Cara Membedakan Burung Cendet Jantan Dan Betina

Cantiks.com – Cara Membedakan Burung Cendet Jantan Dan Betina

BLOG OSCAS
– Ciri-ciri burung cendet jantan banyak dicari oleh penggemar burung peliharaan yang satu ini. Karena seringkali salah pilih saat membeli burung cendet jantan di pasaran. Memang sekilas burung cendet jantan dan betina terlihat hampir sama sehingga sulit sekali dibedakan oleh para pemain pemula.

Burung cendet jantan lebih disukai karena selain memiliki kicauan yang indah juga suara yang bervariasi. Meskipun yang memiliki kelebihan ini adalah burung cendet jantan namun ciri khas yang dimiliki burung cendet betina adalah kepandaiannya dalam menirukan suara cendet pejantan.

Rupanya di alam liar cendet jantan adalah burung yang memiliki karakter unggul saat menjaga daerah kekuasaannya. Itulah sebabnya banyak orang mengidam-idamkan cendet pejantan sebagai piaraannya.

Untuk dapat memelihara burung ini dengan baik, solusinya adalah memelihara sejak masih anakan. Karena burung cendet adalah burung yang pemberani dan memiliki sifat yang cukup liar atau galak. Saat merasa terancam, burung cendet tidak akan segan menggigit tangan manusia. Namun kalau dipelihara dari kecil sifat galaknya ini akan menghilang dan berganti dengan sikap yang manja.

12 Ciri-ciri Burung Cendet Jantan

Meskipun memiliki sifat yang galak dan cukup giras, namun burung yang juga memiliki nama lain sebagai burung pentet atau toet ini cukup banyak penggemarnya. Hal ini disebabkan karena kicauannya yang unik dan berbeda dari burung kicau lainnya. Dengan nyanyian yang variatif cendet memiliki keunikan pada pekikannya yang melengking tajam dengan nada yang harmonis.

Baca juga:  Jarak Garis Service Ke Sisi Lapangan Luar Pada Partai Tunggal

Dengan postur tubuh yang kecil, antara 20 sampai 25 saja, burung ini memiliki ciri khas pada ujung paruhnya yang mengait. Karena yang memiliki kicauan indah dan memikat adalah pejantan maka kali ini yang akan dibahas adalah cara membedakan antara burung jantan dan betina.

1. Bentuk Kepala Yang Lebih Besar

Cara yang paling pertama dan mudah untuk dipraktekkan adalah dengan melihat pada bagian kepala. Karena cendet jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar dibandingkan cendet betina. Selain itu juga lebih ceper atau terlihat mendatar dengan bagian atas yang rata.

Pada bagian kepala cendet jantan terdapat bulu yang berwarna hitam. Lalu bulu yang terdapat pada pipinya memiliki warna hitam yang pekat. Kalau dilihat-lihat sekilas, burung cendet jantan ini memiliki raut wajah yang seram dan garang.

2. Paruh Yang Panjang Dan Tebal

Ciri khas lainnya terletak pada paruh, cendet jantan memiliki paruh yang lebih panjang dibandingkan cendet betinanya. Selain itu juga lebih tebal pada bagian ujungnya. Sementara paruh burung cendet betina biasanya lebih tipis daripada yang jantan, namun terkadang ada juga yang tebal meskipun jarang.

3. Sorot Mata Yang Tajam

Pesona dari cendet jantan yang tak kalah unik adalah pada bagian matanya. Memiliki sorotan mata yang tajam dengan bulatan mata menonjol seakan seperti sedang melotot, sedangkan pada burung betina lebih terlihat lembut. Karena sorot matanya yang sayu dan tidak terlihat melotot.

Saat memilih burung cendet di pasaran dalam kondisi ombyokan, harus diperhatikan benar-benar. Seharusnya cukup mudah karena ada perbandingan, sedangkan kalau membeli yang satuan tidak akan jelas karena tidak ada burung lain sebagai perbandingan.

4. Ekor Yang Berwarna Hitam Lebam

Ekor juga dapat dijadikan acuan saat memilih burung ini, karena biasanya burung cendet jantan memiliki bulu ekor yang berwarna hitam yang tegas dan terlihat tajam. Sementara pendet betina memiliki ekor yang warnanya cenderung kusam dan pudar.

Baca juga:  Cara Menata Foto Di Dinding Kamar Tidur

Selain warna panjang ekor juga memiliki perbedaan yang jelas, pada pejantan ekornya akan lebih panjang daripada betinanya.

5. Postur Tubuh Ramping Dan Proporsional

Bagian tubuh cendet jantan dan betina juga berbeda, karena pada umumnya cendet jantan memiliki bentuk tubuh yang ramping dan tampak proporsional. Apalagi ketika berdiri bersebelahan denga cendet betina, tubuh cendet jantan terlihat lebih memanjang.

Secara penampilan burung cendet memiliki postur tubuh yang tegap dan gagah. Burung cendet yang cirinya seperti ini saat diadu bisa sering menang. Karena tanda burung cendet jantan adalah petarung yang bagus bisa dilihat dari fisiknya lebih dahulu.

6. Supit Udang Panjang Dan Keras

Burung cendet jantan pada umumnya memiliki supit udang yang tampak memanjang, bila diraba teksturnya terasa lebih keras dan rapat. Selain itu ukurannya juga lebih kecil dibandingkan dengan supit udang cendet betina yang lebih besar meskipun pendek.

Meraba supit udang ini menurut beberapa pemain senior cukup akurat untuk membedakan antara burung jantan dan betina. Meskipun bagi pemain pemula cukup sulit untuk merasakan dan membedakannya karena rasanya hampir sama.

7. Warna Bulu Yang Mencolok


Warna bulu pada burung cendet juga memiliki perbedaan yang bisa dijadikan acuan untuk mencari burung jantan. Karena bulu pada cendet jantan memiliki warna yang mencolok dan terlihat jauh lebih cerah dibandingkan yang betina.

Kemudian bulu yang tumbuh di tulang pubisnya memiliki ciri khas tidak rapi, atau tidak beraturan. Sementara pada cendet betina lebih rapi dengan warna yang tidak terlalu terang.

BACA JUGA :

Ciri-ciri Burung Ciblek Jantan Dewasa Dan Lolohan Yang Paling Jitu

8. Perilaku Yang Gesit Dan Lincah

Pada umumnya burung cendet jantan memiliki gerakan yang gesit. Dengan karakter petarung yang tangguh, keunggulan burung jantan juga lebih lincah dibandingkan yang betina. Selain gerakan yang gesit dan lincah nafsu malan pada burung pejantan juga yang lebih besar.

Ketika ada burung lain yang makan di wilayahnya, burung cendet jantan akan langsung menunjukkan kekuasaannya sebagai penguasa teritorial. Karakter petarungnya langsung keluar untuk membuat burung lain pergi dari daerahnya.

Baca juga:  Cara Membuat Mainan Dari Kardus Bekas Yang Mudah

9. Penampilan Yang Menarik

Burung cendet jantan terkenal memiliki penampilan yang mendarik dengan posturnya yang tegap dan gagah. Ditambah dengan warna bulunya yang sangat menarik dengan warna hitam legam yang terlihat elegan. Dipadu dengan warna bulu lainnya menambah indahnya penampilan burung kicau yang satu ini. Menjadi ciri khas yang merupakan daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

10. Lebih Mudah Beradaptasi

Keunggulan lain yang membuat burung cendet jantan disukai adalah kemampuannya yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Meskipun karakter khasnya cukup galak dan liar, namun ternyata dapat dijinakkan dengan mudah.

11. Mampu Menirukan Suara Burung Yang Lain

Keunikan lain yang cukup keren adalah kemampuan burung ciblek jantan untuk menirukan suara burung lain dengan piawai. Mungkin karena burung jantan memiliki daya ingat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan burung betina.

12. Kualitas Kicauan Yang Tinggi

Sebagai burung kicau, keunggulan burung cendet jantan adalah memiliki kualitas kicauan yang jauh lebih baik. Selain merdu juga lantang, meskipun sedang menirukan suara kicauan burung lain. Hal ini tidak dimiliki oleh burung betina.

Sayangnya saat berkicau perilaku burung jantan menjadi lebih lincah dari biasanya. Sehingga bisa membuat kualitas kicaunya menjadi menurun, karena biasanya saat di alam liar burung jantan berkicau untuk menarik perhatian burung betina.

BACA JUGA :

9 Ciri-ciri Burung Perkutut Jantan Yang Wajib Diketahui Pecinta Burung Peliharaan

Ciri-ciri burung cendet jantan yang mencakup penampilan fisik dan kicauannya tersebut dapat dijadikan acuan agar tidak salah pilih. Selain itu harus benar-benar teliti saat memeriksa fisiknya seperti paruh, bentuk kepala, warna bulu, mata dan juga pada bagian ekornya yang unik.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Cara Membedakan Burung Cendet Jantan Dan Betina

Sumber: https://blog.oscas.co.id/news/hewan/61b8cccab83fd/12-ciriciri-burung-cendet-jantan-paling-akurat-beserta-keunggulannya