Berikut Yang Tidak Termasuk Fungsi Peralatan Atau Perlengkapan Kantor Adalah

Cantiks.com – Berikut Yang Tidak Termasuk Fungsi Peralatan Atau Perlengkapan Kantor Adalah

Di dalam sebuah kantor tentu terdapat banyak sekali jenis peralatan kantor dan fungsi yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas tentang perlengkapan dan peralatan kantor serta fungsinya masing-masing.

Alat kantor adalah salah satu benda yang selalu dibutuhkan dan juga harus ada di dalam sebuah kantor atau perusahaan. Yang dikatakan kantor professional adalah kantor yang mempunyai perlengkapan yang lengkap. Oleh sebab itu, perlengkapan kantor sebagai salah satu penunjang kinerja perusahaan yang penting.

Banyak sekali jenis peralatan yang diperlukan untuk dapat melaksanakan sebuah pekerjaan di kantor. Langsung saja, berikut ini adalah penjelasan dari perlengkapan dan peralatan yang ada di kantor.

Pengertian Peralatan dan Perlengkapan Kantor

Alat-alat kantor ini sendiri terbagi menjadi 2, yaitu peralatan kantor dan perlengkapan kantor. Untuk mengetahui apa arti dari keduanya Anda bisa menyimak pada penjelasan berikut ini:

Pengertian Peralatan Kantor atau
Office Appliances/Office Supplies

Peralatan kantor merupakan beberapa alat yang biasa dipakai dalam pekerjaan tata usaha. Menurut
The Liang Gie,
peralatan kantor atau
office supplies
merupakan benda-benda yang digunakan habis dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari oleh pegawai tata usaha.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang bisa digunakan sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Jadi, peralatan atau media kantor ini memiliki fungsi sebagai salah satu syarat atau upaya untuk dapat mencapai suatu hal.

Pengertian Perlengkapan Kantor

Perlengkapan kantor merupakan beberapa jenis barang yang dipakai untuk dapat menghasilkan suatu pekerjaan kantor sesuai dengan apa yang telah diharapkan.

Tujuan dari kantor tidak akan tercapai tanpa adanya sebuah perlengkapan kantor yang memadai. Perlengkapan kantor yang baik adalah jenis  perlengkapan yang dapat  memperlancar suatu proses pekerjaan sehingga untuk pencapaian tujuan bisa tercapai secara efektif dan efisien.

Fungsi Peralatan dan Perlengkapan Kantor

Fungsi Perlengkapan dan Peralatan Kantor

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari peralatan dan perlengkapan kantor yang wajib Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut ini.

1. Mempermudah, mempercepat sebuah proses pengerjaan dan juga pelaksanaan kegiatan kantor.

2. Mendukung semua aktivitas dan pekerjaan kantor.

3. Memperoleh hasil pekerjaan yang maksimal dan tentunya memuaskan.

4. Sebagai salah satu asset kantor dan perlengkapan kantor.

5. Sebagai salah satu sarana penyimpanan arsip.

Jenis-jenis Peralatan Kantor

Jenis Peralatan Kantor

Peralatan-peralatan kantor beserta fungsinya sangat beragam. Ada pula yang berupa barang-barang berbentuk kecil, barang yang biasa dipakai, barang cepat habis dan juga barang-barang yang tidak terlalu mahal akan tetapi harus ada di kantor. Nah, menurut situs
Mixtube.org,
berikut ini adalah beberapa jenis dari peralatan dan perlengkapan kantor yang wajib Anda ketahui.

1. Komputer

Komputer merupakan rangkaian peralatan elektronik yang bisa melakukan sebuah pekerjaan berdasarkan dengan program yang telah diberikan atau dirancang sebelumnya. Di dalam perkantoran, alat ini biasanya dipakai untuk mengelola dan menyimpan berkas, kemudian dapat menampilkan pada monitor dan bisa di print.

Baca juga:  Perbedaan Rolled Oat Dan Instant Oat

2. Meja Kantor

Meja kantor pada umumnya dibuat dengan desain atau tampilan khusus untuk peralatan kantor. Biasanya bentuk dari meja ini dilengkapai dengan laci yang dapat dipakai untuk menyimpan berbagai macam alat tulis, berkas dan juga perlengkapan kantor lainnya.

3. Kursi Kantor

Untuk kursi kantor ini sendiri perlu juga dibuat dengan desain khusus untuk sebuah perkantoran, yang mana dengan adanya kursi yang nyaman ditujukan untuk kenyamanan pada saat bekerja. Ketinggian dari kursi kantor ini biasanya dapat diatur, kemudian juga ditambah dengan sandaran dan bantalan dari bahan busa.

4. Lemari Arsip

Lemari arsip yang biasa digunakan dikantor adalah menggunakan lemari
Filling Cabinet,
yang mana umumnya mempunyai beberapa jumlah laci. Jumlah laci yang biasa digunakan 1 sampai 6 laci atau menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Lemari arsip ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai berkas yang terdapat di kantor.

5. Pesawat Telepon

Pesawat telepon merupakan jenis alat komunikasi yang dipakai untuk menyampaikan pesan yang berupa suara. Alat ini juga dapat dipakai untuk menyambungkan atau mengalihkan ke telepon yang lain.

6. Mesin Faks

Mesin faks merupakan alat komunikasi yang dipakai untuk mengirimkan dokumen dengan memakai suatu perangkat yang mampu untuk beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

7. Mesin Absensi

Mesin absensi saat ini sangat dibutuhkan oleh kantor, karena dengan adanya mesin absensi ini dapat digunakan untuk mengumpulkan data kehadiran karyawan yang ada di kantor. Dengan adanya mesin ini dapat mempermudah untuk mengetahui dan melacak kehadiran karyawan.

8. Mesin Penghitung Uang

Mesin ini umumnya dipakai oleh kantor yang ber-urusan dengan uang atau kantor perbankan. Alat ini berfungsi untuk menghitung uang dengan cepat, lebih teliti dan juga untuk memperkecil risiko kesalahan dalam menghitung.

9. Mesin Printer

Mesin printer merupakan salah satu perangkat komputer yang berguna untuk keperluan cetak tulisan dan gambar di atas kertas. Mesin ini pada umumnya digunakan untuk pekerjaan administrasi dan surat-menyurat.

10. Scanner

Scanner merupakan alat untuk memindai objek, kemudian menyimpannya ke media penyimpanan yang ada. Alat ini mempunyai kesamaan dengan mesin fotokopi, namun terdapat beberapa perbedaan, diantaranya adalah mesin fotokopi langsung dapat mengeluarkan hasil cetak dan pemindaian objek. Sedangkan untuk mesin scanner untuk menyimpan hasil dari pemindaian tersebut.

11. Mesin Fotokopi

Mesin fotokopi merupakan salah satu mesin elektronik yang berfungsi untuk membuat salinan di atas kertas dari buku, dokumen dan beberapa sumber lainnya.

12. Proyektor LCD

Proyektor LCD dapat dipakai untuk memproyeksikan tulisan, gambar atau video pada media yang mempunyai permukaan datar, seperti tembok atau alat pemancar lainnya. Alat ini umumnya dipakai untuk membantuk presentasi ketika sedang rapat kerja di kantor.

13. Jaringan Internet atau WIFI

Pada zaman sekarang ini jaringan internet atau WIFI sangat diperlukan dalam semua aspek kehidupan. Untuk kegiatan kantor sendiri sangat memerlukan sebuah jaringan internet agar semua pekerjaan mudah tersampaikan dengan adanya jaringan internet atau melalui media elektronik.

14. Kotak Arsip

Kotak arsip umumnya dipakai untuk menyimpan berkas dan juga arsip yang biasa digunakan. Dengan Anda memanfaatkan kotak ini, maka perlengkapan kantor di meja kerja dapat dijaga agar rapi.

15. Alat Sortir

Ketika Anda mempunyai keperluan dalam hal surat-menyurat, kemudian mendapati banyak surat dan dengan rangkap yang banyak pula. Maka untuk dapat memudahkan, mempercepat dan meringankan pekerjaan dalam memisahkan surat-surat tersebut dapat memakai alat sortir yang ada di kantor.

16. USB Flas Drive

USB flas drive merupakan alat media penyimpanan data portable yang dimana pemakaiannya dengan cara menghubungkan ke port USB. Media ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai macam data, baik itu berupa dokumen, suara, video dan lain sebagainya.

Baca juga:  Neptunus Memiliki Warna Biru Yang Indah Karena

17. Mesin Paper Shredder

Mesin paper shredder merupakan alat atau mesin yang berfungsi untuk menghancurkan kertas. Banyak dari instansi atau kantor yang memakai alat ini untuk melenyapkan dokumen penting untuk menjaga kerahasiannya.

18. Numerator

Numerator merupakan salah satu jenis alat yang dapat dikenakan untuk memberikan nomor pada lembaran kertas. Alat ini dapat digerakkan dengan tangan, cara kerja yang sederhana serta bisa memberikan nomor secara otomatis dengan cara menekannya.

19. Kalkulator

Kalkulator ini dapat Anda pakai sebagai alat bantu untuk menghintung perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Kalkulator ini berguna untuk menghitung dengan lebih cepat dan tepat sehingga berfungsi untuk memperkecil ririko kesalahan penghitungan.

20. Perforator

Perforator merupakan alat yang biasa digunakan untuk melubangi kertas. Perforator ini sendiri digerakkan dengan tangan saja dengan cara kerja yang sederhana dan dapat dipakai untuk melubangi pada bagian kertas yang pilih. Untuk lubang dari perforator ini kebanyakan berdiameter 5 mm.

21. Kotak Arsip

Kotak arsip umumnya dipakai untuk menyimpan berkas dan juga arsip yang aktif digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan memanfaatkan peralatan kantor ini, maka di meja kerja dapat dijaga agar selalu rapi.

22. Ordner

Ordner merupakan map yang dibuat dari papan karton atau plastic, umumnya dengan ukuran punggung 5 cm, berbeda dengan map biasa. Ordner ini mempunyai ukuran yang relative besar dan dapat menampung banyak berkas.

Untuk alat ordner ini mempunyai penjepit ring, jika Anda ini memakainya perlu untuk melubangi arsip tersebut menggunakan perforator.

23. Guide

Guide merupakan lembaran kertas tebal yang dipakai sebagai pemisah dan juga sebagai penunjuk arsip. Untuk ukuran dari
guide
ini sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

24. Kertas Label

Kertas label merupakan alat yang dapat dipakai untuk memberikan judul yang pada umumnya diletakkan di Guide.

25. Map

Map ini dapat Anda buat sendiri dari bahan baku plastik tebal, kertas manila dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa jenis map yang wajib Anda ketahui:

a. Stopmap

Stopmap merupakan jenis map yang mempunyai kuping penutup pada bagian tepinga. Fungsi dari kuping penutup ini adalah agar berkas tidak mudah terjatuh.

b. Folder

Folder merupakan jenis map yang tidak mempunyai kuping penutup atau pengait. Folder ini kebanyakan berupa kertas karton atau plastik saja.

c. Snelhecter

Snelhecter merupakan jenis map yang mempunyai pengait pada bagian tengah. Jika memakai jenis map ini, maka perlu untuk melubangi arsip dan berkas dengan alat perforator agar dapat dikaitkan dengan penjepitnya.

d. Hanging Folder

Hanging folder merupakan jenis map yang mempunyai penggantung. Map ini dapat digantung di laci
Filling Cabinet
yang mempunyai pengaitnya.

Jenis-jenis Perlengkapan Kantor

Jenis Pengadaan peralatan kantor

Setelah Anda menyimak dan membaca tentang peralatan yang ada di kantor, berikutnya adalah jenis perlengkapan kantor yang wajib Anda ketahui, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Pulpen

Pulpen merupakan jenis alat kantor yang sangat penting dan harus selalu ada dimana saja, sebab banyak keperluan tulis menulis di kantor. Tulisan dari pulpen ini, jika salah tulis Anda bisa menghapusnya memakai
Tipe X.

Namun walaupun begitu, alat tulis ini kebanyakan dipakai untuk penulisan yang tanpa perubahan. Sedangkan untuk penulisan yang masih ragu atau perlu perubahan, Anda bisa memakai pensil.

2. Pensil

Pensil ini juga dapat dijadikan sebagai alat tulis kantor. Kelebihan yang ada pada pensil ini yaitu jika terjadi sebuah kesalahan penulisan lebih mudah dihapus dengan memakai alat penghapus ini.

3. Tipe X

Tipe X merupakan jenis alat yang bisa dipakai untuk menghapus tulisan dari tinta polpen. Alat ini bisa mengganti hasil penulisan dengan cara menutupinya memakai cairan yang bisa mongering dengan sangat cepat.

Baca juga:  Tempat Makan Di Garut Yang Enak Dan Murah

4. Penghapus

Penghapus merupakan jenis alat yang bisa Anda gunakan untuk menghapus tulisan dari pensil. Penghapus ini dapat menghapus dengan bersih. Oleh sebab itu, banyak yang memakainya untuk sebuah penulisan yang mungkin nanti perlu perubahan.

5. Stapler

Stapler merupakan alat yang dapat dipakai untuk menyatukan beberapa kertas. Alat ini dikenakan dengan cara menekan isinya yang berbentuk huruf U sehingga bisa mengikat beberapa kertas.

6. Staples

Sedangkan untuk staples adalah alat atau isi yang ada di dalam stapler, atau yang mungkin Anda ketahui bentuk dari staples berbentuk huruf U.

7. Gunting

Gunting merupakan alat yang dapat dikenakan untuk memotong benda-benda tipis, misalnya plastik, kertas, tali, kain dan lain-lainnya.

8. Penggaris

Penggaris merupakan alat pengukur dan juga alat untuk mengukur garis lurus, beberapa jenis dari penggaris bisa dipilih sebagai perlengkapan kantor.

9. Penjepit Kertas

Penjepit kertas merupakan alat yang biasa digunakan untuk menyatukan beberapa kertas. Kertas yang dijepit memakai alat ini nanti akan dibuka kembali dengan mudah. Pemakaian dari alat ini umumnya ditujukan untuk berkas yang disatukan sementara waktu.

10. Stempel

Stempel merupakan alat yang biasa dipakai untuk mengesahkan suatu dokumen. Dokumen yang biasa digunakan dapat berupa surat, nota, atau dokumen lainnya.

11. Tinta Printer

Tinta printer ini dapat disesuaikan dengan keperluan kantor saja, akan tetapi kebanyakan dari kantor atau instansi menggunakan tinta 1 warna yaitu warna hitam. Akan tetapi, banyak juga dari kantor yang menyiapkan 4 warna sebagai perlengkapan saja.

12. Amplop

Amplop merupakan alat bungkus dari surat, dokumen atau benda lain yang dapat dikirimkan per tujuan atau pos.

13. Kop Surat

Untuk kop surat ini sangat diperlukan oleh perusahaan yang sedang berkembang dan maju. Mengapa perusahaan berkembang dan maju memakai kop surat? Alasannya simple, sebab perusahaan tersebut dapat menampilkan identitasnya dan bisa meningkatkan kredibilitas surat yang telah dibuat.

14. Perekat

Banyak jenis perekat yang biasa dikenakan didalam kantor, akan tetapi banyak dari perusahaan atau kantor yang memakai perekam lem dan lakban. Lem merupakan jenis bahan perekat yang bisa dipakai untuk merekatkan 2 benda atau lebih. Sedangkan untuk lakban merupakan alat yang dapat dipakai untuk merekatkan kertas yang sobek atau robek.

15. Kotak Kartu Nama

Kartu nama merupakan jenis kartu identitas yang telah mewakili nama karyawan dan juga perusahaan. Kartu ini umumnya disimpan pada kotak khusus.

16. Kalender

Walaupun sekarang semua karyawan mempunyai smartphone yang terdapat kalender digital, tidak menutup kemungkin kalender kertas di kantor juga sangat penting.

Alat ini dapat dipakai untuk perlengkapan kantor, sebagai perencanaan jadwa, pengingat hal penting dan masih banyak lagi. Kalender ini kebanyak diletakkan di meja kantor karyawan atau pada dinding.

17. Kertas

Di kantor, keberadaan dari kertas ini harus selalu ada, sebab kertas ini dikenakan untuk urusan surat menyurat dan juga sebagai dokumentasi. Jenis kertas yang biasa digunakan ada banyak sekali, akan tetapi yang biasa digunakan adalah jenis kertas HVS dan NCR.

Banyak sekali sekarang kantor atau instansi baru yang terbuat dari bahan yang terbuat dari container atau di sebut dengan
office container. Untuk melihat bagusnya desain
office container
Anda bisa mengunjungi situs dengan cara klik sini.

Peralatan dan perlengkapan kantor di atas harus selalu ada di dalam kantor. Walaupun benda-benda di dalam kantor, sekalipun bentuknya sangat kecil, itu adalah alat yang sangat berfungsi dan mempunyai kegunaan di dalam kantor itu sendiri.

Sekian sedikit penjelasan tentang berbagai jenis peralatan dan perlengkapan kantor yang sudah kami jelaskan di atas, semoga bermanfaat.

Berikut Yang Tidak Termasuk Fungsi Peralatan Atau Perlengkapan Kantor Adalah

Sumber: https://pabrikcontainer.com/peralatan-dan-perlengkapan-kantor/