Berikut Ini Yang Bukan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik Adalah

Cantiks.com – Berikut Ini Yang Bukan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik Adalah

Media elektronik sekarang sudah mulai banyak berkembang. Sama halnya dengan iklan media elektronik yang juga semakin banyak ditemukan karena semakin mudahnya untuk akses menggunakan media tersebut.

Iklan sendiri dibagi menjadi 3 bentuk atau jenis. Pertama adalah iklan media elektronik, iklan media cetak dan iklan media luar ruang. Sedangkan untuk iklan media elektronik adalah iklan yang menggunakan media elektronik sebagai media untuk penyebarannya. Berbagai macam contoh iklan jenis ini yang Anda temukan seperti iklan di internet, di televisi maupun iklan yang ada di radio.

Kelebihan iklan elektronik

  • Dikarenakan media yang digunakan adalah media elektronik dimana hampir semua orang pernah menggunakannya, maka dari segi penyebarannya juga lebih luas. iklan seperti ini akan lebih mudah dan luas untuk menjangkau masyarakat.
  • Berbeda dengan iklan yang disebarkan secara manual, iklan jenis ini akan lebih cepat dalam menyebarkan informasi. Sehingga untuk kebutuhan penyebaran informasi yang penting, iklan media elektronik akan sangat membantu.
  • Kelebihan yang selanjutnya adalah iklan ini memiliki kualitas visual dan audio yang lebih menarik. Tampilan visual dan audio yang menarik tersebut juga lebih membantu masyarakat bisa lebih mudah memahami isi iklannya.

Ada beberapa jenis iklan media elektronik yang terbagi kembali menjadi 3 berdasarkan jenis media yang digunakannya.

1. Iklan televisi

Sesuai dengan namanya, iklan elektronik yang satu ini menggunakan media televisi sebagai media penyiarannya. Iklan televisi memiliki visual yang lebih menarik karena menggunakan gambar, gerak dan sura. Sehingga iklan jenis ini juga akan lebih mudah untuk dipahami masyarakat luas.

Baca juga:  Berdasarkan Data Tersebut Konsentrasi Asam Cuka Adalah

Sayangnya dari segi produksi atau pembuatannya cukup mahal. Hal ini juga dikarenakan karakteristik iklan elektronik khususnya yang disiarkan di televisi membutuhkan visual yang cukup bagus atau menggunakan desain yang atraktif.

2. Iklan radio

Untuk iklan radio lebih mengedepankan suara untuk penyampaian pesan atau informasi pada masyarakat. Kelebihan dari iklan ini bisa dijangkau oleh siapa saja, biaya pembuatannya yang lebih murah dan bisa menjangkau masyarakat luas.

Sayangnya iklan ini memiliki keterbatasan pada tampilan visualnya dan durasi iklan yang terbatas.

3. Iklan internet

Iklan internet ini juga sama dengan iklan online yang menggunakan media internet untuk media penyebarannya. Contoh iklan media elektronik di internet akan banyak Anda temukan pada blog, website atau ketika melakukan streaming video.

Baca juga: Cara Daftar di HKI Dengan Mudah dan Cepat

Iklan media elektronik ini memiliki ciri-ciri yang bisa membedakan dengan media iklan yang lainnya, seperti:

  • Biasanya dalam bentuk cerita pendek
  • Menggunakan pilihan kata yang logis, menarik dan tepat sasaran
  • Menggunakan kata-kata yang informatif dan persuasif
  • Menggunakan kata-kata yang mengandung sugesti untuk beberapa orang
  • Menggunakan unsur gerak, suara dan gambar
  • Menggunakan beberapa efek suara bisa dalam bentuk musik, tuturan hingga bunyi-bunyi yang lainnya.

Aturan Hukum Dalam Membuat Iklan Elektronik

Iklan menjadi salah satu media penyebaran informasi yang cukup efektif. Selain itu juga banyak dimanfaatkan dalam bidang marketing atau pemasaran. Namun dalam hal ini ada aturan tertentu yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah mengenai pembuatan iklan elektronik.

Ketentuan atau aturan dalam membuat iklan elektronik tersebut sudah diatur pada Pasal 19 ayat (2) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 5 Tahun 2020 dimana:

  • Tidak boleh memberikan informasi yang salah, keliru atau tidak sesuai mengenai barang atau jasa.
  • Tidak membohongi konsumen mengenai bahan, kualitas, kuantitas, harga barang atau jasa, kegunaan hingga ketepatan waktu barang atau jasa diterima.
  • Tidak membohongi garansi atau jaminan pada barang atau jasa.
  • Iklan harus mengandung informasi mengenai barang atau jasa.
  • Menyediakan pilihan untuk konsumen keluar dari tayangan iklan tersebut menggunakan tanda tutup, skip atau close.
  • Penempatannya juga harus jelas sehingga konsumen lebih mudah untuk menutup iklan tersebut.
  • Tidak melakukan eksploitasi kejadian atau seseorang tanpa seijin atau persetujuan dari yang bersangkutan.
Baca juga:  Berikut Ini Ciri Musik Pop Standar Kecuali

Untuk pengusaha atau siapapun yang membuat iklan dengan melanggar aturan diatas, maka akan dikenai sanksi administratif. Sanksi tersebut akan dalam bentuk peringatan tertulis, tercantum dalam daftar hitam, hingga izin usaha yang dicabut. Hal ini sesuai dengan Pasal 47 Permendag Nomor 50 Tahun 2020.

Layanan Justika Untuk Membantu Permasalahan HKI

Iklan media elektronik juga termasuk dalam Hak Kekayaan Intelektual yang perlu dilindungi. Justika bisa membantu untuk mengatasi permasalahan seputar HKI tersebut melalui 3 layanan ini:

Layanan Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan konsultasi chat dari Justika. Kunjungi laman ini, kemudian ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Apabila fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Dengan layanan ini, Anda bisa mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Selain telepon dan chat, Anda juga dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika secara lebih leluasa lewat layanan konsultasi tatap muka. Lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Baca juga:  Catatan Catatan Yang Berhubungan Dengan Masalah Kepegawaian Disebut

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. berlangsung singkat
  2. disiarkan melalui radio atau televisi
  3. dapat disimpan dan dibaca kapan saja
  4. disajikan menggunakan video

Jawaban terbaik adalah
C. dapat disimpan dan dibaca kapan saja.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan❝Berikut ini yang bukan ciri-ciri iklan media elektronik adalah ….❞
AdalahC. dapat disimpan dan dibaca kapan saja.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Kata-kata pokok yang dibahas dalam sebuah iklan disebut ….  dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Berikut Ini Yang Bukan Ciri Ciri Iklan Media Elektronik Adalah

Sumber: https://memperoleh.com/berikut-yang-bukan-ciri-ciri-iklan-media-elektronik-adalah