Harga Emas 700 Karat Hari Ini

Cantiks.com – Harga Emas 700 Karat Hari Ini

Apa Arti Kadar/Karat Emas 9K, 14K, 17K, 18K, 24K, 375, 700, 750 dan LM?

Cincin emas bertabur berlian koleksi Fifth Bloom. Sumber foto: Fifth Bloom

Kadar emas atau karat emas menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan sebelum membeli perhiasan. Hal ini bukan hanya menentukan harga sebuah perhiasan, tetapi juga ketahanan dan kekuatannya. Selama ini toko-toko perhiasan menjual perhiasan emas dengan kadar 9K, 14K, 18K hingga 22K, apa artinya?

Arti Kadar & Karat Emas

Kadar emas merupakan jumlah kandungan emas murni pada perhiasan. Sebab biasanya perhiasan emas sudah dicampur dengan bahan-bahan lain. Seperti diketahui emas murni (100%) memiliki kadar 24 karat.

Kadar emas dinyatakan dalam istilah karat, seperti 9 karat (9K), 14 karat (14K), 18 karat (18K) hingga 24 karat (24K). Kadar emas juga dinyatakan dalam persen (%). Semakin tingga kandungan emas, tentunya makin tinggi harga jualnya.

Di pasaran Indonesia juga dikenal istilah emas tua dan emas muda. Hal ini juga mengacu pada kadar emas perhiasan. Emas disebut sebagai emas tua tak hanya jika memiliki kadar 24 karat. Emas 18 karat ke atas pun pun juga disebut sebagai emas tua.

Sementara perhiasan emas 9K seringkali diasosiasikan dengan emas muda. Perhiasan dengan kadar emas ini, kandungan bahan campurannya lebih tinggi daripada kandungan emasnya.

Baca juga:  Sebutkan Macam Macam Pensil Berdasarkan Tingkat Ketebalan Goresannya

Mengapa perhiasan emas memiliki campuran logam lain? Apakah ada perhiasan dengan kadar emas 24K?

Tak ada produsen perhiasan yang membuat perhiasan emas 24K. Perlu diketahui bahwa emas memiliki sifat yang lunak. Sehingga semakin tinggi kadar emasnya, semakin lunak pula perhiasan tersebut. Sebab itulah, perhiasan akan lebih mudah tergores atau pun berubah bentuk apabila terkena benturan.

Risiko kerusakan akan semakin meningkat jika perhiasan dihiasi dengan elemen-elemen lain seperti berlian atau pun batu permata lainnya. Permata atau berlian tersebut akan lebih mudah terlepas. Sebab itulah, perhiasan emas dicampur dengan logam lain agar menjadi lebih kuat, tidak mudah tergores dan tahan lama.

Check koleksi cincin tunangan berlian GIA :

fifthbloom

Baca juga :
Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Perhiasan untuk Anak-anak dan Bayi

Emas 9K & Emas 375

Tak hanya dalam karat, kadar emas juga dinyatakan dalam persen (%). Semakin tinggi persentasenya, semakin tinggi pula harga perhiasan emas tersebut. Misalnya saja emas 375, emas 700 dan emas 750. Ini berarti emas 375 = kadar emas 37,5%; emas 700 = kadar emas 70%; emas 750 = kadar emas 75%. Biasanya angka ini digunakan sebagai cap pada perhiasan.

Emas 9 karat sama dengan emas 375. Hal ini diperoleh dari hitungan sederhana 9/24 x 100% = 37,5 %. Perhiasan emas 9K seringkali diasosiasikan dengan emas muda.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kadar emas perhiasan ini kurang dari 50%, yakni tepatnya 37,5%. Sisanya, yakni sebesar 62,5% adalah campuran logam lain seperti perak, tembaga dan lain-lain.

Jika kalian menginginkan perhiasan emas 9K yang dihiasi berlian, segera cek koleksi Fifth Bloom. Kami menyediakan berbagai perhiasan 9K, mulai dari cincin, anting gelang hingga liontin.

Baca juga:  Objek Kajian Sosiologi Ditunjukkan Oleh Nomor

Harga yang ditawarkan pun beragam dan pastinya nggak akan bikin kantong jebol. Perhiasan emas 9K dengan berlian dari Fifth Bloom dibanderol mulai harga Rp 2 jutaan.

Cek harga perhiasan emas muda (9K) :

Baca juga :
7 Cara Unik untuk Melamar Wanita Pujaanmu. Si Dia Pasti Langsung Bilang ‘I Do’!

Emas 14K & Emas 585

Perhiasan dengan cap 585 memiliki kadar emas 14K. Perhiasan ini jarang ditemukan di pasaran Indonesia. Kalau pun ada, biasanya diproduksi secara
custom
atau dari luar negeri (daerah bagian Barat).

Bukan tanpa sebab, orang-orang dari Amerika Serikat, Australia dan negara-negara Eropa lebih menyukai perhiasan 14K karena memiliki struktur yang lebih kuat dan tahan benturan. Sehingga mereka cenderung membeli cincin tunangan atau pun cincin kawin 14K.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Emas 17K & Emas 700

Emas 17K atau emas 700, menjadi salah satu kadar perhiasan emas populer di pasaran Indonesia. Perhiasan ini memiliki kadar emas murni sebanyak 70% dan 30% campuran.

Baca juga :
Dari yang Manis Hingga Ekstrem, Ini 8 Cara Unik Merayakan Ulang Tahun Pernikahan

Emas 18K & Emas 750

fifthbloom

Perhiasan emas dengan kadar 750. Sumber foto: Fifth Bloom

Perhiasan dengan cap 750 memiliki kadar emas 18K. Perhiasan yang masuk kategori emas tua ini menjadi pilihan favorit di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Biasanya orang-orang yang mencari cincin kawin atau cincin tunangan akan memilih perhiasan emas 18K.

Emas 18K juga jadi pilihan populer untuk perhiasan yang dihiasi berlian atau batu-batu berharga lainnya. Industri perhiasan di Asia pun mayoritas memproduksi perhiasan emas dengan kadar ini.

Para ahli perhiasanjuga menilai kadar emas terbaik yang pada umumnya digunakan untuk perhiasan adalah 75% atau 18K. Pada kadar ini, campuran lain yang sejumlah 25% diyakini cukup membuat perhiasan lebih kuat, sehingga lebih tahan banting dan tak mudah berubah bentuk.

Kalian bisa menemukan begitu banyak koleksi perhiasan emas 18K dari Fifth Bloom. Mulai dari cincin tunangan, cincin kawin, anting-anting, gelang hingga liontin. Kalian pun bisa memilih jenis emasnya,
yellow gold, white golddan
rose gold.

Di Fifth Bloom kalian tak hanya bisa memilih desain cincin yang tersedia, kalian juga bisa meng-custom
desain cincin impianmu. Kalian bisa coba fitur ‘buat sendiri cincin tunanganmu’ lewat website kami atau
klik di sini. Kami akan membantu menentukan cincin yang seuai dengan keinginan dan
budget
kalian. Konsultasinya pun gratis!

Baca juga :
5 Bulan Baik untuk Menikah di Tahun 2022. Wajib Dicatat!

Emas 24K & Emas Logam Mulia (LM)

Emas 24K merupakan kadar emas tertinggi. Tingkat kemurnian emas ini adalah 99% dan biasa disebut logam mulia (LM) / emas batangan. Salah satu produsennya adalah ANTAM.

LM biasanya dijual dalam bentuk batangan. Ukurannya pun beragam, mulai dari 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram hingga yang paling besar yakni 1000 gram. Biasanya produk ini memiliki sertifikat resmi. Emas jenis ini seringkali jadi pilihan investasi.

Harga Emas 700 Karat Hari Ini

Sumber: https://www.fifthbloom.com/artikel/apa-arti-kadar-karat-emas-9k-14k-17k-18k-24k-375-700-750-dan-lm