Kenapa Faktor Organisasi Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Suatu Usaha

Cantiks.com – Kenapa Faktor Organisasi Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Suatu Usaha

Mau menjadi wirausahawan atau seorang entrepreneur ternyata butuh berbagai perencanaan matang. Ada faktor keberhasilan wirausaha yang harus diketahui oleh Anda.

Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas hanya pada modal uang saja karena wirausaha merupakan dunia yang dinamis sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan tentunya memiliki sikap wirausaha untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha.

Tak sedikit pengusaha yang mengalami kerugian dan menemui kegagalan hanya kerna bermodalkan uang saja. Dengan uang berlimpah dianggap bisa membuat usaha berjalan maju dan sukses. Padahal, faktor keberhasilan wirausaha tidak hanya ditekankan pada modal uang saja.

Pengetahuan Tentang Kewirausahaan

Aspek pertama dalam faktor keberhasilan wirausaha tentunya pengetahuan atau wawasan di pengusaha tentang wirausaha. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha atau wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi atau pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Dengan pengertian di atas, wirausaha artinya harus memiliki pengetahuan aktivitas bisnis seperti menghitung kas, alokasi modal, hingga strategi pemasaran. Akan lebih baik jika pengusaha secara spesifik mengetahui pengetahuan ini di bidang bisnis yang sedang dijalani.

Jika memang tidak memiliki faktor keberhasilan wirausaha yang pertama ini, Anda atau para pengusaha bisanya bisa bekerja sama dengan orang-orang yang andal dalam berbisnis atau membuat perencanaan.

Setelah memiliki pengetahuannya, Anda perlu menerapkannya ke dalam bisnis yang dijalani. Keterampilan wirausaha Anda bisa berkembang seiring menjalankan bisnis dengan pengetahuan yang dimiliki.

Self Starter dan Komitmen

Menjadi seorang pengusaha dibutuhkan karakter yang proaktif, penuh semangat, dan bisa memulai sesuatu sendiri. Jiwa perintis ini menjadi bagian penting untuk Anda bisa sukses memulai usaha.

Setelah memulai usaha, faktor keberhasilan wirausaha yang dibutuhkan selanjutnya adalah komitmen untuk mampu bertahan di dunia bisnis. Butuh waktu untuk mengembangkan usaha, sehingga komitmen untuk berjuang dan terus berupaya hingga mencapai kesuksesan sangat dibutuhkan.

Kapasitas Diri

Bila Anda ingin berwirausaha, pilihlah yang tidak jauh dari skil dan talenta yang Anda miliki. Jangan terlalu mudah terbawa dan fokus pada sesuatu yang sedang tren dibicarakan.

Faktor keberhasilan wirausaha akan ditentukan oleh kapasitas Anda pada usaha yang Anda jalani. Jangan sampai Anda hanya sekadar mengikuti tren tanpa memahami bidang yang Anda jalani. Pilihlah bidang usaha yang sesuai atau tidak jauh dari skil dan kompetensi Anda.

Berani Mengambil Tindakan

Setelah memiliki pengetahuan, faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah bernai mengambil tindakan. Anda harus mengambil tindakan dan tidak membiarkan bisnis Anda hanya berkutat dalam konsep saja.

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah bernai mengambil risiko. Setelah mengambil tindakan, Anda pun harus berani mengambil risiko dari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di dalam bisnis Anda ke depan.

Mungkin bisnis yang Anda jalani merupakan sesuatu yang baru dan belum diketahui banyak orang. Namun, ketika Anda tetap berani mengambil risiko dan menjalankan bisnis Anda sesuai konsep yang telah ditentukan, bisnis Anda bisa saja dikenal luas oleh masyarakat.

Percaya Diri

Kepercayaan diri menjadi faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya. Faktor ini sangat dibutuhkan karena Anda akan membangun dan menjalankan bisnis dari awal. Kepercayaan akan diri sendiri bisa mendorong Anda untuk terus mencoba dan menghadapi masalah-masalah yang datang.

Baca juga:  What Does the Text Mainly Talk About

Kecerdasan dalam Wirausaha

Di tengah perjalanan bisnis yang sedang Anda geluti, pasti akan terdapat hambatan atau masalah yang menjegal. Oleh karena faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah kecerdasan Anda dalam berwirausaha.

Anda harus bisa menghadapi kendala-kendala yang muncul sehingga membutuhkan kecerdasan dalam memecahkan masalah dan mencari solusi serta mengambil keputusan bisnis.

Kreativitas

Kecerdasan dalam berwirausaha akan sangat terbantu jika Anda memiliki kreativitas. Selain untuk memecahkan masalah, kreativitas dibutuhkan sebagai modal menghadapi persaingan usaha.

Hal ini menjadi faktor keberhasilan wirausaha yang vital karena Anda harus bisa berinovasi untuk mencapai kesuksesan. Kreativitas diperlukan untuk menjadi berbeda dengan kompetitor. Menjadi beda dan unik sangat berpotensi membuat bisnis yang Anda miliki berkembang.

Kerja Tim

Faktor keberhasilan wirausaha tidak hanya ditentukan oleh sang pemilik saja, tetapi juga seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis. Termasuk diantaranya karyawan hingga rekan bisnis.

Sebagai pemilik usaha, Anda harus bisa menciptakan ekosistem yang positif dengan mengedepankan kerja sama tim. Besar atau kecil bisnis yang dimiliki tidak menjadi masalah karena kerja sama tim akan membantu bisnis Anda berkembang.

Kesabaran dan Kegigihan

Kesabaran dan kegigihan menjadi faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya. Anda dituntut untuk bisa bersabar menghadapi berbagai masalah yang muncul di kemudian hari. Selain itu, sabar dibutuhkan untuk menghadapi konsumen, klien, bahkan untuk hal-hal finansial seperti pengeluaran.

Kegigihan punya wujud serupa kesabaran dalam berwirausaha. Anda harus bisa menghadapi segala macam kondisi yang terjadi seperti bisnis yang tengah sepi, belum menemui keuntungan signifikan dan sederet hal lain.

Kegigihan akan membuat Anda kuat dalam menghadapi berbagai masalah tersebut dan tidak mudah menyerah. Karena kesuksesan yang diraih pasti beriringan dengan sederet masalah. Kegigihan juga diperlukan dalam mengembangkan usaha, berpikir kreatif, dan bekerja lebih keras.

Koneksi

Dalam dunia profesional dan bisnis, koneksi menjadi hal yang sangat penting dan krusial. Bahkan faktor keberhasilan wirausaha ini bisa disebut sebagai penentu kemajuan usaha Anda.

Koneksi dengan sesama pengusaha atau klien, hingga sahabat sangat memberi manfaat untuk bisnis. Dengan memiliki banyak koneksi, Anda punya potensi besar untuk mengembangkan usaha.

Pemasaran yang Efektif

Pemasaran yang baik dan efektif juga mempengaruhi keberhasilan wirausaha. Dibutuhkan teknik marketing yang kuat dan menarik untuk menjangkau pasar yang Anda inginkan.

Oleh karena itu pastikan teknik pemasaran sudah Anda kuasai saat memulai bisnis. Atau jika tidak, Anda harus memiliki tenaga pemasaran yang handal untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda.

Memulai wirausaha memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan beberapa faktor keberhasilan wirausaha untuk mengembangkan usaha Anda. Namun, ada sejumlah contoh pebisnis di Indonesia yang sudah menuai kesuksesan.

Antara lain Hendy Setiono yang mendirikan Kebab Baba Rafi, ada pula Achmad Zaky yang merupakan salah satu pendiri dari marketplace BukaLapak. Kedua sosok tersebut tentunya mengalami berbagai masalah sebelum menuai kesuksesan seperti sekarang. Mulai dari mengatasi masalah dan berinovasi, hingga pantang menyerah mengembangkan bisnis mereka.

Jika Anda sudah memantapkan hati dan niat untuk memulai wirausaha, kini saatnya Anda memilih jenis pembiayaan untuk bisnis Anda di CIMB Niaga. Ada berbagai jenis pembiayaan yang disediakan CIMB Niaga untuk meningkatkan usaha dengan pembiayaan produktif.

Anda bisa memilih berbagai penawaran seperti Pembiayaan Modal Kerja yang merupakan fasilitas pembiayaan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek Anda. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari Pembiayaan Modal Kerja antara lain membantu dalam mengatur arus kas yang lebih baik dan mempermudah Anda dalam menata usahakan transaksi rutin atau harian.

Ada pula Pembiayaan Supply Chain yang merupakan solusi finansial terbaik untuk mata rantai bisnis Anda dari hulu ke hilir. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penawaran ini adalah membantu pengelolaan arus kas dan likuiditas serta dapat meningkatkan kapasitas produksi dan perluasan usaha Anda.

CIMB Niaga juga menyediakan berbagai jenis tabungan untuk mendukung para wirausahawan seperti Tabungan Usaha yang memiliki bunga tinggi hingga setara deposito, bebas transfer via counter cabang, OCTO Clicks, dan OCTO Mobile, bebas pick up service untuk melakukan setor tunai tanpa datang ke kantor cabang!

Baca juga:  Kampung Batik Laweyan Dan Kauman Terkenal Sebagai Penghasil Batik

Semua jenis penawaran pembiayaan dari CIMB Niaga memiliki persyaratan dan proses yang mudah serta cepat untuk mendukung bisnis Anda berkembang. Temukan info lengkap mengenai jenis pembiayaan dari CIMB Niaga terbaik untuk Anda di sini.

Ajaib.co.id – Berwirausaha dikatakan sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Dengan memiliki usaha sendiri kamu bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dibandingkan ketika menjadi seorang karyawan.

Dengan berwirausaha seseorang bisa lebih bebas mengekspresikan diri, menyalurkan ide-idenya, dan mengukur akan seperti apa keberhasilan usaha miliknya. Dan banyak keuntungan lain yang akan kamu dapatkan dengan berwirausaha.

Hanya, keberhasilan usaha tidak bisa diraih begitu saja. Ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Berwirausaha memang membutuhkan usaha yang maksimal. Yang harus kamu perhatikan juga, kamu tidak bisa melakukannya seorang diri. Kamu membutuhkan bantuan orang lain agar usahamu bisa berjalan dengan baik.

Apa itu Keberhasilan Usaha?

Keberhasilan usaha adalah keadaan di mana usaha mengalami peningkatan dari hasil sebelumnya. Keberhasilan usaha juga merupakan tujuan utama dari sebuah perusahaan, di mana segala aktivitas yang ada di dalamnya ditujukan untuk mencapai keberhasilan. Umumnya, keberhasilan usaha menunjukkan keadaan yang lebih baik/unggul dari pada masa sebelumnya.

Menurut Moch. Kohar Mudzakar (1998, keberhasilan usaha adalah sesuatu keadaan yang menggambarkan lebih daripada lainnya yang sederajat atau sekelasnya. Di mana, suatu usaha dikatakan berhasil ketika memiliki suatu kelebihan dibandingkan dengan periode sebelumnya atau dengan perusahaan sekelasnya.

Keberhasilan usaha juga bisa diukur dari berbagai sisi, mulai dari keuntungan yang didapat perusahaan hingga perkembangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Usaha

Ada 2 faktor yang paling utama sebagai pendukung keberhasilan usaha adalah sikap dan skill. Selain itu, ada beberapa faktor pendukung keberhasilan usaha lainnya yaitu:

1. Niat yang sangat kuat

Niat yang sangat kuat akan membuatmu lebih serius untuk mencapai tujuan usaha. Mendirikan bisnis dari bawah itu membutuhkan usaha yang ekstra. Kamu tidak perlu menjadi anak orang kaya dulu ketika ingin mendirikan usaha.

Modal utama yang dibutuhkan adalah niat yang sungguh-sungguh. Dalam keadaan apapun, niat yang kuat ini akan membantumu untuk terus maju ke depan.

2. Pantang menyerah walaupun gagal berkali-kali

Banyak yang gagal menjalankan usahanya karena itu adalah hal yang wajar. Banyak faktor yang membuat seseorang bisa mengalami kegagalan dalam usahanya, tapi keberhasilan hanya bisa diraih oleh mereka yang mau mencoba sekali lagi.

Kegagalan akan menjadi pelajaran terbaik bagi mereka yang berwirausaha karena mereka tahu salahnya dimana, dan akan mencoba mencari solusi yang terbaik.

3. Memiliki modal, dan tahu bagaimana cara mencarinya

Untuk mendirikan usaha, dan mengembangkannya lebih besar, kamu diharuskan memiliki modal usaha. Berapa jumlah modalnya tidak ada patokan, yang penting cukup untuk kebutuhan operasional usahamu.

Jika kamu langsung ingin mempekerjakan orang lain, kamu harus memberikan gaji yang layak untuknya.

Jika kamu tidak memiliki modal, banyak cara lain yang bisa dilakukan. Ada yang meminjam uang pada saudara, meminjam uang ke bank atau kamu bisa juga mengandalkan investor.

Namun, kamu harus bisa meyakinkan pada mereka bahwa pinjaman itu akan dikembalikan. Jangan sampai kamu tidak membayarnya karena uang itu memang bukan milikmu.

4. Menghasilkan produk barang atau jasa yang unik

Keunikan akan menjadi daya tarik calon pelanggan. Misalnya saja kamu ingin membuka usaha penjualan roti. Asal kamu tahu saja, yang menjual roti di sekitarmu itu cukup banyak. Kamu harus bisa melakukan kreasi dibentuk dan cita rasanya.

Untuk makanan memang cita rasa itu yang paling pertama diperhatikan. Jika rotimu punya cita rasa yang khas, tentu pelanggan tidak ragu mengkonsumsi roti berkali-kali. Hal ini juga berlaku untuk produk jasa.

5. Mengenal betul bisnis yang dijalankan

Keberhasilan usahamu juga bisa ditentukan dari apakah kamu mengenal usahamu dengan baik atau tidak. Jika kamu mendirikan bisnis ternak ayam, kamu harus tahu bagaimana cara pengelolaan kandang ayam yang baik seperti apa.

Baca juga:  Bagaimana Pembangunan Tol Laut Dapat Menjamin Konektivitas Antar Pulau

Hal ini sekilas terlihat remeh, tapi rasanya akan sulit menjalankan bisnis yang jauh dari pengetahuanmu.

Untuk itulah banyak yang menyarankan untuk menjalankan bisnis yang dunianya tidak asing lagi bagimu. Dengan begitu kamu akan jadi lebih cepat beradaptasi.

6. Mengenal betul target pasarnya

Untuk menentukan keberhasilan usaha, pastikan juga kamu menentukan siapa target pasarmu. Mulai dari gender, umur, hingga ke hal yang spesifik lainnya, misalkan jika ingin membuka usaha toko buku, target pelanggan adalah mereka yang suka membaca buku.

Penentuan target pasar ini dilakukan sebelum kamu mendirikan usaha. Dilakukan dengan riset yang memakan waktu tak menentu. Jika kamu mengenal target pasar dengan baik, kamu pun akan mudah melakukan promosi pada orang yang tepat.

7. Networking yang luas

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu tidak bisa mendirikan sebuah usaha seorang diri. Pasti kamu membutuhkan orang yang bisa membantumu. Untuk itulah kamu memerlukan koneksi yang luas agar bisa mengembangkan bisnismu dengan lebih baik.

Jangan ragu juga untuk membagikan ilmu kepada orang lain. Hal itu juga akan membawamu untuk mengetahui dan mengenal orang-orang baru yang bisa berpengaruh terhadap bisnismu.

8. Melakukan promosi yang tepat sasaran

Promosi yang tepat sasaran ini maksudnya adalah ketika kamu melakukan promosi pada orang yang tepat. Contoh sederhananya saja, jika kamu menggunakan promosi endorse selebgram, kamu harus memastikan bahwa selebgram itu ada hubungannya dengan produk barang dan jasa yang kamu tawarkan.

Misalnya saja jika kamu menjual berbagai macam sambal, pilihlah selebgram yang hobi kulineran atau jika kamu berhasil menemukan selebgram yang suka dengan sambal itu akan jadi lebih baik.

Konten selebgram hobi kulineran biasanya tidak jauh dari makanan, yang mengikutinya pasti tertarik karena makanan-makanan yang disajikan.

9. Terus melakukan inovasi

Usaha yang bertahan lama adalah usaha yang terus melakukan inovasi. Inovasi dibutuhkan karena zaman semakin berkembang. Kompetitor juga pasti melakukan inovasi. Selain itu, pelanggan mudah bosan.

Untuk menarik hati pelanggan lama dan pelanggan baru, tentu kamu harus mengembangkan produkmu. Misalnya saja kamu biasanya menjual roti yang isinya rasa-rasa manis, kamu bisa mencoba membuat roti yang isinya bahan-bahan gurih.

Inovasi bisa didapatkan dari pengalaman yang sudah-sudah. Untuk itulah riset dibutuhkan kembali. Jangan lelah melakukan riset sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

10. Disiplin

Kedisiplinan juga menjadi salah satu faktor pendukung yang mennetukan keberhasilan usaha. Agar berhasil dalam kehidupan, kamu harus bisa mengubah kebiasaan kamu yang sebelumnya tidak disiplin menjadi disiplin. Jadikan itu sebagai budaya kerja.

Dengan memiliki sikap disiplin, kamu bisa lebih mudah mencapai tujuan karena mengurangi risiko distraksi yang masuk dan mengganggu rencana yang telah kamu persiapkan.

Disiplin perlu diterapkan dalam berbagai elemen penting lainnya dalam usaha. Bukan hanya kamu yang menerapkan, tapi seluruh sumber daya manusia yang terlibat secara langsung dalam usaha tersebut, sehingga tidak ada pihak atau pekerjaan yang menghambat proses secara keseluruhan.

11. Memiliki Rencana Bisnis

Agar lebih mudah mencapai tujuan, tentu faktor perencanaan juga memiliki andil didalamnya. Jadi, pastikan kamu telah membuat rencana yang jelas dan rasional. Untuk mempermudah tercapainya tujuan tersebut, cobalah buat rencana yang terbagi ke dalam rencana jangka pendek, menengah, dan panjang. Ciptakan target tertentu berikut cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tentunya, kamu tetap harus disiplin dalam melaksanakannya. Susun juga skala prioritas mengenai pencapaian yang diharapkan agar lebih mudah untuk diraih.

Seperti itulah faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu usaha. Uangmu mungkin akan hilang begitu saja, dan kamu harus memulai semuanya dari nol lagi. Namun, selama kamu ingin bangkit, kamu pasti bisa bangkit lagi.

Kenapa Faktor Organisasi Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Suatu Usaha

Sumber: https://toptenid.com/kenapa-faktor-organisasi-dapat-mempengaruhi-keberhasilan-suatu-usaha