Contoh Surat Lamaran Kerja Di Apotek Lulusan Smk

Cantiks.com – Contoh Surat Lamaran Kerja Di Apotek Lulusan Smk

Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek – Dibuat oleh CakeResume

Mencari pekerjaan yang diimpikan adalah tantangan tersendiri bagi setiap orang, tanpa terkecuali seorang lulusan farmasi atau yang biasa kita kenal sebagai apoteker. Lowongan pekerjaan sebagai apoteker sendiri banyak dijumpai di Indonesia karena tidak mungkin manusia selalu sehat seratus persen setiap waktu, sehingga keberadaan para lulusan apoteker sangat dibutuhkan di industri kesehatan.

Terkadang salah satu faktor yang membuat lamaran para jobseeker kurang dilihat oleh perekrut adalah dikarenakan kurangnya informasi mengenai bagaimana cara membuat surat lamaran kerja apoteker yang baik dan benar. Padahal, surat yang hanya berisi sebanyak satu halaman ini merupakan pintu masuk bertemunya seorang jobseeker dan rekruter. Selain itu, penting juga buat kamu untuk menyertakan dokumen-dokumen wajib yang diperlukan sebagai pelengkap dari surat lamaran pekerjaan farmasimu.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung aja lihat isi artikel berikut!

  • Cara membuat surat lamaran kerja di apotek
  • Tips membuat surat lamaran kerja apoteker
  • Contoh surat lamaran pekerjaan di apotek

Kali ini kamu akan dipandu bagaimana cara merangkai surat lamaran kerja apotek yang baik dan benar sehingga kamu memiliki peluang untuk dipertimbangkan oleh si rekruter. Nah, langsung saja yuk ikuti petunjuk berikut ini:

1. Tempat dan Waktu

Pastikan di bagian pojok atas (bisa kiri atau kanan) surat lamaran kerja apotek kamu diawali dengan keterangan tempat dan waktu dimana dan kapan kamu menulis surat lamaran kerja farmasinya.

Contohnya:

Semarang, 18 Oktober 2021

2. Nama Penerima dan Alamat yang dituju

Ketika kamu sedang menulis surat lamaran kerja asisten apoteker misalnya, setelah menuliskan tempat dan waktu, langkah berikutnya yang kamu tulis adalah kepada siapa surat lamaran kerja apotekmu dituju beserta alamat kantornya.

Contoh

Kepada Yth,
Bapak/ Ibu HRD
PT. Indofarma Global Medika, Semarang
Jl. Pamularsih Raya, No. Kav. 67/60
Kec. Semarang Barat, Kota Semarang

3. Salam

Seperti pada umumnya, sebelum kamu menjelaskan maksud dan tujuan di dalam surat lamaran kerja apotekmu, kata-kata salam perlu dicantumkan agar si rekruter merasa dihargai. Umumnya kalimat salam yang dipakai adalah ‘dengan hormat’.

4. Isi Surat

Nah, di bagian isi surat lamaran pekerjaan farmasimu, paling tidak, ada tiga komponen utama yang dibutuhkan untuk ditulis di dalamnya, yakni:

✔️ Maksud dan tujuan

Menulis bagian ini di dalam surat lamaran apotek, tak lepas dari sebuah kata pengantar yang berisikan tentang keinginan untuk melamar pekerjaan yang sedang dicari. Pastikan kamu menuliskan isi dari maksud dan tujuan dengan jelas di surat lamaran kerja apotekermu, agar kamu memiliki peluang yang besar dilirik oleh rekruter.

✔️ Identitas diri

Untuk bagian ini, biodata diri ditulis dengan informasi-informasi secara umum tentang kamu, termasuk tingkatan pendidikan terakhir serta alamat domisili saat ini. Contoh menulis informasi data diri seperti ini:

✔️ Kualifikasi diri

Berikutnya, bagian yang tak kalah penting kamu perlu tuliskan di dalam isi surat lamaran apotek kamu adalah tentang pengalaman kamu yang relevan dengan pekerjaan sebagai apoteker selama ini. Lalu, kamu juga bisa tunjukan kelebihanmu yang bisa mendukung profesimu ketika sudah bekerja.

Contoh surat lamaran kerja apoteker (bagian isi) :

Dengan hormat,

Melalui informasi lowongan pekerjaan sebagai asisten apoteker di PT. Indofarma Global Medika, Semarang dari grup Whatsapp per tanggal 10 Oktober 2021, maka saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar di posisi yang sedang Bapak/Ibu tawarkan. Adapun data diri saya sebagai berikut:

dengan berbekal pengalaman sebagai asisten apoteker di salah satu rumah sakit di Yogyakarta selama 2 tahun, serta memiliki kemampuan komunikasi di dalam pemasaran produk, saya meyakini bahwa pengalaman dan keterampilan ini bisa memberikan peluang baik jika saya diizinkan bergabung bersama PT. Indofarma Global Medika, Semarang.

5. Dokumen Lampiran pada Surat Lamaran Pekerjaan di Apotek

Ketika kamu sedang menulis surat lamaran pekerjaan di apotek, daftar dokumen lampiran lamaran kerja perlu dicantumkan didalamnya. Mengapa? karena dengan adanya dokumen-dokumen ini, setidaknya kamu bisa meyakinkan bahwa kamu adalah kandidat yang memiliki keunggulan atau kelebihan tersendiri di mata rekruter.

Berikut list dokumen yang bisa kamu ikut sertakan di dalam surat lamaran kerja apoteker:

  • Fotokopi KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Pas Foto
  • Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Fotokopi Sertifikat Profesi Apoteker

Untuk bagian sertifikat profesi apoteker, kamu bisa melampirkan sertifikat yang berhubungan dengan profesi ini, misalnya Sertifikasi Kompetensi Profesi Apoteker (SKPA), atau juga yang berupa surat izin seperti Surat Izin Praktek Apoteker (SIPA) dan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA).

6. Kata Penutup

Tuliskan apa yang menjadi harapan terbesarmu ketika melamar pekerjaan sebagai apoteker di dalam surat lamaran ke apotek. Jangan lupa juga menuliskan ucapan terimakasih kepada pihak rekruter agar surat lamaran pekerjaan di apotekmu dapat memberi kesan yang sopan dan baik.

Contoh kata penutup di dalam surat lamaran kerja apotek:

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, besar harapan saya dapat bergabung dan berkontribusi di PT. Indofarma Global Medika, Semarang. Atas perhatian dan kesempatan Bapak/Ibu HRD berikan, saya ucapkan terima kasih.

7. Nama dan tandatangan

Terakhir, bubuhkan nama dan tanda tangan di bagian paling bawah surat lamaran kerja farmasimu. Hal ini menandakan bahwa surat lamaran apotek ini dituliskan oleh kamu dan secara sah dibuktikan dengan tanda tangan kamu sendiri.

Berikut cara menulisnya:

Hormat saya,

Angelina S. Subianto

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Farmasi

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran apotek yang baik dan benar, ada beberapa tips hal yang perlu diperhatikan supaya surat lamaran ke apotekmu bisa semakin sempurna dan unggul dibanding pelamar lainnya. Langsung saja yuk simak poin demi poin di bawah ini.

Singkat, padat, dan jelas.

Dalam penulisan surat lamaran ke apotek tidak perlu bertele-tele. Cukup tuangkan isi lamaranmu secara singkat, padat, dan jelas yang dikemas ke dalam satu lembar kertas ukuran A4.

Tonjolkan kemampuan spesifik yang kamu miliki.

Skill atau kemampuan yang dimaksud disini adalah skill yang berhubungan dengan pekerjaan sebagai apoteker atau di bidang farmasi. Berikut contoh soft skill dan hard skill yang bisa kamu tuliskan di surat lamaran kerja farmasimu.

  • Akuratif
  • Kemampuan Komunikasi
  • Kemampuan interpersonal
  • Kemampuan manajerial
  • Etika kerja
  • Kemampuan menghitung dosis
  • Pengecekan resep
  • Kemampuan Patient Medical Record (PMR)

Penguasaan salah satu bahasa asing

Karena obat-obatan berkaitan dengan bahasa asing, disarankan agar memiliki paling tidak kemampuan berbahasa Inggris khususnya seputar tentang farmasi. Kalau kamu memiliki kemampuan ini pasti akan menjadi nilai plus sehingga ada kemungkinan besar kamu dilirik oleh rekruter ketika melakukan perekrutan pekerjaan.

Pastikan kamu sudah melampirkan dokumen-dokumen wajib

Dari list dokumen wajib yang sudah dituliskan di bagian sebelumnya, kamu bisa memastikan apakah dokumen-dokumen tersebut sudah kamu lampirkan atau belum. Jangan sampai ketika kamu mengirim surat lamaran ke apotek baik via email maupun lainnya ada dokumen yang tertinggal ya.

Lampirkan CV bersamaan dengan cover letter apotekermu.

Ketika kamu sedang mempersiapkan dokumen lampiran di surat lamaran kerja apotekermu, CV merupakan dokumen penting yang patut kamu siapkan dengan baik karena daftar riwayat hidup ini merupakan salah satu dokumen utama ketika melamar pekerjaan sebagai apoteker. Mau tahu bagaimana cara membuat CV yang menarik dan elegan? Yuk, simak contoh cv farmasi berikut ini.

Baca juga:  Contoh Soal Gerbang Logika 3 Variabel

Contoh CV apoteker sebagai staf:

contoh cv apoteker
Contoh CV apoteker + dibuat di cakeresume

Bingung di mana bisa mendapatkan template CV dan bisa langsung download secara gratis? Langsung aja buat CV apoteker kamu di CakeResume. 🎉

Setelah kamu tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja di apotek dan juga tips-tipsnya, untuk memberi gambaran lagi buat kamu, di bagian terakhir ulasan artikel ini, kamu bakalan diberi beberapa contoh surat lamaran kerja apotek agar kamu bisa memiliki referensi lengkap bagaimana mendesain sebuah surat lamaran kerja apotek. Yuk, langsung saja simak beberapa contoh surat lamaran di apotek dengan jenis pekerjaan di bawah ini.

 Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek

  • Contoh surat lamaran apoteker
  • Contoh surat lamaran kerja asisten apoteker
  • Contoh surat lamaran kerja apoteker di rumah sakit
  • Contoh surat lamaran kerja lulusan SMK Farmasi
  • Contoh surat lamaran kerja farmasi dalam bahasa Inggris

Contoh surat lamaran apoteker

Bandung, 18 Oktober 2021

Kepada Yth.:
Bapak/Ibu Pimpinan
Mitra Medika Apotek, Bandung
Jl. Trunojoyo No. 05 Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung 40115
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan  adanya pembukaan lowongan kerja sebagai tenaga apoteker di Mitra Medika Apotek, Bandung per tanggal 15 Oktober 2021, dengan ini saya bermaksud untuk melamar di posisi yang sedang Bapak/Ibu butuhkan. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama


Tempat, tanggal lahir
Pendidikan Terakhir
No. HP
Status
Pendidikan Terakhir

: Candra Sutrisno

: Bandung, 12 Juli 1995

: S1
: 088856434569
: Belum Menikah
: Kali-laki

telah memiliki Sertifikasi Kompetensi Profesi Apoteker (SKPA) dengan pengalaman sebagai asisten dan staf apoteker selama 3 tahun di Jakarta. Dengan didukung keterampilan berkomunikasi yang baik, cepat tanggap, teliti, dan hati melayani, saya meyakini dapat membawa perubahan di tempat yang Bapak/Ibu pimpin saat ini. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung surat lamaran kerja ini:

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Fotokopi Sertifikasi Kompetensi Profesi Apoteker (SKPA)

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan besar harapan dapat diberikan kesempatan untuk bekerja di tempat Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Candra Sutrisno


Format contoh surat lamaran kerja farmasi sebagai apoteker

Contoh Lamaran Kerja di Apotek sebagai asisten

Semarang, 11 Oktober 2021

Kepada Yth,
Bapak/Ibu HRD
Apotek 75 Semarang
City Park Medoho, Kalicari, Kota Semarang 50198
di tempat

Dengan hormat,

Melalui informasi yang beredar di Harian Jawa Pos (5 Oktober 2021) bahwa Apotek 75 Semarang sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai asisten apoteker. Maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan di posisi tersebut. Berikut ini merupakan data diri saya:

Nama


Jenis Kelamin

Tempat, tanggal lahir
Status
No. HP
Pendidikan Terakhir

:Sulistiawati Ningsih

: Perempuan
: Salatiga, 03 Januari 1999
: Belum Menikah

: 0812-xxxx-yyyy
: S1

merupakan lulusan S1 bidang Farmasi dari Universitas Diponegoro dan sudah menyelesaikan sekolah profesi  apoteker selama 1 tahun. Dengan berbekal ilmu pengetahuan tentang pengaturan dosis dan pemakaian obat, serta memiliki kemampuan di bagian manajerial arsip-arsip organisasi kampus, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik sebagai asisten apoteker. Untuk meyakinkan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung surat lamaran kerja yang meliputi:

  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Fotokopi sertifikat peserta Seminar Nasional Apoteker

Besar harapan lamaran kerja ini dapat disetujui dan saya bisa diperkenankan untuk masuk pada tahapan seleksi berikutnya guna menjelaskan profil saya secara detail. Demikian surat lamaran kerja ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sulistiawati Ningsih


contoh surat lamaran kerja ke apotek sebagai asisten

Contoh Surat Lamaran Apotek di Rumah Sakit

Batam, 14 Oktober 2021

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan
BP Batam Hospital
Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 1, Kota Batam, Kepulauan Riau
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pembukaan formasi lowongan ketenagakerjaan di lingkungan BP Batam Hospital tahun 2021, dengan ini saya:

bermaksud untuk melamar pekerjaan dengan posisi sebagai staff apoteker di tempat Bapak/Ibu pimpin. Adapun kualifikasi saya meliputi: sudah memiliki Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA), memiliki surat izin praktek, serta berpengalaman selamat 3 tahun sebagai staff apoteker di salah satu rumah sakit swasta di Palembang. Sebagai bahan pertimbangan lainnya, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung:

  • Daftar riwayat hidup (1 lembar)
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir (1 lembar)
  • Fotokopi transkrip nilai (1 lembar)
  • Fotokopi KTP (1 lembar)
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4 (2 lembar)
  • Fotokopi Surat Tanda Registrasi Apoteker (1 lembar)
  • Fotokopi Surat Izin Praktik Apoteker (1 lembar)
  • Fotokopi sertifikat peserta Seminar Nasional Apoteker (1 lembar)

Demikian surat lamaran ini dibuat dengan sungguh-sungguh serta besar harapan dapat diterima dan bekerja secara profesional di tempat yang Bapak/Ibu pimpin saat ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Valentine S. Hartono


contoh surat lamaran kerja farmasi di rumah sakit sebagai staf apoteker

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Farmasi sebagai Lulusan SMK

Surabaya, 17 Oktober 2021

Kepada Yth.:
Bapak/Ibu Pimpinan
Apotek Kimia Farma
Jl. Arjuno, No. 151, Kec. Sawahan, Kota Surabaya
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan dibukanya lowongan pekerjaan sebagai asisten apoteker di Apotek Kimia Farma, Surabaya, maka saya berniat ingin melamar posisi yang sedang Bapak/Ibu tawarkan. Berikut ini merupakan biodata diri tentang saya:

Nama


Tempat, tanggal lahir
Pendidikan Terakhir
No. HP
Status
Jenis Kelamin

: David Pratama

: Mojokerto, 12 Januari 2004

: SMK Farmasi

: 0813-XXXX-YYYY

: Belum Menikah

: Laki-Laki

sebagai lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi dengan nilai rata-rata memuaskan serta telah memiliki beberapa pengalaman berorganisasi melalui OSIS. Dengan berbekal kedisiplinan, jujur, dan rajin bekerja, maka saya memiliki kepercayaan diri bisa berkontribusi dengan baik di Apotek Kimia Farma, Surabaya. Berikut ini saya sertakan juga beberapa dokumen pendukung:

  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, besar harapan saya dapat bekerja di Apotek Mulyorejo, Surabaya yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

David Pratama


contoh surat lamaran kerja untuk apotek kimia farma sebagai lulusan SMK

Contoh Surat Lamaran ke Apotek dalam Bahasa Inggris

Jakarta, Oct. 21th, 2021

Julius Hariadi

Siloam Hospitals Lippo Village
No. 06 Siloam Rd., Karawaci, Tangerang district, Banten 15811

Phone: +62 21 80641111222

Email: [email protected]

Dear Mr. Julius Hariadi,

I am excited to write this letter to express my interest in the pharmacist position at Siloam Hospitals Lippo Village. I saw your job vacancy ads on Jakarta Post (released on Oct. 19th, 2021) which your requirements are compatible with my work experience. With over 4 years experience in pharmacist field and supported by thorough, diligent, leader, and humble attitudes, I have a good experience of providing the best service to customers, as well as being a health-counselor.

During my previous work as a pharmacist staff at Jakarta Hospital, I was given the trust to supervise and lead a team with two assistants and three pharmacist technicians. Our goals were to process more than 30,000 prescriptions accurately per month, increase sales, be a consultant to patients, and collaborate with doctors, medical staff, and medical insurances.

Hence, regarding my experience, I would like to be happy to provide these professional skills to your pharmacy place and together to achieve your target and goals in the future. I believe that I am a strong candidate in this position and ready to give the best contribution in your hospital. I look forward to discussing with you and hell your division particularly. Thank you for your opportunity.

Sincerely,
Andi Setiadi


contoh surat lamaran kerja farmasi dalam bahasa inggris



— Ditulis Oleh Desman Perdamaian Gulo —

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Apotek Lulusan Smk

Sumber: https://www.cakeresume.com/resources/surat-lamaran-kerja-apotek?locale=en