Apa Yang Akan Terjadi Dengan Populasi Katak Pada Ekosistem Sawah

Cantiks.com – Apa Yang Akan Terjadi Dengan Populasi Katak Pada Ekosistem Sawah



Pertanyaan:


5.


Apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, coba jawab hal-hal

yang akan terjadi berikut ini:





a. Apa yang akan terjadi dengan populasi katak pada ekosistem sawah

tersebut?


b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah

tersebut?


c. Apa dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pertanian yang dilakukan

oleh para petani pada eksosistem sawah tersebut?







(Soal No. 5 Essay Bab Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan BSE Kurikulum 2013 (Revisi 2016) Semester 2 Kelas 7, Kemendikbud)








Jawaban:


a) Jika tidak ada ular, maka populasi katak akan meledak




b) Jika tidak ada ular, maka populasi elang tidak akan ada.




c) Aktivitas pertanian seperti memberikan pupuk kimia buatan akan meningkatkan jumlah produksi padi. Sedangkan penggunaan pestisida kimia akan menyebabkan populasi serangga berkurang, sehingga membuat populasi padi bertambah, populasi katak, ular dan elang menurun.


Gambar 1.Ekosistem sawah

.

loading…

loading…



Bagaimana ciri-ciri konjungsi penerang?


apa amanat dari cerita tersebut? jelaskan!!!!!!!​


tulislah teks persuasi tentang, sayangila orang tua kita. mhon di bantu kak​


As you have studied, a recount text can be about a personal experience that consists of three generic structures; orientation, events, and reorientati …

on. please write a recount text about one of your best experience in your life and note the orientation, events, and reoreintation in your text!


perbedaan surat dinas yang ditulis perseorangan dan instansi!!#tolong dijawab secepatnya ya kak, jangan ngawur, Terima kasih.​


apa alur dari cerita tersebut? ​


Buatlah cerita inspiratif bertema perjuangan orang tua​


Bab dalam laporan penelitian yang berisi latar belakang dilakukannya penelitian, rumusan masalah penelitian, dan tujuan penelitian adalah


Ayah selalu membawa gudang garam kemanapun ia pergi. * kalimat berikut yang menggunakan majas yang sama dengan kalimat tersebut adalah . . . . 2 poin …

a. sampai sekarang belum kelihatan batang hidungnya. b. dini menyaksikan peristiwa itu dengan mata kepalanya sendiri. c. bel telah memanggil anak-anak masuk ke kelas. d. pak rahmad pergi ke kantor dengan naik kijang. e. dewi malam bersembunyi di balik awan.

Baca juga:  Pelestarian Keanekaragaman Hayati Secara Ex Situ Ditunjukkan Oleh Nomor


Bacalah dengan seksama! dolanan tradisional adalah permainan yang memberi dampak gembira. dolanan tradisional memiliki banyak manfaat. manfaat itu dia …

ntaranya melatih kecerdasan otak, motorik anak, dan membentuk karakter pada anak. dengan dolanan tradisional, anak dapat meningkatkan jiwa sosial dalam dirinya. selain itu, anak dapat berkomunikasi danbekerja sama dengan teman sepermainanya. topik kutipan karya ilmiah sesuai paragraf tersebut adalah

Ular pada ekosistem sawah umumnya merupakan predator dari tikus. Sedangkan tikus merupakan hama utama tanaman padi. Jadi bisa dipastikan apabila populasi ular menghilang, maka akan mempengaruhi kestabilan ekosistem sawah.
Hal pertama yang akan terjadi adalah meningkatnya populasi tikus. Apabila tikus meningkat, maka akan mengakibatkan populasi padi menurun. Maka petani akan merugi karena gagal panen.

Rantai makanan merupakan jalur pemindahan energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya. Apabila salah satu dari rantai makanan mendadak punah atau hilang, maka akan berpengaruh terhadap kestabilan ekosistem tersebut. Contoh rantai makanan yaitu pada ekosistem sawah. Apabila pada ekosistem sawah terjadi kepunahan pada katak, maka ular yang menjadi konsumen utama katak lama-kelamaan akan hilang karena sumber makanan dari ular sudah tidak ada di ekosistem sawah tersebut.

Dengan demikian, jika tidak ada populasi ular pada ekosistem sawah maka populasi katak akan mengalami kenaikan yang signifikan, karena ular yang menjadi pemangsa utama katak mengalami kepunahan (tidak ada).

(Ilustrasi) ini kunci jawaban ekosistem sawah dan permasalahannya yang merupakan materi IPA kelas 7.

GridKids.id
– Kids, kamu tahu enggak ekosistem sawah dan sejumlah permasalahannya?

Ekosistem sawah dan sejumlah permasalahannya merupakan materi IPA kelas 7 SMP.

Sawah
memiliki sejumlah
ekosistem dan permasalahan yang dikeluhkan petani dan tak jarang
membuat gagal
panen.

Baca juga:  Perintah Untuk Konfigurasi Ekstensi Server Softswitch Yang Benar Adalah

Nah, untuk kali ini GridKids.id akan menjabarkan kunci jawaban materi IPA kelas 7 SMP.

Hal ini bisa jadi refrensi ketika belajar dan jangan dijadikan patokan utama.

Lantas, apa saja ekosistem sawah dan sejumlah permasalahannya? Yuk, kita cari tahu!

1. Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan!

Populasi padi akan meningkat karena pemangsanya berkurang, sedangkan populasi katak akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang.

2. Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah
tersebut? Coba identifikasikanlah 5 komponen abiotik yang ada.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerita Nonfiksi ‘Dampak Rotasi Bumi’, Kelas 6 SD Tema 8

a) air b) udara c) batu-batuan d) tanah e) pupuk

3. Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?

Jika populasi padi habis, maka akan terjadi gangguan ekosistem karena padi merupakan produsen yang menjadi sumber utama aliran materi pada ekosistem sawah. Selain itu, petani juga akan mengalami gagal panen.

4. Mengapa (padi, serangga, katak, ular, dan elang) dapat hidup di satu tempat yang sama, yaitu ekosistem sawah? Jelaskan jawabanmu berdasarkan Gambar 2.13.

Organisme-organisme yang berbeda-beda tersebut memiliki saling ketergantungan, yakni hubungan makan dan dimakan, sehingga mereka menyusun ekosistem sawah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Materi PJOK Kelas 7 SMP: Aktivitas Gerak Berirama

5. Apabila pada ekosistem sawah tersebut tak ada ular, coba jawab hal-hal yang akan terjadi berikut ini!
a. Apa yang akan terjadi dengan populasi katak pada ekosistem sawah tersebut?
b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?
c. Apa dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani pada ekosistem sawah tersebut?

Baca juga:  Nama Yang Bagus Untuk Merpati Balap

a. Populasi katak akan meningkat. b. Populasi elang akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang. c. Hal ini akan membawa positif pada petani, yaitu dapat mengurangi serangga pemakan padi, tetapi juga dapat menyebabkan dampak negatif. Jumlah katak paling banyak yang dapat mengganggu aktivitas pada lahan pertanian.

6. Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari. Penduduk perumahan yang terletak di sebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka, sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan!

Disebabkan karena asap pabrik terbawa oleh angin yang muncul dari arah Barat mengarah ke arah Timur, sehingga hanya penduduk yang berada di Timur Sungai saja yang mengalami masalah iritasi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Materi PJOK Kelas 7: Mengenal Perbedaan Jalan dan Lari

7. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh saling ketergantungan yang terjadi pada organisme perairan. Sepanjang hari, organisme-organisme tersebut memberi atau memanfaatkan (a) atau (b) seperti dalam gambar. Apakah gambar (a) dan (b) diatas dapat mewakili saling ketergantungan organisme? Jelaskan!

Benar, karena semua organisme saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Tumbuhan akan dimakan ikan kecil – ikan kecil dimakan ikan besar – ikan besar mengeluarkan kotoran yang menjadi pupuk bagi tanaman di dasar air.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8: Kaidah Kebahasaan dalam Teks Ulasan

—-

Ayo kunjungiadjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.

Apa Yang Akan Terjadi Dengan Populasi Katak Pada Ekosistem Sawah

Sumber: https://dimanakahletak.com/apabila-pada-ekosistem-sawah-tersebut-tidak-ada-ular-coba-jawab-hal-hal-yang-terjadi-berikut-ini-apa-yang-akan-terjadi-dengan-populasi-katak-pada-ekosistem-sawah-tersebut