Apa Yang Menyebabkan Oven Listrik Menjadi Panas

Cantiks.com – Apa Yang Menyebabkan Oven Listrik Menjadi Panas

Microwave dan oven merupakan dua alat elektronik yang sering kita lihat di dapur. Sekilas bila diperhatikan dua alat ini hampir sama. Walaupun demikian, ternyata terdapat perbedaan microwave dan oven yang perlu Sahabat JD ketahui.

Apalagi mengingat ini bulan Ramadan, biasanya ibu-ibu mulai berburu alat elektronik untuk membantu mempermudah membuat kue kering dan masakan.

Nah, dari pada nanti salah beli dan merasa rugi. Lebih baik Sahabat JD mengetahui lebih dulu perbedaan keduanya.

Baca juga: Daftar Kue Kering Mudah dibuat untuk Lebaran

Ini Perbedaan Microwave dan Oven Agar Tidak Keliru

Ini Perbedaan Microwave dan Oven Agar Tidak Keliru- JD.ID
Source: Hips.hearstapps.com

Untuk mengetahui apa saja perbedaan yang signifikan antara microwave dan oven, kamu bisa melihatnya dari beberapa hal di bawah ini. Mulai dari cara kerja, bentuk, fungsi, harga, hingga kekurangan dan kelebihannya.

1. Cara Kerja Microwave dan Oven

Dilihat dari cara kerjanya ada perbedaan yang cukup kentara, di mana dalam perangkat microwave terdapat magnetron yang membantu mengubah energi listrik menjadi gelombang mikro.

Gelombang ini akan menembus makanan yang menyebabkan pergetaran dan perputaran sehingga bisa menghasilkan panas dalam waktu singkat. Sementara itu, cara kerja oven adalah dengan menggunakan prinsip isolasi termal.

Baca juga:  Untuk Keamanan Kabel Listrik Biasanya Dibungkus Dengan

Ini menghasilkan panas dalam proses pemanggangan, yang mana pada umumnya oven memiliki dua alat pemanas yang diletakkan pada bagian atas dan bawah untuk memasak dan memanaskan makanan.

2. Perbedaan Microwave dan Oven Dilihat Dari Fungsinya

Oven memiliki fungsi yang cukup lengkap sebagai peralatan dapur, di antaranya bisa digunakan untuk memanggang, membakar, mengukus makanan bahkan beberapa oven juga bisa dipakai untuk memanaskan makanan. Meskipun, ada kemungkinan efeknya akan gosong jadi perlu diperhatikan.

Di sisi lain fungsi microwave adalah untuk memanaskan masakan agar hangat kembali serta ada juga fungsi yang tidak sedikit umum yakni mendidihkan, merebus hingga mencairkan es.

3. Bentuk Oven dan Microwave

Sementara itu, beda oven dan microwave lainnya bisa dilihat juga dari bentuk perangkat elektronik ini. Meskipun untuk ukuran standarnya hampir sama, tetapi bila dilihat lebih jeli umumnya microwave terdiri dari tombol untuk mengatur suhu dan waktu yang diinginkan.

Sedangkan desain oven biasanya disertai tombol dan kenop untuk mengatur suhu yang disesuaikan dengan jenis makanan yang di masak.

4. Waktu Masak yang Dibutuhkan

Saat menggunakan microwave tidak banyak waktu yang terbuang ketika memanaskan makanan. Hal ini karena cara kerja microwave sangat cepat hanya membutuhkan beberapa menit saja. Engga heran dalam pemakaian listrik pun, microwave jauh lebih hemat.

Tidak demikian terjadi pada oven, untuk mengukus atau memanggang masakan kamu harus memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan makanan ke dalamnya.

Hal ini karena gulungan tembaga dalam oven membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan panas. Jadi, jangan kaget bila oven memerlukan daya listrik yang lebih besar
ya.

Baca juga: Kebiasaan yang Membuat Peralatan Rumah Tangga Cepat Rusak

Baca juga:  Unsur Yang Tidak Terdapat Dalam Teks Berita Diatas Adalah

5. Hasil Olahan Makanan

Jika kamu memanfaatkan microwave untuk menghangatkan makanan, lazimnya ini akan membuat makanan lebih kering karena proses dari microwave yang menghilangkan kelembapan dari makanan.

Di samping itu, hasil makanan yang diolah menggunakan oven lebih baik. Sebab, biasanya memiliki tekstur yang krispi pada bagian luar tapi tetap empuk di bagian dalam.

6. Volume Makanan yang Bisa Diolah

Dari segi daya tampung masakan, oven juga lebih unggul dari pada microwave. Hal ini karena oven tersedia dalam berbagai ukuran baik besar atau pun kecil yang membuatnya bisa menampung banyak masakan.

Sedangkan microwave yang ada saat ini umumnya memiliki daya tampung yang kecil, tidak lebih dari 30 liter saja.

7. Kualitas Gizi Makanan

Prinsip gizi dari makanan biasanya mengacu dari cara kerja alat elektronik tersebut. Mengingat microwave yang paling sebentar dalam pengaplikasiannya sehingga gizi makanan tidak akan terlalu banyak hilang.

Di sisi lain memasak menggunakan oven memiliki efek
overcooking
karena makanan terlalu lama dimasak yang membuat kandungan gizinya berkurang.

8. Harga Microwave dan Oven Listrik, Murah yang Mana?

Adapun perbedaan microwave dan oven yang terakhir adalah dilihat dari perbandingan harganya. Yang mana bila membandingkan dari ukuran standar melalui katalog harga microwave dan oven listrik yang dimiliki oleh JD.ID, diketahui bahwa harga microwave cenderung lebih mahal.

Mungkin hal ini karena microwave menggunakan teknologi yang cenderung baru. Meskipun begitu, microwave memiliki efisiensi energi yang cukup kecil. Jadi, pemakaian sering pun tidak masalah karena hemat energi.

Setelah membaca ulasan di atas, lalu mana yang lebih baik? Jawabannya adalah tergantung pemakaian.

Bila kamu lebih banyak mengukus atau memanggang makanan sebaiknya membeli oven listrik terbaik. Jika hanya untuk kebutuhan ringan seperti memanaskan makanan, maka kamu bisa membeli microwave.

Baca juga:  Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 191

Dengan pemaparan di atas, diharapkan kini kamu tidak akan salah membeli alat elektronik ini dan bisa menggunakannya sesuai fungsi dengan baik.

Adapun jika kamu sedang mencari alat elektronik, Sahabat JD bisa menggunakan ke aplikasi JD.ID untuk mendapatkan penawaran terbaik alat-alat elektronik yang dibutuhkan. Apalagi saat Ramadan seperti ini, JD.ID menyediakan banyak diskon dan promo yang akan menguntungkanmu!

Yuk
belanja elektronik rumah tangga di JD.ID dan dapatkan produk original dengan harga yang lebih terjangkau!

Apa Yang Menyebabkan Oven Listrik Menjadi Panas

Sumber: https://www.jd.id/news/insight/elektronik/8-perbedaan-microwave-dan-oven-listrik-jangan-sampai-salah-beli/