Keyakinan Manusia Terhadap Hari Akhir Dikelompokkan Menjadi

Cantiks.com – Keyakinan Manusia Terhadap Hari Akhir Dikelompokkan Menjadi

* Pengertian Hari Akhir dan Kewajiban Mengimaninya

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya menceritakan kisah dari akhir zaman kelak dan cara mengimaninya secara benar dan jelas.

Hari akhir disebut juga dengan hari kiamat adalah hari berakhirnya seluruh jagat raya.Pada hari itu berakhirlah kehidupan dunia dan akan digantikan dengan kehidupan berikutnya. Semua akan hancur pada Hari Kiamat. Allah SWT menugaskan para malaikatnya yang bernama israfil untuk meniup sangkakala sebagai tanda terjadinya kehancuran semesta.Setelah mengalami kehancuran dan kematian, Allah SWT akan membangkitkan kembali makhluk-makhluk mukalaf, yaitu jin dan manusia untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya ketika hidup di dunia.

Kiamat di bagi menjadi dua, yaitu Kiamat Sugra (kecil) dan Kiamat Kubro (besar). Kiamat Kubro adalah kiamat dalam pengertian yang sesungguhnya, yaitu kematian dan kehancuran seluruh alam semesta, Adapun Kiamat Sugro, yaitu kematian dan kehancuran dari sebagian kehidupan saja, seperti meniggalnya seseorang, bencana alam di daerah tertentu, dan kerusakan-kerusakan yang lainnya.

Adapun iman kepada Hari Akhir artinya mempercayai dan menyakini sepenuh hati akan berakhirnya kehidupan alam semesta yang fana ini. Semua makhluk akan mati dan kemudian akan dibangkitkan kembali dari kubur. Hal ini titik awal dari dimulainya kehidupan yang kekal (baka).

Terjadinya Kiamat Kubro diawali dengan tiupan sangkakala oleh Malaikat Israfil. Dengan izin Allah SWT. Pada hari itu makhluk di alam semesta mengalami kehancuran. Kemudian, Allah SWT. memerintahkan Malaikat Israfil meniup sangkakala yang kedua untuk membangkitkatkan kembali makhluk-makhluk mukalaf. Pada saat itulah, setiap manusia diminta pertanggungjawaban atas amal perbuatannya masing-masing.

Peristiwa Hari Akhir sangat dahsyat. Tidak seorang pun dapat membayangkan kedahsyatanya. Hanya Allah SWT Yang Maha Mengetahui. Allah SWT. memberikan gambaran tentang kedahsyatan peristiwa  Hari Akhir sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an Surah al-Qari’ah ayat 1-5.

Baca juga:  Pengaruh Yang Terbesar Terhadap Peradaban Bangsa Adalah Dikenalnya

ٱلۡقَارِعَةُ (١) مَا ٱلۡقَارِعَةُ (٢) وَمَآ أَدۡرَٮٰكَ مَا ٱلۡقَارِعَةُ (٣) يَوۡمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ ڪَٱلۡفَرَاشِ

ٱلۡمَبۡثُوثِ (٤) وَتَكُونُ ٱلۡجِبَالُ ڪَٱلۡعِهۡنِ ٱلۡمَنفُوشِ (٥)

Artinya :

“Hari Kiamat, (1) apakah hari Kiamat itu? (2) Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? (3) Pada hari itu manusia seperti kupu-kupu yang bertebaran, (4) dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. (5)

Dan yang terakhir Keyakinan manusia terhadap Hari Akhir dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) golongan.

1.)       Golongan pertama adalah kelompok manusia yang mengingkari atau tidak percaya akan adanya Hari Akhir. Mereka mempunyai anggapan bahwa setelah manusia mati tidak ada lagi kehidupan. Satu-satunya kehidupan adalah kehidupan dunia ini. setelah manusia mati, mereka taidak mau tahu.

2.)        Golongan kedua adalah kelompok manusia yang mempercayai akan adanya reinkarnasi. Reinkarnasi adalahpenjelmaan roh manusia yang telah mati, Apabila selama hidupnya beramal baik, ia akan lahir kembali menjadi manusia yang lebih baik atau lebih mulia. Sebaliknya, apabila selama hidupnya beramal buruk, ia akan lahir dalam bentuk yang lebih buruk, misalnya menjadi kucing atau anjing. Kepercayaan seperti ini banyak dianut oleh pemeluk agama ardi (agama buatan manusia).

3.)            Golongan ketiga adalah kelompok manusia yang menyakini akan adanya Hari Akhir. Hari Akhir diyakininya sebagai hari pembalasan bagi amalnya selama hidup di dunia. Hari akhir diyakini sebagai kehidupan hakiki. Kepercayaan seperti inilah yang dianut  oleh emeluk agama Samawi (agama yang berasal dari Allah SWT.)

Ya sekian saja penjelasan dari saya tentang Hari Akhir zaman, Penjelasan saya ini di ambil dari buku Aqidah Akhlak semasa sekolah saya di MTS. Bila ada kata-kata yang kurang jelas tolong komen saja jangan sungkan-sungkan. Ya jangan lupa lihat BLOG saya yang selanjutnya ya tentang agama islam lainya.. okk guys sekian terima kasih…

Baca juga:  Kekurangan Protein Biasanya Disertai Dengan Kekurangan Kalori

Wassalamualaikum wr wb  🙂

Keyakinan Manusia Terhadap Hari Akhir Dikelompokkan Menjadi

Sumber: https://rifkypratamanc.blogspot.com/2017/06/pengertian-hari-kiamat-dan-mengimaninya.html