Kegiatan Apa Yang Berkaitan Dengan Aturan Bermain Di Rumah

Cantiks.com – Kegiatan Apa Yang Berkaitan Dengan Aturan Bermain Di Rumah

Hai, ZenParents!

Sewaktu kanak-kanak, dunia kita diisi oleh berbagai permainan yang membuat masa kecil begitu indah. Rasanya, setiap hari menjadi begitu menyenangkan karena dihabiskan untuk bermain. Entah itu bermain di dalam atau di luar rumah, semuanya terasa begitu indah untuk kita kenang sekarang.

Dahulu, kita bermain begitu riang. Sekarang, kita ingin si Kecil merasakan kebahagiaan yang dulu pernah kita rasakan ketika bermain saat masih kecil.

Namun, apakah ZenParents tahu, kalau anak-anak juga perlu aturan bermain di rumah?

Aturan ini dibuat bukan untuk membatasi kesenangan anak dalam bermain. Aturan bermain di rumah justru akan membantu anak-anak dalam kehidupannya di masa depan.

Wah, kalau begitu, apa saja manfaat dari dibuatnya aturan untuk si Kecil?

Manfaat Peraturan untuk Anak

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari membuat aturan untuk anak.

Ilustrasi Pentingnya Aturan Bermain. (Arsip Zenius)

1. Mempersiapkan Anak dalam Menghadapi Kehidupannya

Dengan memberikan aturan-aturan yang ada di rumah, ZenParents dapat mengajarkan anak tentang nilai dan norma yang berlaku di dalam rumah dan di lingkungan sekitar.

Hal ini akan membuat anak mengetahui perbuatan apa yang boleh dilakukan dan hal-hal apa yang kurang elok jika dilakukan.

2. Membiasakan Anak untuk Tertib

Terdapat beberapa peraturan yang akan mengajarkan anak untuk tertib dalam menjalankan aktivitasnya, seperti mencuci tangan sebelum makan atau melakukan antre saat menunggu gilirannya. Hal tersebut akan membuat anak mengerti bahwa berlaku tertib adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Baca juga:  Buatlah Sebuah Pantun Tentang Kesehatan Peredaran Darah

3. Mengajarkan Anak untuk Bersosialisasi

Peraturan yang membuat anak melakukan interaksi kepada orang lain akan membuatnya belajar untuk menjadi anggota di masyarakat. Peraturan yang dimaksud, contohnya seperti mengucapkan kata tolong, terima kasih, dan maaf ketika berada di situasi tertentu.

Dalam menerapkan berbagai peraturan, ZenParents tentunya perlu memberikan pengertian sebelumnya kepada anak dan tidak membuat anak merasa bahwa peraturan tersebut adalah sebuah beban. Justru, berikan pemahaman kepada anak bahwa peraturan dibuat agar hidupnya menjadi lebih menyenangkan.

Setelah mengetahui manfaat dari menerapkan aturan untuk anak, berikut ini adalah aturan-aturan yang bisa ZenParents terapkan ketika anak bermain di dalam rumah.

Baca Juga:
4 Aktivitas Menyenangkan untuk Anak Belajar di Rumah

Aturan Bermain di Rumah

Berikut ini adalah aturan yang bisa diterapkan untuk anak ketika bermain. Selain itu, terdapat juga aturan bermain di rumah teman. Peraturan-peraturan ini dibuat agar anak belajar bahwa aturan bukan hanya penting dilakukan di rumahnya saja, tetapi berlaku secara umum di berbagai tempat.

Contoh aturan saat bermain di rumah teman.
Ilustrasi Aturan Bermain di Rumah. (Arsip Zenius)

1. Aturan Lokasi Bermain

ZenParents perlu mengajarkan anak tentang tempat-tempat yang cocok untuk dijadikan lokasi bermain. Tidak hanya itu, berikan juga pemahaman ke anak tentang tempat-tempat yang tidak bisa digunakan untuk bermain, seperti dapur dan toilet.

Berikan juga alasan tentang berbahayanya bermain di tempat-tempat tersebut. Hal ini akan mengajarkan anak untuk melakukan aktivitas bermain di tempat yang sesuai.

2. Aturan Aktivitas dalam Bermain

Selain aturan tentang lokasi bermain, ZenParents juga perlu membuat peraturan tentang aktivitas apa saja yang tidak diperbolehkan ketika berada di dalam atau luar ruangan. Aturan ini perlu disesuaikan dengan lokasi permainan.

Misalnya, aturan untuk tidak berlari-lari atau melompat ke sana-sini ketika bermain di dalam ruangan yang tidak sesuai untuk melakukan aktivitas itu.

Baca juga:  Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Animasi Stop Motion

3. Aturan Bermain dengan Alat

Permainan yang anak lakukan juga perlu diperhatikan ketika membutuhkan suatu alat. ZenParents bisa mulai memberikan pengertian ke si Kecil tentang permainan dengan alat di dalam dan luar ruangan.

Hal ini akan memberikan pemahaman kepada anak bahwa setiap alat untuk bermain perlu digunakan di tempat yang berbeda-beda dan dengan lokasi yang sesuai untuk itu.

4. Aturan Bermain di Rumah Teman

Ketika anak bermain di tempat teman, ada beberapa aturan yang bisa diterapkan oleh ZenParents. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada orang lain dan juga memberikan pemahaman kepada anak bahwa peraturan tidak hanya berlaku di rumahnya saja, tetapi juga rumah temannya.

Berikut adalah beberapa contoh aturan bermain di rumah teman untuk anak.

Baca Juga:
4 Contoh Sikap Rendah Hati yang Bisa Diterapkan Anak

  • Memberi Tahu Sebelum Datang ke Rumah

Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidaknyamanan yang mungkin bisa terjadi kepada pemilik rumah atau teman anak. Kalau anak datang sebelum menginfokan terlebih dahulu, ada kemungkinan bahwa para anggota keluarga dari teman tersebut sedang sibuk atau tidak bisa menerima tamu.

Aturan ini dapat mengajarkan anak untuk izin terlebih dahulu ketika melakukan sesuatu yang melibatkan orang lain atau temannya.

  • Memperhatikan Waktu Bermain

Aturan ini dibuat agar anak memperhatikan waktu bermainnya ke tempat teman. Dengan memperhatikan waktu bermain, anak tidak mengganggu temannya atau bahkan anggota keluarga lain yang ada di dalam rumah tersebut.

Selain itu, ZenParents juga perlu memberikan pemahaman ke anak tentang jam-jam yang cocok untuk bertamu ke tempat temannya.

  • Tidak Meminta Sebelum Ditawarkan oleh Pemilik Rumah

Aturan ini dibuat agar anak memperhatikan norma kesopanan ketika bermain ke tempat orang lain atau teman. Hal ini akan menghindari ketidaknyamanan dari anggota keluarga yang ada di rumah teman anak.

Baca juga:  Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Tentu anak dapat meminta sesuatu sebelum ditawarkan, seperti meminta izin ke toilet. Namun, terdapat hal-hal yang hanya boleh dilakukan ketika ditawarkan.

Misalnya, ketika terdapat makanan di rumah teman, tentu anak tidak bisa sembarangan mengambil makanan tersebut sebelum ditawarkan oleh pemilik rumah.

Baca Juga:
6 Contoh Sikap Optimis dan Cara Menjelaskannya pada Anak

Setelah mengetahui aturan bermain di rumah untuk anak, ZenParents juga perlu memberikan berbagai wawasan atau pengetahuan yang dibutuhkannya. Karena anak tidak hanya perlu untuk belajar nilai dan norma yang berlaku di keluarga dan lingkungannya, tetapi juga pengetahuan yang berlaku secara luas.

Di ZeniusLand, anak bisa mendapatkan berbagai pengetahuan yang akan melengkapi wawasannya tentang tata krama di lingkungan tempat tinggal.

Selain itu, ZeniusLand juga menyediakan banyak materi belajar yang dilakukan dengan cara yang menyenangkan untuk anak. Materi pelajaran secara menyenangkan tersebut akan dilakukan lewat tokoh Tiga Sekawan dan ditemani oleh karakter
Disney
kesayangan anak.

Informasi selengkapnya tentang bagaimana keseruan dan proses belajar di ZeniusLand, dapat diakses melalui informasi di bawah ini.

4 Aturan Bermain di Rumah yang Perlu Anak Terapkan 9


ZenParents, semoga anak dapat belajar tentang bagaimana menjadi anggota keluarga yang baik dan juga berbagai pengetahuan yang akan berguna untuknya di masa depan.

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

icon download playstore

icon download appstore

Kegiatan Apa Yang Berkaitan Dengan Aturan Bermain Di Rumah

Sumber: https://www.zenius.net/blog/aturan-bermain-di-rumah