Cara Menyanyikan Lagu Dengan Tempo Cepat

Cantiks.com – Cara Menyanyikan Lagu Dengan Tempo Cepat

Saat kamu bernyanyi yang keluar malah suara-suara sumbang atau nyaring, yang tak enak didengar? Jangan merasa payah dulu, karena tidak semua orang terlahir dengan suara merdu.

Seperti halnya manusia yang dilahirkan berbeda satu sama lain, setiap orang juga memiliki warna suara yang khas, berbeda, dan beragam. Apapun jenis suaramu bisa dilatih agar bernyanyi dengan lebih merdu

Nah, agar kamu dapat bernyanyi lebih merdu, berikut ini 7 cara yang bisa kamu lakukan dilansir dari Music Grotto dan Music Industry How To.

1. Suara yang sehat

Ini 7 Cara Bernyanyi Agar Suara Lebih Merdu, Dijamin Langsung Bisa
Pexels/Gustavo Fring

Seandainya kamu merasa kurang sehat entah itu karena, pilek, batuk, atau sakit tenggorokan, lebih baik jangan memaksakan diri dulu untuk bernyanyi. Suara yang tidak sehat dan dalam keadaan kurang prima, jika dipaksakan untuk tetap bernyanyi malah akan memperburuk suara yang kamu hasilkan dan lebih fatalnya berisiko merusak pita suaramu.

Perlu kamu ketahui, pita suaramu adalah organ penting yang harus kamu jaga jika ingin bernyanyi dengan lebih bagus. Pastikan dulu kamu dalam keadaan sehat, dan nyaman saat akan melakukan aktivitas bernyanyi.

Jangan lupa untuk rajin minum air putih agar pita suaramu terhidrasi.

2. Manajemen pernapasan yang baik

Ini 7 Cara Bernyanyi Agar Suara Lebih Merdu, Dijamin Langsung Bisa
Pexels/Kelvin Valerio

Hal penting yang perlu dihindari jika kamu bersungguh-sungguh ingin menekuni bidang bernyanyi ialah merokok. Rokok berdampak merusak organ pernapasan utama yaitu paru-paru.

Saat bernyanyi kamu memerlukan teknik pernapasan yang baik, teknik pernapasan yang baik didapat dari organ pernapasan yang sehat. Maka dari itu sebisa mungkin hindari merokok.

Baca juga:  Senam Irama Harus Dilakukan Dengan Perasaan

Selain itu, kamu juga bisa berlatih pernapasan diafragma. Caranya cukup mudah, saat kamu mengambil napas, bayangkan udara turun dan memenuhi perutmu, biarkan perut yang mengembang, tapi pastikan dada dan pundak tidak ikut naik.

Dengan pernapasan diafragma kamu bisa menampung lebih banyak udara, ketimbang mengandalkan pernapasan dada. Sehingga kamu tak akan merusak nyanyianmu dengan berhenti di tengah lagu untuk mengambil napas.

3. Bernyanyi dengan lepas dan jelas

Ini 7 Cara Bernyanyi Agar Suara Lebih Merdu, Dijamin Langsung Bisa
Pexels/Andrea Piacquadio

Bernyanyi lepas dan jelas artinya kamu bernyanyi dengan membuka mulut lebar dan yakin, tidak menahan suaramu untuk keluar.

Mungkin kamu malu bernyanyi dengan lepas, takut ditertawakan orang lain, atau lingkungan tempat tinggalmu yang berdekatan satu sama lain, belum lagi orang rumah sedang sakit gigi, sehingga kamu memilih bernyanyi dengan suara yang pelan dan lirih. Hal itu yang membuat suaramu jadi tertahan, alhasil nyanyianmu menjadi kurang merdu dan terdengar ragu-ragu.

Agar kamu bisa lepas dalam bernyanyi pastikan lingkungan sekitarmu mendukung. Cobalah mencari ruang privasi agar kamu bisa menyanyi dengan lepas, misalnya bernyanyi di kamarmu yang terkunci, jangan sampai nyanyianmu malah mengganggu orang lain.


Baca Juga: 5 Manfaat Bernyanyi Ini Wajib Kamu Ketahui, Bisa Bikin Awet Muda Juga!

4. Artikulasi

Ini 7 Cara Bernyanyi Agar Suara Lebih Merdu, Dijamin Langsung Bisa
Pexels/Andrea Piacquadio

Supaya lirik dan makna lagu yang kamu sampaikan dapat dipahami pendengar, maka dari itu kamu harus memilki artikulasi yang baik dan jelas saat bernyanyi. Pengucapan setiap huruf vokal maupun konsonan harus terdengar lugas dan tegas, jangan sampai terdengar redam.

6. Melatih kepekaan pendengaran

Ini 7 Cara Bernyanyi Agar Suara Lebih Merdu, Dijamin Langsung Bisa
Pexels/42 North

Bukan hanya soal cara mengeluarkan suara, dalam bernyanyi kamu perlu melatih kepekaan pendengaranmu. Melatih kepekaan pendengaran bertujuan agar saat kamu bernyanyi, suaramu mampu menghasilkan nada yang tepat, tempo yang pas, dan tidak fals.

Cara melatih kepekaan pendengaranmu cukup dilakukan dengan mendengarkan seksama lagu yang akan kamu coba nyanyikan, belajar alat musik seperti gitar, atau piano, bisa juga dengan latihan
solfeggio.

Latihan-latihan tersebut akan meningkatkan daya kepekaan pendengaranmu, sehingga nyanyianmu akan terdengar lebih merdu, karena nada dan melodi yang kamu hasilkan tepat sasaran.


Baca Juga: 5 Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur!

7. Latih, rekam, dengarkan

Ini 7 Cara Bernyanyi Agar Suara Lebih Merdu, Dijamin Langsung Bisa
Pexels/Andrea Piacquadio

Mulailah latihan bernyanyi saat waktu luang di setiap harinya, itu memungkinkanmu agar terbiasa untuk bernyanyi dengan lebih baik lagi dari hari ke hari. Merekam suaramu saat bernyanyi lalu mendengarkannya kembali, merupakan salah satu cara untuk mengoreksi kesalahanmu saat bernyanyi, sekaligus melatih kepekaan pendengaranmu terhadap nada dan tempo.

Semakin tinggi jam terbangmu dalam bernyanyi, semakin pesat juga perkembangan suaramu, alhasil kamu bisa bernyanyi dengan lebih bagus dan merdu tentunya.

Itulah 7 cara bernyanyi agar suaramu terdengar lebih merdu. Jangan lewatkan setiap langkahnya, berani coba?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Cara Menyanyikan Lagu Dengan Tempo Cepat

Sumber: https://www.idntimes.com/life/inspiration/prasetya-buana/ini-7-cara-bernyanyi-agar-suara-lebih-merdu-dijamin-langsung-bisa-c1c2-1