Jika Persediaan Barang Digudang Habis Siapakah Yang Melakukan Pembelian

Cantiks.com – Jika Persediaan Barang Digudang Habis Siapakah Yang Melakukan Pembelian

Jika Persediaan Barang di Gudang Habis Siapakah yang Melakukan Pembelian?


Jika Persediaan Barang di Gudang Habis Siapakah yang Melakukan Pembelian?
– Apakah sobat Vmedis tahu bahwa apotek tidak hanya menyediakan obat? Umumnya apotek menyediakan sediaan farmasi berupa obat, bahan obat, obat tradisional, dan bahan kosmetik serta alat medis dan alat kesehatan sekali pakai seperti masker, plester, dan perban di apotek.

Setiap apotek harus memiliki stok keseluruhan sediaan farmasi serta alat medis dan alat kesehatan yang disimpan di ruang penyimpanan (gudang). Akan tetapi,

jika persediaan barang di gudang habis siapakah yang melakukan pembelian
? Supaya lebih jelas, akan lebih baik apabila sobat Vmedis mengetahui terlebih dahulu karyawan yang ada di apotek.

Karyawan di Apotek

Berikut macam karyawan yang ada di Apotek:

1. Apoteker Penanggungjawab Apotek (APA)

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, apoteker merupakan sarjana farmasi yang telah lulus sebagai apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan apoteker.

Sementara Apoteker Penanggungjawab Apotek (APA) harus telah melakukan sumpah sebagai apoteker, dan memiliki surat izin kerja dari menteri kesehatan. APA apotek bertugas mengelola dan mengembangkan apotek, memimpin dan mengawasi administrasi apotek.

Jika persediaan barang di gudang habis siapakah yang melakukan pembelian

supaya ada stok pengaman? APA lah yang melakukan pembelian.

.

Baca juga:  Warna Jilbab Yang Cocok Untuk Baju Merah

2. Asisten Apoteker/Tenaga Teknik Kefarmasian (TTK)

Pengertian TTK menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek merupakan tenaga yang membantu apoteker dalam menjalani Pekerjaan Kefarmasian, yang terdiri atas Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi, dan Analis Farmasi.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 889 Tahun 2011 tentang Registrasi, Izin Praktik, dan Izin Kerja Tenaga Kefarmasian, Pekerjaan kefarmasian adalah pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional.

3. Kasir

Karyawan yang berperan sebagai kasir di apotek bertugas mencatat pemasukan apotek setiap harinya. Seorang kasir harus mampu melayani pembeli yang hendak melakukan pembayaran, membukukan transaksi keuangan, dan menggunakan mesin kasir serta jujur dan bertanggungjawab.

Jika Persediaan Barang di Gudang Habis Siapakah yang Melakukan Pembelian
?

Di dalam dunia farmasi, pembelian barang apabila stok di gudang apotek habis lebih tepat dikatakan sebagai pengadaan perbekalan farmasi.

Pengadaan perbekalan farmasi merupakan bagian dari Pengelolaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan, dan Bahan Medis Habis Pakai yang meliputi perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pemusnahan, pengendalian, serta pencatatan dan pelaporan.

Jika persediaan barang di gudang habis siapakah yang melakukan pembelian
? APA akan melakukan pembelian dengan cara memesan pada pihak resmi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Namun, APA memiliki banyak tugas sehingga asisten apoteker akan membantu. Akan tetapi, jika tidak ada asisten apoteker maka TTK bisa membantu APA untuk melakukan pengadaan perbekalan farmasi.

Sejatinya stok perbekalan farmasi di apotek tidak boleh habis. Apoteker harus melakukan pengendalian stok supaya tidak terjadi kekosongan stok. Pengendalian dilakukan dengan menggunakan kartu stok yang berisi nama obat, tanggal kadaluwarsa, jumlah pemasukan, jumlah pengeluaran, dan sisa persediaan.

Baca juga:  Merk Lipstik Yang Bagus Dan Tahan Lama

Apabila sobat Vmedis berencana melakukan pengadaan perbekalan farmasi, sobat Vmedis bisa menggunakan bantuan
Software Apotek
. Sobat Vmedis juga bisa menggunakan aplikasi Vmedis untuk membuat kartu stok secara otomatis dan akurat. Selain membuat kartu stok, Vmedis juga bisa membantu sobat Vmedis melakukan monitor apotek kapan pun dan di mana pun. Selamat mencoba!

Jika Persediaan Barang Digudang Habis Siapakah Yang Melakukan Pembelian

Sumber: https://vmedis.com/jika-persediaan-barang-di-gudang-habis-siapakah-yang-melakukan-pembelian/