Cara Mengolah Kerajinan Dari Bahan Sabun Yaitu

Cantiks.com – Cara Mengolah Kerajinan Dari Bahan Sabun Yaitu

7 Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah

Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah ini sebernanya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Dimana ada beragam tehnik untuk membuat kerajinan dari sabun ini untuk dicoba, karena memang ada banyak sekali model karakter yang dibikin.

Saat ini kerajinan dari sabun juga memiliki daya tarik tersendiri, dimana banyak sekali para pengrajin yang menjual karya mereka di dunia maya. Jangan salah, meskipun nampak sederhana tapi memiliki nilai jual sendiri dipasaran.

Untuk anda yang tertarik terjun dalam industri ini, berikut akan kami bagikan tentang cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah untuk anda coba. Nah untuk membuat kerajinan ini memang dibutuhkan pengetahuan terlebih dahulu, agar nanti anda bisa paham tehnik dasar untuk membuatnya.

Anda tidak perlu bingung, karena berikut ini akan dibagikan mengenai cara bikin kerajinan dari sabun yang bisa anda coba nantinya. Seperti apa? silahkan simak dibawah ini.

Cara Membuat Kerajinan Dari Sabun

Untuk anda yang ingin membuat kerajinan dari bahan sabun, ada beberapa tehnik yang bisa anda coba. Namun tenang saja, berikut ini akan kami bagikan beberapa cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah yang bisa anda coba praktekkan dirumah nanti, diantaranya:

1. Menggunakan Teknik Parut

Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah pertama yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan tehnik parut. Cara ini bisa anda gunakan ketika ingin membuat kerajinan berbentuk bunga bertangkai yang diletakkan pada vas bunga.

Baca juga:  Apa Saja Jenis Penggaris Yang Digunakan Dalam Menggambar Teknik

Kerajinan tangan dengan bahan sabun yang berbentuk daun ini cukup mudah dalam pembuatanya, dimana anda hanya perlu menyiapkan sabun dengan beragam warna untuk bunganya. Sementara untuk bagian daun, anda perlu menyiapkan sabun yang memiliki warna hijau, serta anda juga perlu menyiapkan bahan lain seperti tepung maizena atau tepung tapioka.

  • Langkah pertama silahkan anda parut sabut memakai parutan keju sampai menjadi serpihan kecil, jangan lupa untuk memisahkan sabun ini berdasarkan warna masing-masing.
  • Silahkan campurkan tepung tapioka atau maizena tadi kedalam parutan sabun dengan perbandingan 2:3.
  • Selanjutnya uleni adonan tadi menggunakan tangan sampai mudah untuk dibentuk, jika dirasa terlalu keras maka bisa anda tambahkan sedikit air nantinya
  • Setelah bahan siap, silahkan anda bentuk adonan tadi jadi helaian mahkota bunga maupun daun. Untuk bentuknya sesuai selera dan kemampuan anda
  • Siapkan lidi atau sumpit yang kuat untuk menopang kelopak bunga yang dari bahan sabun tersebut pada bagian ujungnya.
  • Jika ada sisa adonan, maka silahkan anda lumurkan pada batang lidi atau sumpit ini agar membentuk sebagai batang daunnya.
  • Lalu silahkan anda rangkai tangkai bunga tadi pada sebuah vas.

Menggunakan tehnik ini memang berdampak pada warnanya yang tidak bisa cerah, karena ini merupakan efek dari campuran tepung tadi. Untuk itu disarankan anda memilih sabun yang memiliki warna mencolok.

2. Dengan Teknik Cetak

Untuk cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah selanjutnya kali ini anda bisa memakai teknik cetak. Dimana ini menjadi cara yang paling mudah karena untuk membuat polanya anda tidak perlu bingung .

Untuk bahan yang digunakan ini adalah sabun batangan dan juga cetakan untuk membuat motif kerajinan sabun sesuai dengan keinginan. Nah untuk langkah-langkahnya anda bisa simak di bawah ini:

  • Silahkan anda parut sabun atau cincang sampai halus
  • Lalu tambahkan sedikit air, dan lelehkan sabun menggunakan microwife atau bisa dengan menggunakan panci dan dipanasi memakai api kecil
  • Jika perlu anda bisa menambahkan pewarna supaya warna sabun lebih hidup, namun campurkan warna ini pada saat adonan sudah diangkat dari atas api
  • Selanjutnya silahkan anda cetak menggunakan cetakan agar-agar, ice-cube, atau yang lainnya sesuai keinginan.
Baca juga:  Diketahui X 1 Salah Satu Faktor Dari Persamaan Suku Banyak

Agar hasilnya maksimal, maka anda bisa menambahkan dengan aksesoris lain pada kerajinan berbahan sabun tersebut.

3. Dengan Teknik Ukir

Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah selanjutnya kali ini adalah dengan teknik ukir, dimana trik ini yang lebih sering digunakan oleh banyak orang karena tidak membutuhkan banyak alat untuk  menerapkannya. Namun kesulitan disini adalah mengasah kreatifitas anda dalam mencipatkan sebuah kerajinan.

Disarankan saat anda mencoba teknik ini adalah menggunakan sabun yang memiliki warna soft, tujuannya adalah bekas ukiran anda ini tidak begitu terlihat oleh kasat mata. Bahan yang anda butuhkan untuk menerapkan cara ini adalah sabun batangan, serta alat untuk mengukir seperti cutter, gunting, silet, atau benda tajam lainnya.

  • Untuk cara menjalankannya, anda terlebih dahulu harus menyiapkan gambar pola dari karakter yang akan anda buat pada kertas
  • Setelah itu silahkan anda gunting lalu tempel diatas sabun batang tadi
  • Setelah itu silahkan anda ukir sabun sesuai dengan pola yang anda buat tadi menggunakan alat ukir
  • Untuk bagian detail kecil pola, maka anda bisa menggunakan benda yang lebih kecil lagi seperti jarum , paku, maupun tusuk gigi
  • Sebagai finishing, maka anda bisa memakai sikat gigi untuk membersihkan serpihan bekas ukiran di sabun
  • Selesai

4. Kerajinan Dari Sabun Berbentuk Kura-kura

Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah selanjutnya ini adalah karakter kura-kura, untuk membuat kerajinan dari sabun ini anda perlu menggunakan teknik ukir tadi. Caranya cukup gampang, karena bentuk dari cangkang kura-kura yang elips sehingga anda bisa mencari sabun dengan bentukr tersebut lalu mengukirnya.

5. Kerajinan Dari Sabun Berbentuk Mobil

Jika anda memiliki anak atau adik laki-laki, maka karakter ini sangat cocok untuk mereka. Untuk membuat kerajinan dari sabun dengan karakter mobil ini memang tricki, dimana untuk mengakalinya anda bisa menggunakan mobil yang sederhana seperti truk. Untuk Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah ini, anda bisa menggunakan tehnik ukir nantinya.

Baca juga:  Soal Matematika Kelas 4 Garis Dan Sudut

6. Kerajinan Dari Sabun Berbentuk Burung Hantu

Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah selanjutnya ini adalah karakter burung hantu.  Dimana untuk membuat kerajinan ini anda bisa mengunakan teknik ukir atau teknik cetak nantinya. Untuk membuat karakter ini memang tidak bisa sembarangan, karena terdapat sejumlah detail yang harus diperhatikan.

7. Kerajinan Dari Sabun Berbentuk Bunga

Dan kerajinan dari sabun berbentuk bunga ini anda bisa menggunakan teknik ukir saja. Namun disini anda membutuhkan dua buah sabun dengan warna berbeda supaya nanti hasilnya lebih menarik.

Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah ini memang tergantung dari kemampuan masing-masing orang, dan sebelum anda membuatnya pastikan mood sedang bagus supaya hasil karya anda bisa maksimal hasilnya.

Untuk anda yang kebetulan memiliki usaha kerajinan dari sabun atau sedang mencari kerajinan dari sabun sebagai souvenir maka bisa coba menjualnya di laman Moselo. Tidak hanya sekedar menjual produk saja, namun anda juga menawarkan jasa pembuatan kerajinan dari sabun ini, siapa tahu ada orang yang ingin request model lain nantinya.

Cara Mengolah Kerajinan Dari Bahan Sabun Yaitu

Sumber: https://moselo.com/blog/cara-membuat-kerajinan-dari-sabun-yang-mudah/