Dibawah Ini Yang Bukan Termasuk Gaya Renang Adalah

Cantiks.com – Dibawah Ini Yang Bukan Termasuk Gaya Renang Adalah

Berbeda dibanding dengan macam-macam gaya renang lainnya, renang gaya punggung atau

backstroke

menggunakan punggung sebagai tumpuan. Dokter merekomendasikannya sebagai
teknik renang untuk penderita masalah punggung, hal ini guna memperkuat otot punggung.

Secara umum gerakan renang gaya punggung mirip seperti gaya bebas. Secara lebih jelasnya, Anda bisa simak langkah-langkah renang gaya punggung di bawah ini.

  • Mengapung dengan posisi telentang, telinga tepat di air, dan mata melihat ke atas. Lalu regangkan tubuh Anda selama mungkin.
  • Luruskan kaki dan kemudian tendang kaki Anda ke atas dan ke bawah secara bergantian. Bagian lutut harus tetap berada di bawah air dengan jari-jari kaki membuat percikan kecil. Tendang kaki Anda dengan cepat dan terus-menerus.
  • Mulailah dengan lengan terentang ke sisi tubuh Anda. Tarik lengan ke arah luar air dengan bagian ibu jari terlebih dahulu, kemudian luruskan hingga ke atas bahu.
  • Selanjutnya, masukkan tangan Anda ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dahulu. Dorong lengan Anda di bawah air sampai ke paha. Lakukan gerakan terus-menerus saat satu lengan masuk ke dalam air, lengan yang lain siap keluar dari paha.
  • Anda bisa mengambil napas secara teratur jika diperlukan, atau setidaknya sekali selama gerakan mendayung.

4. Renang gaya kupu-kupu (butterfly stroke)

Gaya kupu-kupu atau

butterfly stroke

bisa dikatakan sebagai jenis gaya renang paling sulit. Renang
gaya kupu-kupu paling ampuh menurunkan berat badan
karena paling banyak menguras kalori. Untuk melatih renang gaya kupu-kupu, Anda disarankan berlatih bersama instruktur untuk bisa melakukannya dengan benar.

Berikut langkah renang gaya kupu-kupu yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

  • Mengapung dengan bagian perut dan wajah menghadap air, kemudian regangkan tubuh Anda selama mungkin.
  • Gerakkan tubuh Anda dari kepala hingga ujung kaki, dengan gerakan mencambuk, menekuk, dan meluruskan lutut, mirip seperti gerakan lumba-lumba berenang. Pastikan Anda menjaga kedua kaki tetap berdekatan.
  • Masukkan kedua tangan ke dalam air secara bersamaan dengan posisi lengan sejajar dengan bahu Anda. Lalu, dayung lengan Anda hingga ke pinggul untuk menciptakan dorongan. Tarik lengan Anda ke atas permukaan air dan siap untuk memulai lagi.
  • Untuk menarik napas, dorong dagu Anda ke permukaan air menjelang akhir dorongan. Saat lengan Anda kembali masuk ke air, kembalikan wajah Anda ke dalam air dan buang napas.
Baca juga:  Lengkapi Pasangan Berurutan Berikut Sehingga Menjadi Selesaian Dari Persamaan

Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh

Berenang memiliki beberapa keunggulan dibanding jenis olahraga lainnya, seperti bisa dilakukan siapa saja, bisa menguatkan seluruh otot tubuh, serta risiko cedera minim.

Berikut manfaat berenang dengan macam-macam gaya yang Anda lakukan baik bagi kesehatan tubuh.

  • Memberikan latihan menyeluruh pada tubuh, karena hampir semua otot bergerak aktif selama berenang.
  • Mengurangi beberapa dampak stres, serta membuat tubuh lebih rileks.
  • Meningkatkan koordinasi, keseimbangan, kelenturan, dan postur tubuh.
  • Membantu menjaga dan
    mengurangi berat badan
    dengan lebih banyak membakar kalori dibanding olahraga lainnya.
  • Memberikan terapi yang memiliki dampak positif pada beberapa cedera dan kondisi, seperti kaki terkilir.
  • Membantu mencegah berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung, paru-paru, stroke, dan diabetes tipe 2.
  • Memungkinkan berolahraga tanpa keringat, berkat efek air yang mendinginkan kondisi tubuh secara terus-menerus.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berenang

Berenang adalah aktivitas yang mudah, memiliki segudang manfaat, dan dapat dilakukan siapa aja. Sebelum memulai, Anda perlu memiliki
perlengkapan renang, seperti baju atau celana renang, kacamata renang,

pull buoys
, pelampung (
kickboard
), dan kaki katak (
fins
).

Lihat Foto

Perenang Indonesia Adrianida Saleh memacu kecepatan saat bertanding cabang olahraga Modern Pentathlon Asian Games ke-18 Tahun 2018 di SMA Adria Pratama Mulya, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (31/8/2018). Adrianida berada pada posisi 10 dengan catatan waktu 2 menit dan 21.39 detik.

KOMPAS.com
– Berenang adalah salah satu aktivitas olahraga yang sangat menyenangkan serta banyak manfaatnya.

Berenang juga tidak hanya sekadar menceburkan diri ke dalam air saja. Namun, berenang juga bisa dilakukan dengan berbagai gaya.

Ada empat macam gaya renang, yaitu gaya bebas (freestlye), gaya dada (breaststroke), gaya punggung (backstroke) dan gaya kupu-kupu (butterfly stroke).

Baca juga:  Berdasarkan Keterangan Keterangan Tersebut Yang Dimaksud Adalah

Berikut gaya yang ada dalam olahraga renang dan sering digunakan untuk perlombaan:

Gaya bebas (freestyle)

Baca juga: Perbedaan Renang Gaya Dada untuk Sprint dan Distance Swimming

Gaya renang bebas ini merupakan gaya renang paling mudah untuk dilakukan. Selain itu, gaya bebas ini merupakan gaya tercepat dalam renang jika dibandingkan dengan lain.

Gaya bebas adalah gerakan yang dilakukan dengan cara menelungkupkan badan, dimana tangan dan kaki melakukan tarikan dan tendangan air.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam gaya bebas adalah mempertahankan wajah dan pandangan mata ke depan.

Berenang dengan memakai gaya bebas ini memiliki manfaat. Di mana bisa membakar kalori dalam tubuh dengan cepat serta melatih otot tangan.

Gaya dada (breaststroke)

Gaya renang yang satu ini sangat unik. Sebab, gerakan gaya renang dada ini mirip dengan cara katak berenang saat di air.

Gaya dada merupakan teknik berenang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air lalu dikombinasikan dengan gerakan kaki dan tangan.

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh berbagai dari mulai anak kecil hingga dewasa. Olahraga yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat seperti menambah tinggi badan, nafas yang bertambah panjang hingga meningkatkan ketahanan tubuh karenanya seluruh otot dalam tubuh bergerak sepenuhnya ketika Anda sedang berenang. Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai macam gaya berenang yang akan menjadi referensi untuk Anda yang menyukai olahraga berikut:

Renang Gaya Dada – Breast Stroke

Gaya dada atau lebih popular dengan sebutan gaya katak merupakan gerakan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air,dan batang tubuh selalu dalam kondisi tetap. Gerakan kedua belah kaki menendang ke luar sementara itu kedua belah tangan lurus ke depan. Kemudian kedua belah tangan ke samping seperti membelah air, gerakan badan atau tubuh meniru seperti katak yang sedang berenang, sehingga renang gaya dada juga disebut dengan gaya katak.

Renang Gaya Punggung – Back Stroke

Pada gaya renang ini dilakukan dengan posisi punggung yang menghadap permukaan air bukan. Sehingga untuk melakukan pernafasan pada gaya punggung cukup mudah karena hidung dan mulut Anda berada di luar permukaan air. Akan tetapi, pada gaya ini perenang hanya dapat melihat atas dan tentunya tidak dapat melihat ke depan. Saat dalam perlombaan, perenang memperkirakan dinding tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang dilakukan dan start yang dilakukan yaitu didalam kolam renang. Dalam renang gaya punggung, gerakan kaki dan lengan sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.

Baca juga:  Tuliskan Empat Subsistem Utama Dalam Sig

Renang Gaya Kupu-kupu – Butterfly

Gaya kupu-kupu ini sering disebut juga dengan gaya lumba-lumba. Cara untuk melakukan gaya kupu-kupu atau lumba-lumba ini adalah dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, lalu secara bersamaan kedua belah lengan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayun kedepan. Sementara itu kedua kaki digerakkan ke bawah dan ke atas, seperti gerakan sirip ekor yang terdapat di ikan atau lumba-lumba. Untuk pernafasan dapat dihirup lewat mulut pada saat kepala berada di luar air dan dihembuskan kuat-kuat dari hidung dan mulut sebelum kepala muncul dari air. Bagi pemula gaya yang satu ini akan menyulitkan.

Renang Gaya Bebas – Free Style

Renang dengan gaya bebas merupakan gerakan renang yang banyak orang-orang gunakan karena gerakannya yang simple, mudah dipahami, dan mudah untuk dilakukan. Cara berenang dengan gaya ini adalah posisi dada menghadap kedalam permukaan air. Sedangkan kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh dengan kuat agar memperoleh kecepatan penuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Kemudian ketika berenang dengan gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air dan ketika hendak mengambil nafas dilakukan pada saat salah satu lengan ke luar lalu badan menjadi miring dan kemudian kepala berpaling ke samping. Perlu diketahui bahwa gaya bebas ini merupakan gaya berenang paling cepat dibandingkan dengan gaya lainnya.

Jadi mana yang menjadi gaya favoritmu?

Dibawah Ini Yang Bukan Termasuk Gaya Renang Adalah

Sumber: https://apamaksud.com/dibawah-ini-yang-bukan-termasuk-macam-macam-gaya-renang-adalah