Cara Memenangkan Permainan Sunda Manda Adalah Dengan Memiliki

Cantiks.com – Cara Memenangkan Permainan Sunda Manda Adalah Dengan Memiliki

Permainan engklek atau sunda manda adalah permainan tradisional lompat-lompatan yang dilakukan secara bersama-sama pada bidang datar dan digambar di atas media tanah atau mistar. Permainan ini dapat melatih motorik kasar, problem solving dan berfikir kreatif. Di beberapa daerah di Indonesia, permainan ini memiliki beberapa nama, diantaranya
teklek, ciplek gunung, jlong-jling, ingkling, dende, dampu serta sunda manda.

Lebih populer dengan nama Sunda manda, permainan ini diyakini berasal dari Belanda dan memiliki nama asliZondag Mandaag.
Zondag berarti Minggu dan Mandaag berarti Senin
. Kendati memiliki arti Minggu dan Senin, untuk memainkannya tidak terikat dengan hari yang telah disebutkan. Di seluruh Nusantara mungkin kita bisa menjumpai permainan ini baik itu di kawasan pedesaan maupun di perkotaan. Kepopuleran permainan ini tidak lepas dari masa pendukan Belanda yang pernah menjajah Indonesia kala itu. Dengan hanya berbekal peralatan yang sederhana, anak-anak dapat memainkannya permainan yang mengasah kemampuan motorik maupun kemampuan kognitif mereka.

Dilakukan dengan melompat di dalam kotak-kotak yang digambar di tanah ataupun pada mistar yang menyerupai dengan tanda tambah. Kita harus meloncat menggunakan satu kaki dari kotak satu ke kotak lainnya. Kita sebagai pemain harus memegang / mengambil pecahan genting, eternit atau batu yang kita lemparkan ke masing-masing kotak tersebut.

Cara Permainan Engklek

Sebelum permainan dimulai, pemain melakukan hom pim pa atau suit untuk menentukan siapakah yang berhak melempar gacuk untuk yang pertama kalinya.

Baca juga:  Jarak Titik Penalti Dalam Permainan Sepak Bola Yaitu

Pemain yang menang lalu mempersiapkan “gacuk”
berupa pecahan genting, keramik ataupun batu yang biasanya berbentuk pipih dan digunakan untuk dilemparkan di dalam kotak. Gacuk ini tidak boleh melewati batas garis tepi kotak yang ada. Apabila gacuk ini keluar dari kotak maka pemain akan dianggap gugur dan digantikan pemain yang lain.

Pemain pertama kemudian melompat dengan satu kaki [ engklek ] dari ujung kotak satu sampai kotak ke 6 [ saat melompat menggunakan satu sisi kaki dan tidak boleh bergantian ] kemudian berhenti sejenak di kotak samping, ketika sampai di dua kotak samping, kedua kaki harus menginjak tanah. Setelah itu kembali lagi dengan mengambil gacuk yang berada di kotak 1 dengan posisi kaki satu masih diangkat.

Apabila pemain berhasil menyelesaikan tahap pertama, pemain tersebut lalu melemparkan gacuk ke kotak kedua kemudian dan seterusnya. Namun apabila pemain tidak berhasil menempatkan gacuk di kotak kedua, maka pemain tersebut dianggap gugur dan diganti pemain berikutnya.

Kotak yang terdapat gacuk tidak boleh diinjak oleh masing-masing pemain. Oleh karena itu, pemain harus melompat ke petak berikutnya dan mengelilingi petak-petak yang ada. Ketika melompat, pemain tidak boleh menginjak garis atau keluar kotak. Jika melakukan salah satu atau keduanya, ia diinyatakan gugur dan permainan dilanjutkan oleh pemain berikutnya.

Jika gacuk berada di kotak 2, pemain mengambilnya di kotak 3. Jika gacuk berada di kotak 4, 5, dan 6 pemain mengambilnya di kotak A.

Kemudian jika semua langkah telah dilakukan oleh semua pemain, maka pemain melemparkan gacuk dengan membelakangi engkleknya. Jika pas pada kotak yang dikehendaki, kotak itu akan menjadi rumah atau sawahnya dan pemain boleh berhenti di kotak itu. Sementara itu, pemain-pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan, begitu seterusnya sampai kotak-kotak mulai angka 1 sampai 6 menjadi milik pemain. Jika semua kotak telah dimiliki oleh sang pemain, permainan dinyatakan telah selesai.

Baca juga:  Cara Memindahkan Speaker Utama Ke Speaker Kedua

Pemenang dari permainan engklek atau sunda manda ini adalah pemain yang memiliki sawah / rumah paling banyak.

Manfaat Permainan Engklek

  1. Memberikan kegembiraan pada anak.
    Permainan ini adalah permainan yang dimainkan secara bersama-sama. Anak akan cenderung lebih senang bermain bersama dengan teman sebayanya.
  2. Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak serta menyehatkan fisik.
    Sebab permainan ini dilakukan dengan melompat sehingga otot-otot terutama otot kaki menjadi lebih kuat.
  3. Mengambangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi
    anak karena permainan ini dilakukan secara bersama-sama. Anak dilatih untuk sportif dan bisa mengungkapkan apa yang dirasakan seperti kegembiraan, kecewa, ataupun rasa sedih ketika dia kalah.
  4. Melatih keseimbangan tubuh.
    Karena pada prinsipnya permainan ini dilakukan dengan menggunakan satu kaki untuk melompat.
  5. Meningkatkan kedisiplinan, taat pada aturan permainan dan sportifitas
  6. Permainan engklek / sundamanda dapat meningkatkan kecerdasan logika
    anak karena anak dituntut untuk bisa berhitung serta bisa mengambil keputusan terhadap langkah-langkah yang dipilih dan dilewatinya.
  7. Melatih empati.
    Permainan engklek / sunda manda dapat melatih rasa tolong menolong bagi yang sudah punya sawah dengan membantu teman (lawan main) yang sudah tidak mampu mencapai kotak selanjutnya dengan memberikan pinjaman sawah.
  8. Melatih berpikir kreatif.
    Melalui permaianan engklek ini, anak akan mencoba menemukan daya kreatifnya, seperti menggunakan benda tertentu sebagai gacu dan penanda sawah, teknik berjalan engklek, dan teknik melempar gacu untuk mendapatkan sawah.

Gerakan Dalam Permainan Engklek

Adapun dalam permainan engklek kita akan bisa menemukan gerakan-gerakan yang bisa melatih psikomotor anak yakni gerakan
melompat
yang dilakukan saat memulai permainan,
berjingkat
yang dilakukan saat melewati kotak permainan,
menjaga keseimbangan
yang dilakukan saat mengambil gacuk, ketepatan yang dilakukan saat melempar gacuk kedalam kotak sasaran.

Baca juga:  Jelaskan Cara Bernyanyi Dengan Teknik Akapela

Macam-Macam Permainan Engklek / Pola Gambar Bidang

Pada umumnya permainan engklek menggunakan 7 kotak dan bentuknya menyerupai dengan pesawat terbang. Namun sebenarnya ada beberapa macam bentuk / pola lain yang digunakan, diantaranya berbentuk gunung ataupun engklek dengan bentuk baling-baling / propeller. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pola gambar bidang engkel dibawah ini.

Macam-Macam Permainan Engklek / Pola Gambar Bidang

Selain pola diatas ada beberapa pola gambar bidang engklek lagi yakni engklek bentuk orang-orangan, engklek bentuk sorok engklek bentuk tv serta menara.

Permainan Engklek Masa Kini

Bila pada awalnya permainan engklek hanya dilakukan di media tanah atau mistar dan biasanya pemain harus menggambar bidang / kotak engklek terlebih dahulu sebelum memainkannya. Sesuai dengan perkembangan jaman, saat ini sudah banyak tersedia pola engklek yang dijual di toko mainan berupa karpet  plastik engklek yang dibuat dengan warna-warna yang menarik. Dengan begitu untuk memainkan permainan ini sangat mudah dan bisa dilakukan di dalam ruangan.

gambar engklek modern

Penutup

Permainan engklek atau sunda manda adalah permainan tradisonal yang bisa kita temukan di penjuru Nusantara meskipun dengan nama yang berbeda-beda. Penting bagi kita sebagai orang tua mengenalkan permainan ini kepada anak-anak kita. Selain sebagai upaya untuk melestarikan permainan tradisional, permainan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya terutama untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang anak.

Demikian penjelasan singkat mengenai permainan engklek atau permainan sunda manda ini mulai dari
pengertian, sejarah / asal-usul, cara bermain dan manfaat
yang berhasil admin rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Cara Memenangkan Permainan Sunda Manda Adalah Dengan Memiliki

Sumber: https://www.yosefpedia.com/2021/07/permainan-engklek-sunda-manda.html