Apa Fungsi Dari Portable Impact Wrench

Cantiks.com – Apa Fungsi Dari Portable Impact Wrench

Impact wrench merupakan alat yang sangat penting untuk perawatan mobil. Terdapat dua jenis yaitu jenis yang menggunakan kompresor udara dan yang menggunakan listrik. Anda dapat melepas dan memasang baut atau mur dengan menggunakan alat ini. Alat ini juga sering digunakan untuk mengganti ban mobil, salah satu keuntungannya adalah Anda bisa melepaskan ban tanpa mengubah posisi ban. Oleh karena itu, mari kita pahami terlebih dahulu cara menggunakannya dalam perawatan mobil.

Belanja produknya di sini

Cara Menggunakan Impact Wrench

Terdapat dua jenis sumber tenaga dari Impact Wrench yaitu jenis kompresor udara dan yang menggunakan listrik. Cara penggunaan kedua jenis tersebut sama, hanya saja yang menggunakan tenaga listrik cocok digunakan di lingkungan yang memiliki stop kontak, sedangkan jenis kompresor udara memiliki keuntungan karena dapat digunakan bahkan di tempat-tempat yang tidak memiliki daya listrik.

Sebelum digunakan, periksalah terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau tidak. Kerusakannya seperti apakah Impact Wrench memiliki retakan atau tidak, periksa juga bautnya sudah kencang terpasang atau tidak, periksalah kekencangan mur pada air plug, lalu periksa juga air plug dan air socket apakah ada kerusakan atau apakah sudah aus. Dan juga pastikan bahwa socket dan bagian persegi di ujung Anvil (landasan yang berfungsi sebagai rahang ukur tetap) tidak aus.

Untuk Air Impact Wrench persiapkanlah kompresor. Jenis ini memerlukan waktu untuk mengumpulkan udara di dalam tangki, selagi menunggu hal itu gantilah socket dengan ukuran yang sesuai dengan mur. Gunakanlah socket khusus yang digunakan untuk Impact Wrench. Anda tidak bisa menggunakan socket yang dipasang dengan cara diputar dengan tangan. Persiapkanlah terlebih dahulu beberapa jenis socket sesuai kebutuhan. Socket ini bukan tipe one-touch yang akan langsung terkait, tapi masukkanlah pin ke dalam lubang lalu kencangkanlah dengan O-ring. Pasanglah socket terlebih dahulu sebelum dihubungkan dengan kompresor, lalu tariklah tuas dengan hati-hati.

Baca juga:  Apa Hubungan Suara Hati Dengan Allah

Dengan hanya menarik tuasnya, Anda sudah bisa menggunakannya. Setelah memasukkan sampai ke bagian belakang mur, tariklah tuasnya. Jika tidak dimasukkan dengan benar, mur akan rusak. Pada saat penggunaannya jangan diputar sekaligus, akan lebih mudah pengerjaannya jika diputar secara bertahap.

Saat melepas roda kendaraan besar seperti bus atau truk, sesuaikanlah putaran kunci wrench supaya bisa melonggarkannya. Setelah memasang socket secara horizontal pada mur, tarik tuas nya untuk melonggarkan mur. Saat memasang roda, bersihkanlah terlebih dahulu debu atau pasir yang menempel pada roda ataupun mur. Oleskanlah pelumas pada ulir baut dan mur, pasanglah rodanya lalu masukkan mur dengan tangan. Setelah menyesuaikan putaran kunci wrench untuk pengencangan, tarik tuas untuk mengencangkannya. Berhati-hatilah untuk tidak terlalu mengencangkan mur, buatlah menjadi horizontal atau tidak ada kemiringan. Langkah terakhir, sesuaikan torque dengan torque wrench. Dan juga, Anda bisa mengencangkan kembali mur roda setiap 50-100km demi keamanan.

Adegan Penggunaan Impact Wrench Dalam Pemeliharaan Mobil

Impact Wrench digunakan untuk penggantian ban. Saat memutar baut dalam kondisi mobil di dongkrak, ban harus dalam keadaan tidak bergerak. Tetapi, dengan impact wrench, ban tidak ikut berputar karena impact wrench hanya memutar baut nya saja. Karena itu saat Anda mendongkrak, Anda dapat memutarnya tanpa menggerakkan ban nya. Ini juga bisa digunakan untuk melepaskan roda bus dan truk besar, dan juga bisa untuk melepaskan flywheel (Sebuah piringan yang terbuat dari baja. Fungsinya menyimpan atau meredam perubahan kecepatan putaran pada mesin mobil agar putaran mesin menjadi stabil).

Jika memakai impact wrench, Anda bahkan bisa melepaskan baut yang keras/macet. Selain itu proses memutar dan melepas baut cepat, dapat digunakan di berbagai tempat seperti pom bensin, bengkel mobil, toko khusus ban, dan lain-lain. Umumnya di daerah bersalju ban harus diganti pada musim semi dan gugur, pada saat itu karena tingkat permintaan untuk mengganti ban meningkat pesat, kecepatan impact wrench mungkin akan sangat membantu Anda.

Apa Fungsi Dari Portable Impact Wrench

Sumber: https://www.monotaro.id/blog/artikel/cara-menggunakan-impact-rench