Kelebihan Dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Cantiks.com – Kelebihan Dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Pengertian tenaga endogen sangat erat kaitannya dengan potensi tenaga yang tersimpan di bawah lapisan permukaan bumi. Bumi yang merupakan salah satu planet yang ada di sistem tata surya terdiri dari berbagai lapisan mulai dari lapisan tanah, air dan bebatuan.

Sebagai salah satu planet yang ada di dalam sistem taya surya, permukaan bumi memiliki keunikan tersendiri berkat keberadaan tenaga endogen dan juga tenaga eksogen (contoh: sedimentasi). Masing-masing tenaga tersebut memiliki peran dalam mempengaruhi bentuk permukaan bumi.

Pengertian Tenaga Endogen

Secara sederhana, pengertian tenaga endogen merupakan tenaga sangat besar yang bersumber dari dalam lapisan perut bumi atau inti bumi. Keberadaan tenaga endogen dapat mempengaruhi bentuk bentang alam permukaan bumi yang ada di atasnya.

Oleh karena itu kita sebagai penduduk bumi bisa merasakan berbagai keunikan bentang alam yang tersebar di berbagai wilayah. Beberapa tempat memiliki bentang alam yang datar, bentang alam lembah yang dalam dan berbukit.

Salah satu akibat keberadaan tenaga endogen adalah pergerakan lempeng bumi yang kemudian membentuk berbagai benua dan juga pulau-pulau kecil yang ada di dunia.

Macam-Macam Bentuk Tenaga Endogen

1. Seisme

Fenomena seisme tentu sudah tidak asing lagi dirasakan oleh masyarakat yang hidup di daerah pertemuan berbagai lempeng dunia seperti Indonesia. Seisme sendiri merupakan genomena gempa bumi yang bisa disebabkan karena 3 hal yakni:

  • Aktivitas pergerakan yang terjadi di lempeng tektonik
  • Aktivitas keluarnya magma dari gunung berapi atau vulkanisme
  • Adanya reruntuhan di terban atau lapisan kerak bumi
Baca juga:  Cara Bikin Pompa Air Tanpa Listrik

Getaran akibat aktivitas seisme dapat terasa hingga ke permukaan bumi. Besaran skala gempa selain dipengaruhi oleh penyebabnya juga dipengaruhi oleh kedalaman gempa. Getaran gempa semakin besar ketika pusat gempa dekat permukaan atau dangkal.

Jika sumber pusat gempa jauh dari permukaan bumi, maka getaran tidak terlalu terasa atau bahkan tidak terasa sama sekali. Aktivitas seisme dapat menyebabkan fenomena ikutan likuifaksi yakni lapisan tanah yang mencair dan berubah menjadi lumpur.

2. Vulkanisme

Berdasarkan pengertian tenaga endogen, maka vulkanisme masuk ke dalam salah satu jenis tenaga endogen karena berasal dari aktivitas intrusi magma yang berasal dari dalam perut bumi. Aktivitas magma ini kemudian menghasilkan pergerakan yang berpengaruh dan terasa sampai di lapisan permukaan bumi.

Kandungan magma dari dalam perut bumi ini terus beraktivitas hingga menyebabkan magma kemudian keluar dan mencapai permukaan bumi saat gunung berapi beraktivitas. Magma juga keluar hingga ke permukaan bumi melalui retakan di kerak bumi.

Ketika magma mencapai permukaan bumi maka dikenal dengan nama lava. Magma ini terdorong keluar hingga permukaan bumi karena keberadaan gas berenergi tertentu yang mendorongnya dari dapur magma.

3. Tektonisme

Aktivitas tektonisme bersumber dari energi di dalam bumi yang menyebabkan timbulnya tekanan ke arah horizontal atau lotrecht sehingga terjadi perubahan letak atau dislokasi. Aktivitas tektonisme timbul karena terjadi dinamika di lapisan atmosfer di bagian bawah serta kerak bumi.

Aktivitas tektonisme sendiri dibagi ke dalam 3 macam:

  • Tektonisme gerakan transform
  • Tektonisme gerakan konvergen
  • Tektonisme gerakan divergen

Gerakan konvergen akan menyebabkan aktivitas vulkanisme dan membentuk pegunungan. Gerakan divergen menyebabkan terbentuknya palung atau jurang di dekat sumber gerakan. Gerakan transform menyebabkan terbentuknya sesar transfor dan terjadi gempa kecil.

Baca juga:  Jelaskan Bagian Konduktor Dan Isolator Pada Kompor Listrik

Dampak Positif Keberadaan Tenaga Endogen

Berdasarkan pengertian tenaga endogen di atas, Anda mengetahui bahwa tenaga endogen yang berasal dari dalam perut bumi akan memberi pengaruh terhadap bentang alam. Umumnya, ketika tenaga endogen berada dekat pemukiman masyarakat maka akan memberi pengaruh negatif seperti kerusakan.

1. Menemukan Keberadaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam salah satunya berbentuk barang tambang yang tersembunyi di dalam bumi. Menemukan sumber bahan tambang bukan merupakan pekerjaan yang mudah karena keterbatasan kemampuan teknologi.

Terjadinya aktivitas tenaga endogen dari dalam bumi seperti tektonik lempeng akan menyebabkan bahan tambang yang tersimpan jauh dari permukaan bumi bergerak ke atas. Bahan tambang tersebut seperti minyak bumi, batu bara, mineral dan juga logam.

Hal ini akan sangat membantu proses pengeboran karena tidak perlu terlalu dalam. Alhasil biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit.

2. Terdapat Potensi Sumber Tenaga Listrik

Tenaga endogen yang berasal dari perut bumi merupakan sumber tenaga listrik ramah lingkungan yang baik untuk dimanfaatkan. Tenaga endogen berupa dinamika magma yang ada di perut bumi akan menghasilkan panas sangat tinggi untuk menghasilkan uap panas penggerak turbin pembangkit listrik.

Tentu Anda tidak asing dengan nama Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal bukan? Nantinya pipa-pipa panjang akan dipasang di dekat lokasi sumber panas bumi. Di dalam pipa ini dialirkan air yang akan menguap berkat panas dari dalam bumi.

3. Sebagai Media Pariwisata dan Pendidikan

Keuntungan lain tenaga endogen adalah bisa menjadi media pembelajaran dan pariwisata bagi masyarakat. Berbagai macam bentang alam dapat terbentuk berkat tenaga endogen hingga bisa dieksplorasi lebih lanjut.

Dampak Negatif Keberadaan Tenaga Endogen

1. Menimbulkan Bencana Alam Gempa Bumi

Bencana alam gempa bumi yang terjadi di dekat pemukiman warga adalah salah satu bentuk dampak negatif keberadaan tenaga endogen. Tenaga seisme yang tinggi akan memunculkan getaran hebat pada permukaan bumi hingga bangunan di atas hancur.

Baca juga:  Sebutkan 4 Macam Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

2. Menimbulkan Bencana Tsunami

Tenaga endogen juga menyebabkan bencana tsunami. Tsunami sendiri bisa ditimbulkan akibat dua faktor yaitu adanya gempa bumi dan pergerakan lempeng tektonik.

Pengertian tenaga endogen yakni tenaga yang berasal dari dalam bumi dan dapat mempengaruhi bentang alam yang ada di atasnya. Tenaga endogen memiliki dampak negatif dan juga dampak positif terhadap manusia.


Kelebihan Dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Sumber: https://www.rajinbelajar.net/pengertian-tenaga-endogen/