Inilah Manfaat Buah Tomat untuk Wajah Yang Tak Pernah Anda Duga

0
13

Bukan hanya kaya akan protein dan vitamin untuk dikonsumsi, ternyata buah tomat juga memiliki khasiat yang berguna untuk kulit wajah kita loh. Bagi sebagian orang, manfaat buah tomat untuk wajah mungkin bukan sesuatu yang baru lagi, terutama bagi para pecinta home remedies yang sudah sering menggunakan masker tomat untuk wajah.

Masker tomat ini dipercaya bisa menghilangkan jerawat dan melembabkan wajah meskipun keberadaannya belum terbukti secara ilmiah. Karena banyaknya orang yang menyebutkan bahwa buah tomat ini efektif untuk merawat wajah, berikut kami hadirkan, beragam potensi manfaat buah tomat untuk perawatan wajah anda, didukung dengan beragam fakta kandungan yang dimiliki buah tomat.

1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Warna merah pada tomat disebabkan oleh kandungan senyawa likopen dan karotenoid. Nah, likopen ini, menurut para ahli ternyata memiliki sifat anti kanker loh. Namun, zat anti kanker tersebut hanya akan bekerja jika kita memakan buah tomat tersebut.

2. Meredakan Peradangan Kulit

Tomat mengandung likopen, beta-karoten, lutein, vitamin E, dan juga vitamin C yang memiliki sifat anti-radang. Dengan kandungan – kandungan tersebut, inflamasi dan iritasi pada kulit akan mereda. Namun, potensinya masih harus dikaji lebih lanjut, apakah akan bekerja jika hanya dioleskan pada kulit.

3. Merangsang Kolagen

Kolagen adalah protein yang perannya amat sangat penting untuk manusia karena kolagen mampu menyusun banyak bagian tubuh dari manusia. Seseorang yang memiliki kadar kolagen yang cukup, maka elastisitas kulitnya akan selalu terjaga.

Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C dan vitamin C menjadi salah satu zat paling baik untuk merangsang produksi kolagen.  Meskipun begitu, belum pernah ada riset yang membuktikan dengan mengoleskan buah tomat, maka akan memberikan manfaat terhadap kebutuhan kolagen di kulit manusia.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Beruntusan di Wajah Dengan Mudah

4. Membuat Awet Muda

Tomat adalah buah yang kaya akan vitamin B1, B2, B5, B6, dan B9. Dengan mengkonsumsinya secara langsung dan teratur, maka akan sangat efektif untuk mencegah penuaan. Namun saat dioleskan ke kulit wajah, hal ini belum terbukti khasiatnya.

5. Menangkal Radikal Bebas

Tomat mengandung vitamin C yang mana merupakan molekul antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang berlebih. Meskipun begitu penelitian tentang mengoleskan tomat sebagai penangkal radikal bebas pada kulit memang belum terbukti secara ilmiah. Akan tetapi, jika anda ingin menerapkan pada wajah anda juga tidak ada salahnya.

6. Membuat Kulit Lembab

Manfaat buah tomat untuk wajah yang terakhir adalah dipercaya mampu melembabkan kulit. Tomat mengandung kalium, dan kalium memang mampu menutrisi kulit kering menjadi lebih lembab, terutama pada penderita dermatitis atopik. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari buah ini, sebaiknya anda mengkonsumsinya secara langsung, karena hingga sekarang belum ada bukti ilmiah jika tomat mampu melembabkan kulit dengan cara dioleskan.

Itulah beberapa potensi manfaat buah tomat untuk wajah anda, apakah anda ingin mencobanya? Jika anda ingin mencobanya, tidak ada salahnya kok, entah dengan cara digunakan sebagai masker atau dimakan secara langsung.  Namun, perlu diingat bahwa belum ada penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa buah tomat efektif untuk diterapkan pada kulit secara langsung dengan cara dioleskan.

Sejauh ini, manfaat dari buah tomat dapat bekerja secara baik hanya jika kita memakannya secara langsung. Jika anda mencoba menerapkannya secara langsung dengan mengoleskannya ke kulit, apabila terjadi iritasi atau dampak yang tidak diinginkan sebaiknya langsung dihentikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini