Ide Pokok Dalam Paragraf Diatas Terletak Pada

Cantiks.com – Ide Pokok Dalam Paragraf Diatas Terletak Pada

Halo Sobat Zenius, inget nggak nih pernah dapat soal tentang letak ide pokok pada bacaan? Kadang suka bingung ya karena semua berasa bener aja. Wah, berarti elo belum jeli melihat poin utama paragraf. Yuk, belajar cara mencari ide pokok paragraf di artikel ini.

Dalam sebuah tulisan, apapun bentuknya, ada suatu gagasan atau ide pokok paragraf yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembacanya. Karena bagaimanapun dari ide itulah tulisan terbentuk.

Gagasan utama dalam bacaan bisa diletakkan di awal, akhir, awal dan akhir, maupun di semua bagian paragraf. Dari semua cara meletakkan gagasan utama, mana yang lebih baik?

Kalau tulis ide di awal tulisan berarti telah menyajikan inti pembahasan, jadi pembaca merasa dia telah mengetahui inti tulisan kan? Tetapi kalau tulis ide di akhir mungkinan pembaca akan bosan dan nggak baca tulisan sampai selesai. Berarti paragraf campuran menjadi solusi terbaik dong?

Belum tentu, lho. Dari pada bingung-bingung mending kita mulai belajar tentang apa itu ide atau gagasan pokok bacaan ya.


Pengertian Ide Pokok

Ide pokok sering juga dikenal dengan istilah gagasan utama. Ide pokok paragraf adalah topik pembahasan dari suatu paragraf. Nah, kalimat-kalimat lainnya adalah kalimat penjelas.

Misal nih, elo nemu artikel bicara tentang harga minyak yang naik di pasaran. Lalu, dijelaskan pula penyebab dari kenaikan tersebut. Selain itu bisa elo baca juga akibat dari naiknya harga minyak.

Gagasan utama pada bacaan di atas adalah harga minyak naik. Keterangan tentang penyebab dan akibatnya merupakan kalimat penjelasnya.

Baca juga:  Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Menentukan Jumlah Penari

Ahh gampang ini mah. Penulis pasti meletakkan ide pokok pada awal paragraf, kan? Jangan langsung berasumsi gitu dong.

Tadi udah gue bilang kan letak ide utama bisa di awal, di akhir bahkan campuran. Elo bisa tahu cara menentukan gagasan utama kalau elo sudah kenal dengan 4 paragraf di bawah ini.


Macam-Macam Ide Pokok

Ilustrasi ide pokok paragraf (Arsip Zenius)

Belajar tentang macam ide pokok membantu untuk tahu di manakah kita dapat menemukan pokok pikiran suatu paragraf. Pembahasan di bawah berhubungan dengan letak ide pokok bacaan.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya disampaikan di awal tulisan. Karena disampaikan di awal, alur tulisannya pun menjadi khusus – umum.

Paragraf Induktif

Paragraf Induktif adalah paragraf yang ide pokoknya terletak di akhir bacaan. Karena letak idenya ada di akhir, alurnya pun menjadi umum ke khusus.

Contoh paragraf deduktif dan induktif bisa elo lihat di sini ya.

Sebelum lanjut ke jenis paragraf selanjutnya, coba elo lihat letak perbedaan paragraf deduktif dan induktif. Untuk paragraf deduktif ide utamanya ada di awal bacaan atau tulisan. Sedangkan, letak ide pokok pada paragraf induktif berada di
akhir tulisan.

Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah perpaduan antara deduktif dan induktif. Gagasan utama ada di awal dan akhir tulisan. Alurnya pun menjadi khusus ke umum lalu ke khusus lagi.

Paragraf Deskriptif

Sedangkan kalau ide pokok yang ingin disampaikan ada di seluruh paragraf, paragraf itu berarti paragraf deskriptif.

Penggunaan induktif, deduktif, maupun campuran sebenarnya tidaklah berbeda jauh selain letak ide pokoknya saja. Semua adalah selera dari penulis apakah dia cenderung ingin meletakkan ide di awal, akhir, atau malah di awal dan akhir.

Baca juga:  Zigurat Pada Dasarnya Merupakan Sebutan Lain Untuk Bangunan

Tidak ada peraturan yang memaksa bahwa untuk menulis satu tulisan tertentu harus meletakkan ide di awal ataupun akhir.

Ilustrasi Ide pokok bacaan (Dok.Pixabay)
Anak-anak membaca bacaan (Dok. Pixabay)


Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Elo mungkin mikir cara menemukan suatu pokok gagasan paragraf melalui dengan cara membaca. Ya nggak salah sih, tapi masih ada beberapa langkah lain yang harus elo ikutin.

Membaca Bacaan dengan Cermat dan Teliti

Langkah awal menentukan ide pokok bacaan adalah tentu saja membaca. Elo bisa baca paragrafnya pelan-pelan agar bisa memahami topik bacaan.

Dari sini elo bisa dapet kalimat utamanya sekaligus kalimat penjelasnya. Intinya, kalimat utama bisa jadi ide utamanya dan akan terus dibahas di kalimat penjelasnya

Menentukan Jenis Paragrafnya

Tadi kan kita sudah belajar tentang macam-macam ide pokok. Gue bilang kan materi itu penting karena bisa jadi salah satu cara mencari ide pokok bacaan.

Bagaimana cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf adalah dengan mengamati jenis atau macam paragrafnya.

Setelah elo baca dengan seksama, elo akan sadar ada satu kalimat yang merangkum topik pembahasan bacaan tersebut. Sesuai jenisnya mungkin letaknya di akhir, di awal atau pun campuran keduanya.

Mencari kata kunci atau kalimat utama

Namun, kadang elo ketemu contoh soal yang isi paragrafnya panjang sehingga elo bakal kehabisan waktu kalau jawab soal kayak gitu di ujian. Menentukan gagasan pokok paragraf juga bisa elo lakukan dengan menemukan kata kunci atau kalimat utama.

Elo bisa pakai teknik membaca cepat sehingga elo gak buang-buang waktu untuk cari kata kunci atau kalimat utamanya.

Hampir sama dengan cara sebelumnya, kalimat utama pasti menjadi kalimat yang akan dijelaskan lebih dalam oleh kalimat lainnya dalam paragraf. Di dalam kalimat utama juga biasanya mengandung kata kunci.

Baca juga:  Terhadap Teman Yang Berbeda Suku Sebaiknya Kamu Bersikap

Kata kunci ini biasanya menjadi topik pembahasan di bacaan tersebut. Tak jarang kata ini kerap dipakai di sepanjang paragraf.

Gitu deh Sobat Zenius, cara mencari ide pokok bacaan. Oh iya, untuk pembahasan video yang nggak kalah menarik, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

Cara Menentukan Ide Pokok dari Suatu Paragraf 9

Gue harap setelah membaca artikel ini elo bisa menentukan gagasan utama suatu bacaan dengan lebih mudah. Masih punya pertanyaan atau ada soal yang nggak ngerti cara jawabnya, bisa langsung cuss komen di bawah ya.

Semangat terus belajarnya!

Youtube Zenius Education

Originally Published:

January 10, 2020


Updated by:

Silvia Dwi

Ide Pokok Dalam Paragraf Diatas Terletak Pada

Sumber: https://www.zenius.net/blog/ide-pokok-paragraf-induktif-deduktif