Innallaha Ala Kulli Syaiin Qodiir Artinya

Cantiks.com – Innallaha Ala Kulli Syaiin Qodiir Artinya

Kapanlagi Plus
– Setiap manusia yang hidup di dunia, mempunyai rezeki dan nikmat. Atas rezeki dan nikmat tersebut, manusia diwajibkan untuk selalu bersyukur. Khusus bagi umat muslim, biasanya kalimat syukur diungkapkan dengan ungkapan alhamdulillah. Namun, ada pula yang bersyukur dengan menyebut alhamdulillah ala kulli hal. Lantas, apa arti alhamdulillah ala kulli hal?

Dalam kalimat alhamdulillah tersimpan kalimat puja-puji dan rasa syukur kepada Allah SWT. Sementara, kalimat alhamdulillah ala kulli hal sering dianggap sebagai ungkapan syukur yang lebih lengkap. Sehingga, penting bagi setiap umat muslim untuk tahu arti alhamdulillah ala kulli hal, sebab bisa jadi ungkapan ini punya makna yang lebih mendalam.



Untuk itu, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti alhamdulillah ala kulli hal yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, secara umum umat muslim mengungkapkan rasa syukurnya dengan mengucap hamdalah ‘alhamdulillah’. Ucapan hamdalah biasa diucapkan ketika seseorang mendapatkan suatu rezeki atau nikmat, apapun itu bentuknya.

Arti alhamdulillah ala kulli hal seringkali dianggap sebagai versi lebih panjang dari ‘alhamdulillah. Namun ternyata tak saja lebih panjang, arti alhamdulillah ala kulli hal memang lebih dalam dan bermakna.

Baca juga:  Sebutkan 4 Contoh Flora Atau Tumbuhan Asli Indonesia

Pasalnya, arti alhamdulillah ala kulli hal adalah ‘Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan’. Itu artinya, ucapan tersebut tak saja diucapkan di kala seseorang mendapatkan rezeki atau nikmat saja. Melainkan, harus selalu diucapkan atau diterapkan di keseharian apapun keadaannya, baik sedang susah maupun senang.

2. Penggunaan Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Berdasarkan penjelasan arti alhamdulillah ala kulli hal di atas, kita paham bahwa ungkapan tersebut mempunyai penggunaan yang lebih luas. Contoh penggunaan kalimat alhamdulillah ala kulli sendiri sebenarnya telah dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad, Rasulullah Saw. Dalam hadis yang diriwayatkan Aisyah Radhiallahuanha, Ibnu Majah berkata:

“Rasulullah SAW ketika melihat hal yang beliau sukai mengucapkan alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihat, ‘segala puji hanya milik Allah dengan segala nikmatnya segala kebaikan menjadi sempurna’ Dan kala mendapati sesuatu yang tak disukai, beliau mengucapkan Alhamdulillah ala kulli hal, ‘segala puji hanya milik Allah di setiap keadaan’.”

Selain seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw dalam hadis tersebut, di keseharian penggunaan kalimat alhamdulillah ala kulli juga sudah cukup sering kita jumpai. Kalimat syukur berbahasa Arab ini biasa diucapkan dalam beberapa situasi, salah satunya ketika bersin. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis yang berbunyi:

“Jika ada di antara kalian yang bersin, maka biasakan dirimu untuk membaca kalimat, ‘Alhamdulillah ala kulli haal’, dan kemudian biarkan orang di sebelahnya untuk mengucapkan kalimat ‘Yahdiikumullah wa yuslih baalakum’.” (Hadits HR. Bukhari dan Thasieni)

3. Kata-Kata Bersyukur Islami

Mengucap rasa syukur memang sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim. Tak melulu dalam bahasa Arab, ungkapan syukur juga bisa diucapkan dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Bahkan, dalam bahasa ibu rasa syukur bisa lebih dalam dan penuh makna. Selain itu, kata-kata syukur islami dalam bahasa Indonesia juga punya arti yang tak kalah bermakna dibandingkan arti alhamdulillah ala kulli.

Baca juga:  Thola Al Badru Alaina Lirik Dan Artinya

Berikut beberapa referensi kata-kata bersyukur islami dalam bahasa Indonesia.

– “Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah. Apa pun yang Engkau berikan kepadaku, itu adalah yang terbaik. Jika bukan untuk hari ini, aku yakin pasti untuk masa yang akan datang.”

– “Ya Allah, terima Kasih atas semua pemberianmu, kemarin, hari ini, esok, sampai kapanpun, selamanya.”

– “Ya Allah, terima kasih atas kesempatan yang Engkau berikan sehingga aku bisa melihat dunia ini lebih lama.”

– “Ya Allah, jadikanlah hamba seseorang yang ikhlas dan selalu bersyukur atas semua yang telah Engkau berikan dan jauhkanlah hati hamba dari rasa iri dan dengki.”

– “Ya Allah, terima kasih atas segala berkah yang telah Engkau berikan kepadaku. Lindungilah aku dari segala perilaku buruk orang lain. Amin.

– “Ya Allah, terima kasih atas segala nikmat yang masih Engkau berikan hingga saat ini. Semoga aku tak pernah lupa untuk senantiasa mensyukurinya.”

– “Ya Allah, berilah aku kebahagiaan yang cukup untuk membuatku tersenyum, kebahagiaan yang mampu membuatku selalu bersyukur kepada-Mu.

– “Ya Allah, aku berterima kasih dan bersyukur kepada-Mu sebab telah diberi tempat yang indah di sekeliling orang-orang yang menyayangi dan mendukung diriku.”

– “Aku selalu bersyukur pada Allah karena masih dapat menikmati udara dan hangatnya mentari pagi. Terima kasih, Ya Rabb, semoga aku menjadi hamba yang selalu bersujud kepada-Mu.”

– “Aku bersyukur karena Allah telah memberiku begitu banyak anugerah. Semuanya terbukti dari banyaknya kesempatan berbuat baik yang datang berkali-kali kepadaku.”

– “Hamba ucapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada-Mu, Ya Allah. Jadikanlah hamba orang yang bukan hanya berdoa ketika terluka, tetapi juga orang yang akan selalu bersama-Mu saat sedang bahagia.”

Baca juga:  Istilah Physical Fitness Sama Artinya Dengan Istilah Berikut Ini Kecuali

– “Alhamdulillah rasa syukurku kepada Allah karena diberi kenikmatan hidup dan kesehatan untuk menjalankan aktivitas.”

– “Ya Allah, tak akan kulewati hari tanpa bersyukur kepada-Mu. Terima kasih atas segala yang telah Engkau beri. Terima kasih untuk semua kemurahan-Mu dan atas rezeki-Mu, Aamiin.”

Itulah di antaranya ulasan tentang arti alhamdulillah ala kulli serta contoh penggunaannya menurut hadis. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai muslim amiin.

Innallaha Ala Kulli Syaiin Qodiir Artinya

Sumber: https://plus.kapanlagi.com/memahami-arti-aalhamdulillah-ala-kulli-hal-punya-makna-mendalam-yang-umat-muslim-wajib-ketahui-2a8ae8.html