karbohidrat seperti kentang, jagung, atau gandum. Intinya adalah sebisa mungkin memotong asupan karbohidrat.

Lalu apa yang anda gunakan untuk menggantikan karbohidrat sebagai asupan energi anda untuk aktivitas sehari-hari. Anda bisa menggantinya dengan lemak dan protein, jadi anda masih bisa mengkonsumsi telur, atau tempe sebagai sumber energi harian yang anda butuhkan untuk melakukan aktivitas.

Tips Menu Diet Karbo

Menu makanan jika mengacu pada kultur dari Indonesia memang sangat terbatas karena banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Untuk itu sebagai referensi menu berikut ini adalah beberapa set menu yang bisa anda aplikasikan jika anda melakukan diet karbo.

1. Menu Sarapan

Anda masih bisa mengkonsumsi telur jadi manfaatkanlah sebaik mungkin. Anda bisa membuat omelet yang pastinya nikmat disantap dengan tambahan sayuran seperti wortel, kol, dan juga brokoli. Selain telur anda juga bisa menggunakan ikan atau daging putih tergantung aktivitas anda.

2. Makan Siang

Untuk makan siang anda harus memilih menu dengan protein tinggi untuk menggantikan kalori anda yang telah terbakar. Anda bisa mengkonsumsi dada ayam, tempe atau kacang-kacangan, dan beras merah. Jangan lupa mengkonsumsi sayur sebagai sumber serat anda.

3. Makan Malam

Untuk makan malam anda bisa memotong jumlah protein yang akan anda konsumsi, tahu, tempe, atau sebutir telur rebus dan sayur bisa menjadi alternatif. Jika anda ingin menghindari makan malam anda bisa menggantinya dengan susu tinggi protein dan rendah lemak.

4. Camilan

Camilan memang sangat terbatas untuk diet karbohidrat, pada hari diet anda hanya bisa mengkonsumsi olahan kacang-kacangan atau protein bar saja. Namun pada cheat day anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan rendah lemak dan karbohidrat untuk menjaga kondisi psikis anda.

Diet karbo memang menjadi diet yang sangat berat dan seringkali membuat banyak orang stress. Oleh karena itu memilih camilan dan juga penjadwalan cheat day yang tepat bisa membantu anda untuk melewatinya. Biasanya cheat day bisa dilakukan sekali atau dua kali dalam satu bulan.

Diet karbo adalah diet yang sangat sensitif dan harus dilakukan dengan pengawasan profesional. Untuk itu sebelum anda melakukannya dengan membabi buta ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi yang anda percaya. Yang terpenting lagi jangan patah semangat di tengah jadwal diet anda.

Melakukan diet tak hanya semata-mata melihat kemampuan tubuh untuk mengurangi asupan kalori, namun juga kekuatan psikologi untuk menerima siksaan dan juga tempaan yang berat. Jika anda tertarik melakukan diet karbo, kumpulkan tekat dan semangat anda agar diet anda tidak pupus di tengah jalan.

 

Baca juga:  Begini Cara Melangsingkan Tubuh yang Sehat dan Mudah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini