Mengungkap Fakta Diet IU, Diet Ala Artis K-Pop

0
19

Penduduk Korea memang dikenal sebagai negara yang selalu memperhatikan penampilan fisiknya. Tak jarang bahkan mereka rela untuk melakukan operasi plastik dan melakukan diet ekstrim untuk menunjang penampilan mereka. Salah satu metode diet ekstrem yang kerap dilakukan oleh orang Korea adalah metode diet IU. Metode ini bisa membuat berat badan anda turun hingga drastis dalam waktu yang singkat yaitu hanya 5Kg seminggu.

Apa itu Diet IU

Bagi para penggemar dunia K-Pop tentu program diet seperti ini sudah tidak asing lagi ditelinga mereka, bahkan tren diet ala artis K-Pop tersebut sempat menjadi trending pada tahun 2019 lalu. Diet ini dilakukan oleh salah satu artis Korea bernama Lee Ji Eun. Diet IU adalah program diet yang dilakukan dengan menerapkan pola makan yang tidak wajar yaitu sarapan dengan satu butir apel, makan siang dengan dua butir ubi dan makan malam dengan menenggak segelas susu protein.

Dilihat dari definisinya, wajar saja apabila berat badan bisa berkurang dengan drastis karena dengan menerapkan pola makan di atas anda hanya akan mengkonsumsi kalori harian sebesar 500 kalori saja. Padahal, standar kalori yang harus dikonsumsi per hari adalah 1500 – 3000 kalori. Diet ini memang efektif untuk menurunkan berat badan, namun menurut para ahli, metode diet tersebut tidak disarankan.

Diet IU Menganjurkan Selalu Berolahraga Rutin Setiap Hari

Olahraga secara rutin yang dijalankan setiap hari memiliki maksud untuk menurunkan berat badan secara lebih cepat. Setiap hari, Le Ji Eun selalu melakukan olahraga kardio selama satu jam. Setelah berkeringat, dirinya juga masih melakukan push up dan skipping. Selama melakukan olahraga tersebut Le Ji Eun juga masih minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi

Baca juga:  10 Rekomendasi Eyeliner Terbaik Yang Terbaru

Menurut beberapa orang yang menjalaninya, mereka bahkan bisa menurunkan berat badan hingga 4Kg walau hanya menjalani program ini selama 3 hari. Memang worth it, namun jangan lupa untuk selalu berhati – hati dengan risiko yang akan dialami ya.

Beberapa Risiko Diet IU

Diet yang dilakukan Le Ji Eun rentan mengganggu kesehatan kita, karena kalori yang konsumsi setiap harinya jauh dari kata cukup, selain itu, anda juga akan kekurangan asupan karbohidrat dan protein. Perubahan pola makan yang anda lakukan termasuk terlalu drastis, sehingga bisa mengganggu kesimbangan metabolisme tubuh. Jika anda tidak kuat, program tersebut bisa saja malah membuat anda sakit.

Anjuran Dokter Saat Menjalani program Diet

Menurut dokter, program diet memang sah – sah saja untuk dijalankan, namun kita juga harus memperhatikan kesehatan kita dan tidak hanya berfokus pada penurunan berat badan yang drastis. Menurut anjuran dokter, kita harus tetap memperhatikan jumlah asupan kalori dan gizi yang cukup. Anda boleh saja mengurangi jumlah asupan kalori namun tidak boleh terlalu ekstrem seperti diet yang telah Le Jiun jalani.

Normalnya, seseorang hanya boleh mengurangkan 500 kalori per hari dari jumlah kalori normal yang harus dikonsumsi. Walaupun kecil, hal tersebut mash tetap bisa membantu anda dalam mengurangi berat badan dengan melakukan beberapa kegiatan lain berikut ini

  • Berolahraga rutin minimal 20 menit per hari
  • Minum air putih minimal 20 liter per hari
  • Mengurangi asupan garam
  • Tidur cukup setidaknya 8 jam per hari

Itu beberapa fakta mengenai program diet yang pernah dijalani oleh artis Korea Lee Ji Eun. Apakah anda tertantang juga untuk melakukannya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini