Jelaskan Langkah Langkah Membuat Model Lampu Lalu Lintas Sederhana

Cantiks.com – Jelaskan Langkah Langkah Membuat Model Lampu Lalu Lintas Sederhana

Rangkaian Lampu Led Sederhana

Ada banyak jenis rangkaian lampu mulai dari TL sampai yang terbaru adalah lampu LED. Kali ini kita akan belajar dan membahas mengenai rangkaian lampu LED. Seperti yang kita ketahui bahwa lampu memiliki kegunaan untuk memancarkan cahaya yang berguna untuk menerangi ruangan dengan bantuan arus listrik. Cara kerjanya adalah dengan mengubah daya / arus listrik menjadoi cahaya.

gambar dan simbol led

LED sendiri merupakan singakatan nama dari
Light Emitting Diode
yang memiliki daya jual yang cukup tinggi dan diminati masyarakat dibanding jenis lampu konvensional lainnya. Walaupun lebih mahal dari jenis lampu lainnya, lampu LED yang dihasilkan lebih terang dan juga hemat energy karena mampu hemat 30 persen sampai 50 persen dari jenis lampu pada umumnya. Rangkaian ini juga memiliki daya pancar inframerah yang tidak tampak seperti remote televisi atau remote AC (Air-con). Lampu led yang beredar banyak di pasaran, biasanya disebut juga dengan istilah “white led” atau led putih walaupun warna lampu led tidak hanya putih, ada juga warna merah, hijau, kuning. Ada juga yang menyebutnya dengan led neon.

Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Sederhana

Ada cara untuk membuat rangkaian lampu led sederhana jika kita belum tertarik untuk membeli lampu led diluar dan dapat digunakan untuk lampu darurat ketika lampu mati. Contonya kita bisa menggunakan lampu – lampu bekas seperti lampu led dan beberapa lampu cas yang membutuhkan daya yang kecil untuk menyala. Selain itu, kita juga membutuhkan panel surya untuk mengisi daya yan ada di aki, seperti aki mobil bekas 60A dan lampu kreasi sendiri dari CD bekas dan diberi rangkaian led. Selain itu, kita bisa menggunakan konektor yang secara otomatis ganti arus ketika listrik padam, sehingga lampu bisa menyala. Namun rangkaian lampu led sederhana yang bisa kita buat di sendiri di rumah, tidak dapat bertahan lama, biasanya akan bertahan satu atau dua jam saja. Selamat mencoba.

Baca juga:  Jelaskan Proses Masuknya Kebudayaan Hindu Ke Indonesia Melalui Jalur Darat
rangkaian lampu led sederhana
rangkaian lampu led sederhana

Cara Kerja Rangkaian Lampu LED

LED terdiri dari satu buah chip semikonduktor yang di-doping dan menghasilkan junction P (positif) dan N (Negatif). Apa doping itu ? Doping adalah proses semikonduktor yang bertujuan untuk menambahkan ketidakmurnian (impurity) pada semikonduktor yang asli / murni. Untuk mendapatkan cahaya pada semikonduktor, doping yang digunakan adalah gallium, arsenic dan phosphorus. Dengan memilih jenis doping yang berbeda maka akan mendapatkan hasil warna cahaya yang berbeda pula.

bagian led
bagian led

Rangkaian Lampu LED sangat berbeda karena memiliki kecenderungan polarisasi dengan kutub positif dan negative. Aliran rangkaian lampu LED yang dialiri tegangan dari Anoda (A) menuju ke Katoda (K) memiliki kelebihan electron dimana material tersebut akan berpindah tempat dari wilayah kelebihan lubang, yang merupakan wilayah bermuatan positif. Elektron yang bertemu dengan hole (lubang) akan melepaskan photon dan pada akhirnya memancarkan cahaya satu warna atau disebut dengan istilah monokromatik.

Resistor
sebagai pembatas arus dapat digunakan karena berfungsi untuk mencegah kemungkinan terburuk yang terjadi ketika sumber arus yang besar akan mengakibatkan LED cepat rusak. Untuk membuat dan menyalakan LED biasanya dibutuhkan hanya satu sampai tiga buah baterai dan tegangannya berkisar dari 1 sampai 3 volt.

rangkaian led sederhana
rangkaian led sederhana

Sedangkan untuk rangkaian lampu LED dibawah ini adalah salah satu rangkaian lampu LED yang dapat digunakan untuk sepeda motor.

Selain untuk sepeda motor, kita juga dapat menggunakan rangkaian lampu led untuk lampu rambu – rambu lalu lintas, lampu emergency, proyektor, lampu indicator peralatan elektronik dan juga peralatan elektronika lainnya.

Beberapa Kelemahan Lampu Led

Dalam penjelasan diatas banyak disebutkan keunggulan / kelebihan dari led. Tapi tahukah kamu bahwa led juga memiliki kelemahan ? Kelemahan yang dimiliki led antara lain :

  1. Intensitas cahaya (lumen) yang dihasilkan led kecil
  2. Harga yang dijual di pasar relative lebih mahal dari jenis lampu lainnya
Baca juga:  Jelaskan Yang Dimaksud Perjuangan Kooperatif Dan Nonkooperatif

Dibanding dengan jenis lampu lainnya, rangkaian lampu led cenderung lebih mahal. Ini mungkin dikarenakan kualitas yang jauh lebih baik dan hemat, sehingga tidak perlu berulang kali membeli lampu.

  1. Memiliki sinar yang menyilaukan

Jika kita melihat langsung lampu led maka kita akan sadari bahwa led memiliki daya sinar yang silau, seperti lampu mobil atau lampu sepeda motor yang menggunakan lampu led pasti sangat merugikan pengguna lain.

  1. Tidak dapat menembus kabut

Kelemahan yang satu ini cukup membuat konsumen bimbang jika ingin memilih led dikarenakan lampu led memiliki warna yang netral dan tidak dapat focus ke objek dan menembus objek yang memiliki asap atau kabut. Hal ini berbeda dengan jenis lampu lainnya yang dapat menembus kabut (tergantung ketebalan kabut)

Semoga artikel nya bermanfaat, Thanks

refrensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Light-emitting_diode

Jelaskan Langkah Langkah Membuat Model Lampu Lalu Lintas Sederhana

Sumber: https://mikroavr.com/rangkaian-lampu-led/