Carilah Informasi Mengenai Tokoh Tari Dari Daerahmu

Cantiks.com – Carilah Informasi Mengenai Tokoh Tari Dari Daerahmu

Contoh Informasi tentang Tokoh Tari di Daerah, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD MI Halaman 63 Subtema 2 /Pixabay/sizzhot0

PortalJember.com – Artikel ini membahas kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD MI halaman 63 tentang informasi mengenai tokoh tari di daerah, baik pencipta, penari, maupun pemimpin sanggar tari.

Artikel ini disusun guna membantu adik-adik SD MI dalam mengikuti pembelajaran dari rumah di masa pandemi Covid-19.

Jangan lupa memperhatikan langkah-langkah pengerjaan soal di halaman 63 tentang informasi mengenai tokoh tari di daerah, baik pencipta, penari, maupun pemimpin sanggar tari.

Baca Juga: Apa Perbedaan Ciri-ciri Fisik Laki-laki dan Perempuan setelah Masa Pubertas? Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD MI

Tema 7 kelas 6 SD MI subtema 2 “Pemimpin Idolaku” pembelajaran 2 mengajak Adik-adik untuk mengetahui beberapa pemimpin idola di lingkungan sekitar.

>

Pada pembahasan kali ini, kita akan belajar tentang kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 SD MI Tema 7 Subtema 2 “Pemimpin Idolaku” Edisi Revisi 2018 Terbitan Kemendikbud.

Kunci jawaban yang akan dibahas kali ini yaitu jawaban dalam soal subtema 2 pembelajaran 2 halaman 63 tentang informasi mengenai tokoh tari di daerah, baik pencipta, penari, maupun pemimpin sanggar tari.

Sebelum membaca kunci jawaban dalam artikel ini, sebaiknya Adik-adik mengerjakan soal di halaman 63 tentang informasi mengenai tokoh tari di daerah, baik pencipta, penari, maupun pemimpin sanggar tari terlebih dahulu.

Baca Juga: Pokok Pikiran dari Bacaan ‘Komandan Damkar Meninggal saat Menyelamatkan Anak Buahnya’, Tema 7 Kelas 6 SD MI

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 63: Teks “Bagong Kassudiarjo” /

PORTAL PEKALONGAN– Inilah kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD, Teks “Bagong Kassudiarjo” adalah materi yang akan kita pelajari di artikel ini, pada pembelajaran 2 sub tema 2 tema Kepemimpinan.

Adik-adik kelas 6 akan belajar mengenai tema 7 kelas 6 Halaman 58 59 ini kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD, mengenai Teks “Bagong Kassudiarjo”.

Artikel ini akan mengulas kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD pembelajaran 1 sub tema 2 yang bersumber dari buku tematik Kemendikbud revisi 2018, tentang Teks “Bagong Kassudiarjo”.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 58 59: Menyusun Naskah Pidato Sesuai Struktur

Contoh kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD ini, membantu orang tua mendampingi kalian belajar dari rumah.

>

Jadi, sebelum melihat kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD ini, alangkah baiknya mencoba mengerjakan sendiri.

Dapat juga bertanya kepada orang tua.

Berikut pembahasan materi tema 7 kelas 6 SD halaman 63.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD halaman 63

1. Bagong Kussudiardjo

Mengenal Maestro-Maestro Tari Indonesia

Baca juga:  10 Benda Sebelum Ada Listrik Dan Sesudah Ada Listrik

Koreografer dan pelukis kenamaan yang digelari begawan seni ini lahir di Yogyakarta, 9 Oktober 1928. Dalam dunia tari Indonesia, muncul aliran ‘Bagongisme’, yang merujuk pada karakter tarian-tarian khas Bagong. Sebagai pencipta tari dan koreografer, Bagong mampu melahirkan dan membawakan tari-tarian dengan gerak-gerak yang manis, energik, dan hidup. Karya tari Bagong antara lain tari Layang-layang (1954), tari Satria Tangguh, dan Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih (1968), juga Bedaya Gendeng (1980-an).

2. Sujana Arja

Mengenal Maestro-Maestro Tari Indonesia

Menari bagi Sujana Arja merupakan pekerjaan pokok dan hidupnya. Sujana Arja merupakan sosok seniman topeng (maestro topeng) Cirebon yang serba terampil. Usahanya untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia dimulai sejak ngamen di lorong-lorong kampung hingga pertunjukan panggung bergengsi internasional. Ketika remaja (pada tahun 1940an), ia sering ikut bersama grup kesenian pimpinan ayahnya untuk “ngamen” (dalam istilah Cirebon, disebut bebarang). Ia memimpin grup kesenian Panji Asmara.

3. Sasmita Mardawa

Mengenal Maestro-Maestro Tari Indonesia

Sasminta Mardawa atau akrab dipanggil Romo Sas, lahir di Yogyakarta, 9 April 1929. Ia digelari sebagai empu seni tari klasik gaya Yogyakarta. Dia menghadirkan nuansa tersendiri dalam dunia tari klasik Indonesia, khususnya dalam pengembangan tari klasik gaya Yogyakarta. Dia telah menciptakan lebih dari 100 gubahan tari-tarian klasik gaya Yogyakarta, baik tari tunggal untuk putra dan putri, maupun tari berpasangan dan tari fragmen.

4. Didik Nini Thowok

Mengenal Maestro-Maestro Tari Indonesia

Didik Nini Thowok terlahir dengan nama Kwee Tjoen Lian. Ia lahir di Temanggung, Jawa Tengah, 13 November 1954. Didik dikenal sebagai penari, koreografer, komedian, pemain pantomim, penyanyi, dan pengajar. Koreografi tari ciptaan Didik yang pertama dibuat pada pertengahan tahun 1971, diberi judul “Tari Persembahan”, yang merupakan gabungan gerak tari Bali dan Jawa. Selain diangkat menjadi dosen di ASTI, ia juga diminta jadi pengajar Tata Rias di Akademi Kesejahteraan Keluarga (AKK) Yogyakarta.

5. Tjetje Sumantri

Mengenal Maestro-Maestro Tari Indonesia

Seorang pelopor tari kreasi Jawa Barat. Tjetje yang lahir dengan nama Rd. Roesdi Somantri Diputra meniti kariernya sebagai penari tayuban. Kemahiran ini dikuasai berkat ketekunannya mempelajari berbagai jenis tari dan bahkan pencak silat. Masa jayanya mencapai puncak, ketika ia memimpin perkumpulan Rinenggasari (1958-1965). Sampai tahun 1963, ia menyumbang sekitar 44 karya tari. Penerima tanda penghargaan Piagam Wijya Kusumah (1961) itu mengabdikan diri pada seni tari Sunda sampai akhir hayatnya.

6. Gugun Gumbira

Mengenal Maestro-Maestro Tari Indonesia

Seorang penata tari yang berasal dari Jawa Barat ini mengembangkan tari rakyat Ketuk Tilu hingga menjadi sebuah tontonan menarik yaitu tari Jaipongan. Bahkan tari ini sampai dikenal hingga ke mancanegara. Gugun juga mempunyai sanggar tari yaitu Sanggar Tari Jugala yang di khususkan untuk membuat tari-tarian jaipongan. Karyanya antara lain Tari Daun Pulus, Tari Serat Salira, dan Tari Kameutmeut.

Baca juga:  Jelaskan Perbedaan Tendangan Bebas Langsung Dan Tendangan Bebas Tidak Langsung

Pelajari Lebih Lanjut

Mudah-mudahan hal ini cukup menjawab. Apabila ingin mempelajari lebih lanjut, kakak sarankan untuk mempelajari juga hal berikut ini:

1. Materi tentang tokoh-tokoh tari modern, yang ada di link brainly.co.id/tugas/79584. Kemudian juga

2. Materi tentang tokoh-tokoh pencipta tari kreasi, yang ada di link brainly.co.id/tugas/1686660

3. Materi tentang definisi tari menurut tokoh tari, yang ada di link brainly.co.id/tugas/11380953

Detil Jawaban

Kelas: 7 (SMP)

Mapel: Seni dan Budaya

Bab: 5 – Elemen Gerak Tari

Kode: 7.19.5

Kata kunci: tokoh tari, tokoh tari jawa barat, penari, tari kreasi, pencipta tari

Carilah Informasi Mengenai Tokoh Tari dari Daerahmu, Kunci jawaban Tema 7 Kelas 6 SD Halaman 63

TRIBUNSUMSEL.COM
– Carilah informasi mengenai tokoh tari dari daerahmu, baik seorang pencipta tari, penari, atau pemimpin sanggar tari, Sesuai tokoh tari yang ada di daerah masing-masing peserta didik. Alternatif jawaban:

Kunci jawaban Tema 7 Kelas 6 SD Halaman 63

3. Carilah informasi mengenai tokoh tari dari daerahmu, baik seorang pencipta tari, penari, atau pemimpin sanggar tari.

Jawaban:

Sesuai tokoh tari yang ada di daerah masing-masing peserta didik. Alternatif jawaban:

Didik Nini Thowok

Didik Nini Thowok terlahir dengan nama Kwee Tjoen Lian. Lahir di Temanggung, Jawa Tengah, 13 November 1954.

Didik dikenal sebagai penari, koreografer, komedian, pemain pantomim, penyanyi dan pengajar.

Koreografi tari ciptaan Didik yang pertama dibuat pada pertengahan tahun 1971, diberi judul “Tari persembahan” yang merupakan gabungan gerak tari Bali dan Jawa.

Selain diangkat menjadi dosen di ASTI, ia juga diminta jadi pengajar Tata Rias di Akademi Kesejahteraan Keluarga (AKK) Yogyakarta.


Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 kelas 6 SD Hal 37 38 39 40 41 42 43 44, Apa Arti Tanda Tempo Tersebut?


Baca juga: Apa Sumber Daya Menjadi Keunggulan Negara ASEAN?Kunci Jawaban Tema 7 kelas 6 SD Halaman 28


Baca juga: Carilah Informasi Mengenai Peristiwa-peristiwa Berikut, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 35

Halaman selanjutnya arrow_forward

Carilah informasi mengenai tokoh tari dari daerahmu baik seorang pencipta tari, penari, atau pemimpin sanggar tari, pembahasan
kunci jawaban tema 7 kelas 6 halaman 63 sampai 71
tepatnya pada materi pembelajaran 2 Subtema 2 Pemimpin Idolaku.

Baca juga:  Alat Musik Kecapi Berasal Dari Provinsi

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal
Informasi Judul-Judul Karya Tari Ciptaan Pak Bagong Kussudiarjo di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 63

Ayo Menulis

Kamu telah membaca teks “Bagong Kussudiarjo”. Sekarang, kerjakan tugas berikut.

3. Carilah informasi mengenai tokoh tari dari daerahmu, baik seorang pencipta tari, penari, atau pemimpin sanggar tari.

Jawaban
: berikut contoh informasi mengenai tokoh-tokoh,

– Sasmita Mardawa atau akrab dipanggil romo sas, lahir di Yogyakarta pada tanggal 9 April 1929. Beliau digelari sebagai empu seni tari klasik gaya Yogyakarta. Dia menghadirkan nuansa tersendiri dalam dunia tari klasik Indonesia, khususnya dalam pengembangan tari klasik gaya Yogyakarta. Sasmita Mardawa telah menciptakan lebih dari 100 gubahan tari-tari klasik gaya Yogyakarta, baik tari tunggal untuk putra dan putri, maupun tari berpasangan dan tari fragmen.

– Bagong Kusudiarjo Beliau merupakan seorang pelukis dan juga pinata tari dari yogyakarta yang sudah terkenal . Bahkan karyanya telah menyebar keseluruh pelosok nusantara . Tari ini di sukai karena beragam dan berlatar belakang tradisi dari budaya-budaya diseluruh indonesia . Ini adalah karya tarinya yaitu Tari Tani, Tari Batik, Tari Wira Pertiwi, Tari Reog, Tari Keris, Tari Bhayangkari.

– I Wayan Dibia berasal dari Bali. Beliau adalah seniman yang banyak mengembangkan tari gaya Bali, karya beliau yang terkenal adalah Tari Jaran Teji.

– Gugun Gumbira Seorang pinata tari yang juga berasal dari jawa barat ini mengembangkan tari rakyat ketuk tilu menjadi sebuah tontonan yang menarik yaitu tari Jaipongan . Bahkan tari ini sampai di kenal hingga ke mancanegara . Beliau juga mempunyai sanggar tari yaitu Sanggar tari jugala yang di khususkan untuk membuat tari-tarian jaipongan . Karyanya antara lain  Tari Daunpulus, Tari Serat Salira, Tari Kameutmeut.

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, diskusikan cara-cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Kalian dapat mencari informasi dari buku atau menanyakan kepada Bapak/Ibu guru. Jika membuka internet, mintalah untuk didampingi Bapak/Ibu guru. Buatlah kelompok anak-anak perempuan terpisah dari anak laki-laki. Tuliskan hasil diskusimu, lalu diskusikan dengan kelompok-kelompok lain.

Jawaban, buka disini: Cara-Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Masa Pubertas

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 63 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 2 Pemimpin Idolaku di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Carilah Informasi Mengenai Tokoh Tari Dari Daerahmu

Sumber: https://hasilcopa.com/carilah-informasi-mengenai-tokoh-dari-daerahmu-baik-seorang-pencipta-tari-penari-atau-sanggar-tari