Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Permanen Tanpa Obat-obatan  

0
12

Kutu rambut memang mengganggu. Selain rasa gatal yang ditimbulkannya, kutu rambut juga menyebabkan rasa kurang percaya akan terlihat jelas di rambut. Beberapa keluarga mungkin sudah memiliki cara menghilangkan kutu rambut secara alami dari generasi ke generasi. Meski tanpa pengobatan dari dokter, cara alami ini dinilai cukup mudah diterapkan dan efektif.

Penyebab dan Gejala Kutu Rambut

Semua orang tahu seperti apa kutu pada rambut itu dan seberapa menderita mereka karenanya. Namun, apakah banyak orang yang mengetahui penyebab kutu rambut dan apa saja gejalanya? Kutu rambut adalah parasit kecil yang hidup dengan cara menghisap darah manusia yang ada pada kulit kepala.

Efek yang ditimbulkan saat kutu rambut mulai menghisap darah pada kulit kepala adalah rasa gatal pada rambut. Parasit kecil ini juga dapat menular dengan sangat mudah, khususnya saat Anda menyentuh rambut orang yang mempunyai kutu rambut. Selain itu, kutu rambut juga dapat menular dengan cara melalui barang pribadi seperti topi, jepit rambut, dan juga sisir.

Lantas, apa saja gejala dari serangan kutu rambut? Gejala yang paling jelas dan paling mudah dirasakan adalah rasa gatal pada kulit kepala. Pada sebagian orang keluhan yang mereka keluhkan disertai dengan rasa gatal di leher, telinga, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Seringkali, gejala serangan kutu rambut baru bisa dirasakan setelah kutu sudah menempel di kulit kepala selama kurang lebih 2-6 minggu. Oleh karena itu, sangat sulit memberikan pengobatan secara dini jika terjadi serangan kutu rambut.

Baca juga:  Inilah Manfaat Buah Tomat untuk Wajah Yang Tak Pernah Anda Duga

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mudah

Sebelum mencoba berbagai cara menghilangkan kutu rambut dibawah ini, ada baiknya untuk memotong rambut terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk membatasi pergerakan kutu secara efektif. Rambut yang panjang akan memudahkan kutu untuk bertelur di mana saja.

Akibatnya, jumlah kutu bisa dengan mudah bertambah dan lebih sulit dihilangkan dari rambut. Tetapi jika Anda tidak mau, Anda dapat melewatkan potong rambut dan mencoba cara-cara seperti dibawah ini:

1. Gunakan Sisir Serit

Sisir serit pasti menjadi cara menghilangkan kutu rambut yang sering digunakan oleh mayoritas orang. Alasan kenapa sisir serit sering dipakai, karena sangat mudah digunakan dan juga untuk mendapatkannya sangat mudah.

Untuk hasil yang lebih efektif, sebaiknya basahi rambut Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan sisir. Dengan cara ini akan membuat pergerakan kutu rambut lebih lambat, sehingga kutu rambut beserta dengan telurnya akan lebih mudah terlepas dan rambut Anda akan terbebas dari kutu rambut.

2. Lemon

Alasan utama kenapa lemon memiliki khasiat mengusir kutu rambut yang sangat baik adalah karena kandungan vitamin C yang ada pada lemon. Kandungan asam pada lemon membuat proses pengangkatan kutu menjadi lebih optimal dan maksimal. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dengan lemon?

Caranya sangat mudah kok. Pertama, peras dua buah lemon, lalu campurkan sarinya dengan 100 ml air putih. Tuangkan jus lemon secara merata ke permukaan kulit kepala sambil dipijat perlahan. Biarkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Bawang Merah

Tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja. Bawang merah juga bisa menjadi cara mudah menghilangkan kutu rambut. Menggunakannya sangat mudah dan tidak merepotkan. Pertama kupas bawang merah, kemudian haluskan, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak kemiri.

Baca juga:  Ciri – Ciri Pembersih Wajah Yang Bagus

Kemudian, oleskan campuran bawang merah tersebut secara merata ke rambut dan kulit kepala Anda. Biarkan istirahat selama 10 menit, lalu bilas rambut Anda hingga bersih. Sama seperti bawang merah, Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk menghilangkan kutu rambut.

4. Daun Sirsak

Pilihan lain untuk menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah menggunakan daun sirsak. Efektivitas daun sirsak telah lama dikenal sebagai upaya untuk menghilangkan kutu rambut yang paling digemari.

Untuk pengolahannya. Cuci bersih daun sirsak, lalu tumbuk sampai lembut. Gosokkan pasta daun sirsak pada kulit kepala hingga merata, lalu tutup dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas daun sirsak tersebut dengan air panas sampai bersih.

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dengan menggunakan cara-cara di atas diyakini dapat mengatasi masalah kutu rambut. Setelah mengikuti beberapa cara tersebut, tentunya Anda perlu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala agar tidak terserang kutu rambut lagi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini