Diet OCD, Bagaimana Tata Caranya?

0
11

Apakah Anda pernah mengenal istilah OCD yang populer di tahun 2013 lalu? Ya, diet OCD adalah salah satu cara diet yang cukup populer yang dikembangkan oleh mentalist Indonesia, yaitu Deddy Corbuzier. OCD sendiri merupakan kependekan dari Obsessive Corbuzier’s Diet yang meskipun memang banyak adanya kontra namun tetap diapresiasi.

Ada sedikit perbedaan antara Diet OCD ini dengan metode diet lainnya dimana jika diet pada umumnya mengurangi porsi makanan namun untuk OCD ini Anda diminta untuk melakukan kebalikannya. Namun tentu ada aturan main yang harus dilakukan apabila Anda ingin diet ini berhasil.

1. Jendela Makan Pertama

Tahapan diet yang pertama untuk OCE adalah dengan memahami jendela makan Anda. Untuk OCD sendiri pada jendela makan terbagi menjadi beberapa bagian, dimana untuk yang pertama ini kamu memiliki waktu makan selama 8 jam tanpa adanya batasan apapun kecuali waktu. Setelah melalui jendela makan pertama, Anda akan menuju ke langkah 2

Pada jendela makan pertama, setelah makan selama 8 jam, nantinya kamu harus berpuasa yakni selama selama 16 jam. Perhitungannya:

Kamu sarapan pagi pada pukul 7 dan bebas memakan apapun selama 8 jam ke depan hingga pukul 3 sore. 16 jam berikutnya kamu harus berpuasa. Nah yang melegakan adalah, selama kamu puasa kamu hanya tidak boleh makan namun kamu tetap dapat meminum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan.

2. Jendela Makan Kedua

Setelah jendela pertama, ada jendela makan kedua. Peraturannya sama, yang berbeda hanyalah pada jam makannya yakni waktu bebas makan menjadi 6 jam dan 18 jam sisanya harus berpuasa. Sebagai contoh, Anda bisa mulai makan pukul 11 siang hingga pukul 5 sore. Setelahnya Anda harus berpuasa selama 18 jam dengan tetap dapat minum air putih.

3. Jendela Makan Ketiga

Selanjutnya, untuk diet OCD level berikutnya adalah Jendela Makan Ketiga dimana waktu untuk makan berkurang hingga 4 jam. Untuk 20 jam selanjutnya Anda harus berpuasa dan masih diperbolehkan untuk minum air putih.

Untuk jendela makan ketiga ini memang sudah terasa sangat berat. Namun kamu masih diperbolehkan untuk untuk hari Senin sampai Kamis Anda menerapkan jendela makan pertama, sedangkan hari Jumat dan Sabtu menerapkan jendela makan kedua, dan untu  hari terakhir menerapkan jendela makan ketiga.

4. Jendela Makan Keempat

Level Diet OCD sampai ke level jendela makan keempat dimana pada level ini Anda harus berpuasa selama 24 jam. Memang terdengar mengerikan, namun tentu ada penjelasannya. 

Untuk masuk ke jendela makan keempat, Anda bisa sarapan pukul 6 pagi kemudian Anda harus berpuasa hingga keesokan harinya yakni pada pukul 6 pagi juga. 

Sama seperti sebelumnya, Anda bisa mengkombinasikan jendela makan keempat ini dengan jendela makan sebelumnya agar Anda tidak terlalu lemas.Selain itu, lakukan secara bertahap sebelum naik level agar tubuh juga dapat mempersiapkan. Namun selain mengetahui jam makan diatas, Anda juga perlu memperhatikan hal lainnya yakni.

  1. Tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan tidak berlebihan tentunya,
  2. Tetap berolahraga secara rutin
  3. Anda juga perlu mengkonsumsi buah-buahan
  4. Pastikan minum banyak air agar terdehidrasi

Nah itulah informasi mengenai diet OCD yang menurut banyak kesaksian dapat secara sukses menurunkan berat badan. Hanya saja tidak sedikit pula yang menganggapnya cukup ekstrim. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya sebaiknya Anda juga meminta asistensi orang lain agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba! 

Baca juga:  Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Secara Alami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini