Karya Aplikasi Pada Kain Biasanya Diterapkan Dengan Teknik

Cantiks.com – Karya Aplikasi Pada Kain Biasanya Diterapkan Dengan Teknik

Jahit aplikasi merupakan salah satu teknik menghias permukaan bahan kain dengan cara menempelkan potongan kain pada bahan kain lain yang lebih lebar, selanjutnya diselesaikan dengan jahit tangan atau teknik sulam. Bahan yang dipilih dapat berupa bahan polos atau bercorak tergantung dari desain, bahan yang agak kaku, bahan yang tidak mudah bertiras dan tidak mudah luntur.

Sumber : http://www.madetosew.com/

Proses pembuatan aplikasi pada kain secara keseluruhan dapat dikerjakan dengan tusuk feston, tusuk jelujur, tusuk kelim dan lain sebagainya. Sementara untuk membuat bentuk garis, titik dan lain-lain dapat digunakan tusuk-tusuk hias, seperti tusuk tangkai, tusuk tikam jejak, tusuk rantai, maupun tusuk pipih.

Sumber : http://bengkelsimulakrum.blogspot.co.id/

Teknik jahit aplikasi yang dapat diterapkan untuk menghias bahan kain sendiri terbagi atas berbagai macam variasi, mulai dari jahit aplikasi standart, potong sisip, potong motif, lipat potong, dan pengisian.

Sumber : http://www.allpeoplequilt.com/

Jahit Aplikasi Standart

Jahit aplikasi standard (onlay) merupakan teknik membuat benda kerajinan tekstil yang dikerjakan dengan cara membuat gambar pada kain, kemudian digunting. Potongan kain tersebut kemudian ditempel pada lembaran kain lainnya dan dijahit dengan teknik sulam.

Sumber : http://sewlikemymom.com/

Potong Sisip

Jahit aplikasi potong sisip (inlay) merupakan teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan melubangi bagian dasar kain yang telah digambar dengan motif tertentu. Kain yang sudah berlubang tersebut kemudian diberi tempelan kain yang berbeda warna dan diselesaikan dengan tusuk hias feston atau dijahit menggunakan mesin bordir.

Sumber : http://judys-journal.blogspot.co.id/

Potong Motif

Jahit aplikasi potong motif merupakan teknik menghias permukaan kain dengan cara memotong motif yang ada pada kain, kemudian ditempel pada permukaan kain. Teknik penyelesaiannya sama dengan jahit aplikasi yang lain.

Sumber : http://www.diaryofaquilter.com/

Lipat Potong

Jahit aplikasi lipat potong termasuk kedalam salah satu teknik menghias permukaan kain yang dapat dikerjakan dengan tangan atau mesin. Caranya pembuatannya yaitu mula-mula lembaran kain dilipat dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan kemudian ditempel pada dasar kain dan diselesaikan dengan tusuk feston. Teknik aplikasi biasanya dikombinasikan dengan sulam datar.

Sumber : http://bunnyhillblog.com/

Pengisian

Jahit aplikasi dengan pengisian merupakan  teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan secara manual atau mesin. Cara pembuatanya hampir sama seperti pada jahit tindas, bedanya terdapat penambahan potongan kain yang berbeda warna. Pengisi susulan dapat juga ditambahkan dengan penambahan renda dan pita penyelesaian sama dengan teknik aplikasi yang lain.

Baca juga:  Kalimat Yang Menggunakan Ragam Baku Adalah

Sumber : http://aurifilthreadaustralia.com.au/

Semoga bermanfaat.


Pada sebuah peta dengan skala 1:30.000, diketahui jarak kota G-H = 20 cm, sedangka pada foto udara jarak kota G-H = 60 cm. Jadi, skala foto udara ters …

ebut adalah ….​


m 2.500 mdpl Jika suhu permukaan laut adalah 27°c. berapa suhu udara daerah A?​


tuliskan 6 unsur-unsur kimia konstan​


Tuliskan 5 unsur-unsur kimia yang berubah-ubah​


Perhatikan beberapa rangkuman peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia berikut! 1) Gempa bumi di Sukabumi dengan kekuatan 3,9 SR terjadi pada ha …

ri Rabu, 21 Agustus 2019.2) Gempa bumi di Aceh Tengah dengan kekuatan 4,5 SR terjadi pada hari Jumat, 9 April 20213) Gempa bumi di Manokwari, Papua dengan kekuatan 5,5 SR terjadi pada hari Jumat, 27 Maret 2020. 4) Gempa bumi di Kuta, Bali dengan kekuatan 6,6 SR terjadi pada hari Kamis, 19 Maret 2020 5) Gempa bumi di Maluku dengan kekuatan 7,7 SR terjadi pada hari Senin, 24 Juni 2019. Kategori gempa agak kuat dan merusak berturut- turut ditunjukkan pada peristiwa gempa bumi a. 1) dan 4) b. 1) dan 5) c. 2) dan 3) d. 2) dan 4)​


beri penjelasan tentang unsur-unsur cuaca dan iklim yakni tekanan udara angin awan kelembaban udara curah hujan​


jelaskan profil profil tanah ​


plisssssss tolongin no 2 dan 3​


El Nino merupakan salah satu fenomena cuaca yang kompleks dan berhubungan dengan periode hangatnya temperatur lautan di Samudra Pasifik. Jelaskan pend …

apatmu mengenai fenomena di atas!—ipa​


a. jelaskan proses perpindahan kalor yang terjadi pada gambar tersebut! b. apa manfaat proses perpindahan kalor tersebut untuk manusia?​

Karya seni memiliki jenis yang beraneka ragam sehingga kamu akan merasa kesulitan untuk membedakannya jika bukan berasal dari background kesenian. Meskipun begitu jangan berkecil hati dahulu karena pada artikel kali ini kami akan memberikan rangkuman untuk bersama-sama kita belajar memahami tentang cara membuat karya seni tiga dimensi dengan teknik aplikasi. Nah, apa itu teknik aplikasi?

Baca juga:  Tentukan Luas Juring Pada Lingkaran Lingkaran Berikut

Jika kamu menyimpulkan bahwa teknik aplikasi disini adalah menggunakan teknologi aplikasi di ponsel maupun PC untuk membuat karya seni, hal itu sangat tidak tepat. Karena yang dimaksud dalam teknik aplikasi di sini adalah suatu teknik untuk membuat karya seni tiga dimensi dengan menerapkan teknik hias yang biasa diterapkan dalam seni menjahit.

Karya seni dengan teknik aplikasi ini menerapkan cara dengan menggunakan dan menempelkan berbagai kain perca atau kain sisa yang dibentuk dan dihias menyerupai berbagai macam bentuk seperti binatang, bunga dan sebagainya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Aplikasi

Mungkin kamu belum memiliki gambaran tentang pembahasan kali ini namun kamu tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan penjelasan dan rangkuman secara detail tentang contoh dan cara karya seni tiga dimensi dengan menggunakan teknik aplikasi sehingga kamu bisa mencobanya di rumah kapanpun.

Contoh Karya Seni Tiga Dimensi Dengan Teknik Aplikasi

Teknik aplikasi merupakan teknik dalam membuat karya seni tiga dimensi yang biasanya menggunakan bahan dasar berupa kain dan benang jahit, kamu bisa menggunakan kan kain perca atau kain flanel yang tersisa untuk membuat suatu pola yang kamu inginkan lalu pola tersebut ditempelkan pada bidang kain lainnya untuk mendapatkan bentuk karya seni tiga dimensi.

Kemudian untuk merapikan tepinya kamu bisa menggunakan benang jahit serta bisa merapikannya dengan memotong serta menggunting bagian yang tidak perlu. Jadi bisa dibilang bahwa cara membuat karya seni tiga dimensi dengan teknik aplikasi si menggunakan menggunting, memotong, menempel dan menjahit. Berikut adalah contoh-contoh dari karya seni tiga dimensi yang menggunakan teknik aplikasi diantaranya yaitu:

  • Gantungan kunci dari kain flanel yang membentuk karakter binatang atau tumbuhan.
  • Boneka kecil yang diisi dengan kapuk dan dibentuk dari kain perca.
  • Hiasan dinding yang ditempelkan di depan pintu kamar ataupun di tembok kamar kamu.
  • Bros untuk menghiasi baju atau jilbab kamu yang lucu dan imut dan bisa kamu bentuk sesuai karakter dan pola lainnya.
  • Jepit rambut juga bisa kamu buat dengan teknik aplikasi karena jepit rambut merupakan barang yang simpel untuk dibuat.
  • Dan masih banyak lagi.
Baca juga:  Teknik Yang Digunakan Untuk Memperkuat Sebuah Bangunan Disebut Teknik

Langkah dan Cara Membuat Karya Seni Tiga Dimensi Dengan Teknik Aplikasi

Untuk langkah dan cara membuat karya seni tiga dimensi dengan menggunakan teknik aplikasi ada berbagai bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu di antaranya yaitu kain perca atau kain flanel, kertas, gunting, benang jahit, gambar atau pola, pensil, bahan isian jika dibutuhkan, dan aksesoris tambahan jika dibutuhkan.

6 Aplikasi yang Menghasilkan Uang Tanpa Mengundang Teman

Setelah menyiapkan bahan di atas, kamu harus memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin kamu buat. Selanjutnya mari kita membuat sebuah karya seni ini dengan teknik aplikasi seperti berikut:

  • Langkah pertama yaitu gambarlah pola atau bentuk yang kamu inginkan di atas kertas dengan menggunakan pensil atau bolpoin.
  • Setelah gambar tersebut jadi, guntinglah pola tersebut sesuai garis yang telah ditentukan.
  • Selanjutnya tempelkan kertas yang sudah memiliki pola pada kain perca atau kain flanel yang sudah disiapkan.
  • Ikuti pola pada kertas dan gambarlah sesuai garisnya menggunakan pensil atau bolpoin pada bidang kain.
  • Usahakan untuk membuat pola yang sama lebih dari satu dan dalam kelipatan 2 untuk nantinya bisa disatukan.
  • Setelah selesai guntinglah pola pada kain yang sudah digambar tadi.
  • Kemudian gabungkan 2 pola kain menjadi satu lalu masukkan benang ke dalam jarum dan jahit lah tepi kain tersebut untuk merapikan.
  • Jika kamu ingin mengisinya dengan kapuk atau kapas sisakan sedikit lubang untuk memasukkannya kemudian jika sudah selesai maka jahitlah lubang tersebut.
  • Kamu bisa menambahkan aksesoris tambahan sesuai yang kamu inginkan misalnya jika kamu ingin membuat boneka tambahlah manik-manik untuk  menghiasnya atau jika kamu ingin membuat gantungan kunci kamu bisa menambahkan kaitan yang bisa digantungkan pada kunci atau kancing pada tas.

Download Sanemoku WhatsApp IOS Mod Apk Versi Terbaru 2022!

Akhir Kata

Itulah, informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara membuat karya seni dengan menggunakan teknik aplikasi yang bisa kamu coba di rumah dan semoga dapat menambah referensi kamu untuk membuat prakarya yang sederhana dan mudah!

Karya Aplikasi Pada Kain Biasanya Diterapkan Dengan Teknik

Sumber: https://mempelajari.com/untuk-membuat-karya-berupa-aplikasi-pada-sebuah-kain-teknik-apa-saja-yang-diterapkan