Gambar Struktur Lewis Senyawa So2 Yang Paling Tepat Adalah

Cantiks.com – Gambar Struktur Lewis Senyawa So2 Yang Paling Tepat Adalah

Struktur Lewis pada senyawa SO₂ terdapat

  • ikatan kovalen rangkap dua
  • ikatan kovalen koordinasi

Pembahasan

Pada tahun 1916, ilmuan bernama Lewis dan Langmuir menyatakan bahwa unsur gas mulia sukar untuk bereaksi dengan unsur yang lainnya ataupun dengan unsur sejenisnya, hal ini karena elektron valensinya sudah penuh. Sehingga unsur yang paling stabil adalah unsur gas mulia (golongan VIIIA). Pada konfigurasi elektron gas mulia, elektron valensi gas mulia sudah penuh yaitu delapan (oktet) kecuali He yaitu dua (duplet.). Oleh karena itu selain gas mulia, unsur-unsur yang lain tidak ditemukan dalam keadaan unsur bebas tetapi sebagai senyawa, karena tidak stabil dalam keadaan unsur bebas.

₂He = 2

₁₀Ne = 2. 8

₁₈Ar = 2. 8. 8

₃₆Kr = 2. 8. 18. 8

₅₄Xe = 2. 8. 18. 18. 8

₈₆Rn = 2. 8. 18. 32. 18. 8

Aturan duplet berlaku jika unsur yang melepas atau menerima elektron membentuk kestabilan (konfigurasi elektron) seperti unsur gas mulia He (2). Sedangkan aturan oktet berlaku jika unsur yang melepas atau menerima elektron membentuk kestabilan (konfigurasi elektron) seperti unsur gas mulia Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn (8).

Susunan elektron valensi suatu atom yang digambarkan dengan menggunakan titik (dot). Struktur lewis digambarkan dengan menggunakan titik (dot) yang mengelilingi simbol unsur pada masing-masing sisi yaitu kanan, kiri, atas, dan bawah.

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karen adanya pemakaian elektron bersama antar dua atom. Pemakaian elektron bersama terjadi pada unsur non logam dengan unsur non logam. Proses pembentukan ikatan kovalen digambarkan dengan rumus lewis dari rumus lewis tersebut kita  dapat mengetahui rumus strukturnya dengan cara mengganti sepasang elektron ikatan dengan garis.

Baca juga:  Pelindung Kaca Mobil Dari Sinar Matahari

adalah ikatan kovalen yang hanya melibatkan sepasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap atom hanya saling memberikan satu elektron kemudian digunakan bersama-sama. Karena elektron yang terlibat hanya sepasang maka digambarkan dengan satu garis.

adalah ikatan kovalen yang melibatkan dua pasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap atom saling memberikan dua elektron yang kemudian digunakan bersama. Karena terdapat dua pasang elektron maka digambarkan dengan dua garis.

Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen di mana pasangan elektron yang dipakai bersama hanya disumbangkan oleh satu atom, sedangkan atom yang satu lagi tidak menyumbangkan elektron. Ikatan kovalen koordinasi hanya dapat terjadi jika salah satu atom mempunyai pasangan elektron bebas (PEB). Ikatan kovalen koordinasi dilambangkan dengan tanda panah (  ) yang menyatakan sumber pasangan elektron yang dipakai bersama.

Proses pembentukan ikatan SO₂

Konfigurasi elektron S (Z=16) dan O (Z=8)  adalah:

S : 2. 8. 6 (memerlukan 2 elektron untuk mencapai kestabilan oktet/8)

O : 2. 6 (memerlukan 2 elektron untuk mencapai kestabilan oktet/8)

Oleh karena itu,agar antara atom S dan atom O dapat berikatan sehingga stabil membentuk oktet. Maka atom S harus memasangkan 2 elektron, sedangkan atom O hanya memasangkan 2 elektron. Maka, atom O (1) berikatan dengan S untuk mencapai kestabilan oktet (8) dengan pemakaian elektron bersama 2 elektron. Hal ini menyebabkan atom S sudah mencapai kestabilan oktet/8, sedangkan masih terdapat 1 atom O yang belum mencapai kestabilan.

Pada atom S masih terdapat 4 elektron atau 2 pasangan elektron bebas yang belum, karena dari 6 elektron valensi atom S 2 elektron sudah digunakan untuk berikatan dengan atom O (1).

ingat :
Ikatan kovalen koordinasi hanya dapat terjadi jika salah satu atom mempunyai pasangan elektron bebas (PEB).

Atom O (2) mencapai kestabilan dengan membentuk ikatan kovalen koordinasi dengan atom S karena adanya PEB. Maka 1 pasangan eelktron bebas (PEB) yang dimiliki oleh atom S digunakan untuk berikatan dengan atom O (2) sehingga atom S hanya memiliki 1 pasangan elektron bebas (PEB).

Baca juga:  Showcase Yang Bagus Dan Hemat Listrik

Gambar Proses pembentukan ikatan kovalen SO₂ dapat dilihat pada lampiran

Dari gambar struktur lewis, dapat dilihat bahwa senyawa SO₂ terdapat 1 ikatan kovalen rangkap 2 dan 1 ikatan kovalen koordinasi.

———————————————-

Mapel : Kimia

Bab : Ikatan kimia

Kelas : X

Semester : 1

Kode : 10.7.4

Kata kunci :  ikatan kimia, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, ikatan kovalen rangkap dua, pemakaian elektron bersama, struktur lewis


1. 4AL +302 2AL2 O32.N2+3H2 AN H3​


Contoh resonansi positif


akibat penggunaaan pupuk kimia secara berlebihan terhadap siklus air adalah


Suatu fase zat yang biasa diangkat dengan nama aq diartikan sebagai


bismillah… mohon bantuannya 🙂 ​


bantu jawab dong plis buat besok​


tolong dibuat cara kimia soalnya mudah kok bagi anda bagi saya ndak mweheheh​


sebutkan zat yang merupakan golongan senyawa hidrokarnon yang terdapat pada 1. minyak bumi 2. kayu 3. gas lpg 4. daging e. batuan


setarakanlah reaksi 3C2H5OH + 2Na2Cr2O7 + 8H2SO4 -> 3 CH3COOH + 2 Cr2(SO4)2 + 2 Na2SO4 + 11 H2O tlg dong….


unsur penyusun senyawa ion, senyawa kovalen polar, dan senyawa kovalen polar

16S dengan konfiguasi 2, 8, 6 memiliki kecenderungan untuk menangkap 2 elektron. Sedangkan 😯 dengan konfigurasi 2, 6 memiliki kecenderungan juga untuk menangkap 2 elektron. Sehingga seharusnya ketika S berikatan dengan O akan membentuk SO, sesuai kebutuhan.

Namun ketika membentuk SO2, maka atom S akan mengikat 2 atom O, dimana yang satu berikatan kovalen sejati sedangkan atom O yang lain diikat secara kovalen koordinasi, ditandai dengan hanya S yang menyerahkan pasangan elektron untuk digunakan berikatan bersama dengan O.

Gambar Struktur Lewis Senyawa So2 Yang Paling Tepat Adalah

Sumber: https://apaartidari.com/gambar-struktur-lewis-senyawa-so2-yang-paling-tepat-adalah-nomor-atom-s16o8