Diet Telur, Cara Paling Efektif Untuk Turunkan Berat Badan

0
15

Tahukah anda, telur selain sebagai sumber protein juga bisa menjadi pilihan makanan yang efektif untuk melakukan diet loh. Menurut penelitian dari International Journal Of Obesity, sarapan menggunakan telur memang terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Karena itulah banyak orang melakukan diet telur.

Namun, anda perlu tahu juga, bahwa diet tersebut hanya akan efektif jika anda mengkombinasikannya dengan perilaku pola hidup sehat atau tidak hanya makan telur saja setiap hari. Nah, kenapa diet telur bisa membantu anda mengurangi berat badan? Berikut ini adalah jawabannya.

1. Telur adalah makanan yang rendah kalori

Seseorang yang ingin melakukan diet memang dituntut untuk mengurangi asupan kalori dalam tubuh, oleh karena itu, telur adalah makanan yang sempurna untuk dikonsumsi. Salah satu kunci supaya diet yang anda lakukan efektif adalah dengan mengurangi konsumsi kalori sebanyak 500 kalori per hari. Dengan begitu, berat badan anda bisa turun sebanyak 0,5 – 1kg dalam seminggu.

Di dalam satu porsi telur rebus, biasanya terkandung sebanyak 78 kalori. Jika anda mengkonsumsi telur rebus sebanyak 2 – 4 buah tiap pagi untuk sarapan, asupan tersebut sudah cukup untuk membuat tubuh anda kenyang lebih lama.

2. Telur mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh

Selain rendah kalori, telur juga mengandung banyak nutrisi yang mampu menjaga kesehatanmu selama program diet. Nutrisi – nutrisi yang ada di dalam telur tersebut antara lain,

  1. Lutenin dan Zeazanthin yang berfungsi sebagai zat gizi antioksidan yang baik untuk mata
  2. Vitamin D yang  berfungsi sebagai zat gizi yang mampu menjaga kesehatan tulang dan menjaga sistem kekebalan tubuh
  3. Kolin berfungsi untuk meningkatkan metabolismu tubuh, dan zat tersebut baik untuk perkembangan otak dan janin.
Baca juga:  Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Kulit Wajah

3. Telur merupakan makanan yang kaya akan protein

Menurut penelitian dari Nutrilion Journal, makanan yang memiliki protein tinggi bisa memudahkan seseorang dalam mengontrol nafsu makannya.

Penelitian tersebut dilakukan kepada 34 wanita yang dijadikan subject. Para wanita tersebut diminta untuk sarapan dengan makanan yang mengandung protein tinggi seperti putih telur, sosis, kentang dan keju. Selanjutnya, mereka akan dibandingkan dengan kelompok orang yang mengonsumsi makanan rendah protein seperti sirup, mentega, dan pancake. 

Hasilnya, wanita yang mengkonsumsi makanan tinggi protein mendapatkan waktu kenyang yang lebih lama. Dengan waktu kenyang yang lebih lama, otomatis konsumsi kalori menjadi berkurang.

4. Bagaimana Cara Mengelola Telur Untuk Kebutuhan Diet?

Telur merupakan makanan yang murah dan mudah untuk diolah menjadi beragam jenis makanan. Namun anda sebaiknya menghindari mengolah telur dengan cara di goreng seperti menjadikannya telur dadar atau telur ceplok, karena kandungan minyaknya yang berlebih membuat kalori yang ada di dalam telur menjadi bertambah dan proteinnya malah berkurang, sehingga diet tidak akan efektif.

Ada beberapa macam olahan telur yang direkomendasikan antara lain

  1. Telur orak arik
  2. Telur kukus
  3. Omelet
  4. Telur rebus

Anda juga bisa mengkombinasikan makanan di atas dengan sayuran – sayuran yang tinggi serat untuk kebutuhan nutrisi harian anda.

Jika anda bertanya – bertanya seberapa banyak telur yang semestinya dikonsumsi setiap harinya, anda bisa mengkonsumsinya secara teratur sebanyak kira – kira 2 hingga 3 butir telur setiap harinya sebagai menu sarapan anda. Tentunya, dengan diimbangi oleh konsumsi air putih yang banyak dan olahraga yang teratur.

Itulah sedikit penjelasan mengenai diet telur, yang terkenal efektif dalam menurunkan berat badan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah dengan berat badan.

Baca juga:  Mengungkap Fakta Diet IU, Diet Ala Artis K-Pop

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini