Kliping Kekayaan Alam Indonesia Beserta Gambarnya

Cantiks.com – Kliping Kekayaan Alam Indonesia Beserta Gambarnya

Bola.com, Jakarta –
Sumber daya alam
adalah kekayaan alam yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sumber daya alam berperan penting dalam pemenuhan hidup manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi.

  • Lirik Lagu Ojo Dibandingke dan Artinya – Farel Prayoga
  • 35 Kata-Kata Motivasi untuk Pelajar agar Lebih Semangat dalam Belajar
  • 36 Kata-Kata Ucapan Menyentuh Hati Selamat Tunangan, Sarat Pesan dan Harapan

Tak bisa dimungkiri, pada zaman modern seperti sekarang, manusia banyak bergantung pada potensi sumber daya alam yang ada. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari benda berbahan logam dan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi.

Berbagai
sumber daya alam
tersedia di bumi Indonesia. Sumber daya alam di Indonesia ada yang dikelola secara besar-besaran oleh perusahaan pemerintah maupun asing.

Namun, ada juga yang dikelola secara tradisional oleh rakyat. Ada banyak sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam
sumber daya alam
yang dimiliki Indonesia, seperti dilansir dari
emodul.kemdikbud.go.id, Senin (13/12/2021).

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Minyak Bumi

Minyak bumi sampai saat ini masih menjadi sumber daya alam paling vital. Hal ini karena penggunaan bahan bakar minyak yang masih dominan.

Saat ini, hampir seluruh kendaraan dan mesin pabrik bergantung pada minyak bumi. Oleh sebab itulah, minyak bumi menjadi barang tambang terpenting yang harus dimanfaatkan secara bijak.

Pertambangan minyak bumi di Indonesia ditangani oleh Pertamina sebagai perusahaan negara, yang dalam kegiatan eksplorasi dan eksploitasinya mengadakan perjanjian kerja sama bagi hasil dengan perusahaan-perusahaan asing, seperti Caltex, Esso, Japan Oil.

Daerah persebaran minyak bumi di Indonesia antara lain, sebagai berikut:

Baca juga:  Cara Membuat Tirai Dari Sedotan Beserta Gambarnya

1. Pulau Jawa, meliputi; daerah Delta Sungai Brantas, Cepu, dan Jatibarang. Pabrik penyulingan minyak terdapat di Wonokromo dan Cepu.

2. Pulau Sumatra, meliputi; Perlak, Lhokseumawe, Langkat, Dataran Riau (sekitar Pekanbaru), Dumai, Natuna, Lirik, Jambi, Muara Enim, Prabumulih, dan Palembang. Pabrik penyulingannya terdapat di Pangkalan Brandan, Dumai, Plaju, dan Sungai Gerong.

3. Kalimantan, meliputi; Pulau Bunyu dan Tarakan, sekitar Sungai Mahakam, Kutai. Pabrik penyulingan minyak bumi dari Kalimantan terdapat di Balikpapan.

4. Pulau Seram, Maluku, terdapat di Bula.

5. Papua, terdapat di Sorong, Babo dan Klamono.

6. Tambang lepas pantai, meliputi; lepas pantai sebelah timur Balikpapan (Ataka), lepas pantai Aceh Timur, Laut Jawa (Shinta dan Arjuna), dan lepas pantai Sumatra bagian tenggara (Zeida dan Cita).

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Gas Alam

Tambang gas alam sering ditemukan bersama-sama dengan minyak bumi. Indonesia merupakan satu di antara penghasil gas alam terbesar di dunia.

Daerah penghasil gas alam utama berada di pusat pengeboran minyak Arun di Aceh, pengeboran gas alam Badak di Bontang, Kalimantan Timur, dan pusat pengeboran minyak di Kepulauan Natuna.

Hasil olahan gas alam tersebut setelah itu dicairkan menjadi LPG (Liquid Petroleum Gas) dan LNG (Liquid Natural Gas).

Batu Bara

Potensi sumber daya alam batu bara di Indonesia bisa dibilang sangat melimpah, terutama di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatra. Batu bara terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang tertimbun di dalam tanah selama berjuta-juta tahun.

Makin tua usianya, kadar karbonnya akan makin tinggi, dan kualitasnya juga makin baik. Batu bara yang terbentuk pada zaman karbon merupakan batu bara yang bermutu tinggi.

Sedangkan batu bara yang terbentuk pada zaman tertier mutunya kurang baik dan disebut batu bara muda. Daerah-daerah pertambangan batu bara di Indonesia, yaitu:

  • Pertambangan batu bara Bukit Asam, Sumatra Selatan, terdapat di sepanjang Sungai Lematang, pusatnya di Tanjung Enim.
  • Pertambangan batu bara Umbilin, Sumatra Barat, pusatnya di Sawahlunto.
  • Pertambangan batu bara Sungai Berau, Kalimantan Timur.
  • Pertambangan batu bara Pulau Laut di Lampung.
  • Pertambangan batu bara Muara Bungo di Jambi.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Emas dan Perak

Baca juga:  Activity Diagram Biasanya Digunakan Untuk Menggambarkan

Tambang emas dari zaman dahulu banyak yang dikerjakan secara tradisional oleh rakyat. Namun, adanya bahaya yang ditimbulkan dari penggalian ke dalam perut bumi membuat pemerintah membatasi pertambangan rakyat dan ditangani oleh perusahaan negara.

Penambangan hanya dilakukan oleh PN Aneka Tambang, dan pengolahannya dilakukan PN Logam Mulia untuk dijadikan emas/perak batangan. Berikut beberapa lokasi tambang di Indonesia.

  • Tambang emas dan perak Martabe di Tapanuli Selatan, Sumatra Utara
  • Tambang emas dan perak Rejang Lebong di Bengkulu
  • Tambang emas dan perak Cikotok, Jawa Barat
  • Tambang emas Pujon, di Sungai Mahakam, Kalimantan Tengah
  • Tambang emas Batu Hijau di Pulau Sumbawa
  • Tambang emas Gosowong di Pulau Halmahera
  • Tambang emas Kencana di Maluku Utara

Timah

Timah merupakan satu di atara hasil mineral yang terpenting di Indonesia. Timas sering dimanfaatkan untuk pembuatan kaleng, patri, huruf cetak, tube, kertas timah, dan lain-lain.

Tambang timah terbesar di Indonesia terdapat di Pulau Singkep, Bangka, Belitung, serta daerah lepas pantai di sekitar kepulauan Bangka Belitung. Hasil tambang timah di darat disebut timah primer.

Sedangkan yang di lepas pantai disebut timah sekunder. Di Indonesia banyak dihasilkan timah sekunder dan menjadi pabrik peleburan timah terbesar ketiga setelah Bolivia dan Malaysia.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Biji Besi

Biji besi merupakan bahan utama dalam pembuatan besi. Besi yang pada mulanya berupa pasir besi, diolah menjadi lembaran maupun batangan.

Di era kemajuan zaman seperti sekarang ini, manusia sangat bergantung pada besi, sebagai kebutuhan rumah tangga maupun industri serta bahan bangunan.

Pabrik pelebur besi baja Indonesia terdapat di Cilegon, yaitu PT Krakatau Steel. Daerah persebaran tambang biji besi di Indonesia antara lain sebagai berikut.

a. Tambang biji besi lateritik terdapat di Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

b. Tambang biji besi magnetik hematit terdapat di Kalimantan Tengah.

c. Tambang biji besi titan terdapat di Pantai Cilacap, Pantai Pelabuhan Ratu, Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Aceh.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Aspal Alam

Baca juga:  Produk Bioteknologi Yang Bahan Dasarnya Susu Adalah

Aspal atau bitumen adalah suatu cairan kental yang berupa senyawa hidrokarbon. Aspal banyak digunakan untuk bahan utama pembuatan jalan raya, yakni sebagai pengikat material pasir dan batu.

Aspal dapat dibuat dengan menggunakan bahan minyak. Tetapi, ada juga yang sudah berupa aspal dari alam, tanpa memproses terlebih dahulu dan bisa langsung digunakan.

Potensi aspal alam yang dimiliki bangsa Indonesia, terdapat di Pulau Buton. Cadangan aspal alam dari Pulau Buton ini merupakan tambang aspal alam paling besar di dunia, dengan kualitas yang sangat bagus.

Marmer

Marmer atau sering disebut batu pualam, merupakan bahan tambang yang digunakan untuk pembuatan lantai, perkakas mebel, serta berbagai perabot rumah tangga. Daerah penghasil marmer di Indonesia, antara lain:

a. Tulungagung, Jawa Timur, merupakan kawasan pertambangan marmer tertua dan terbesar di Indonesia.

b. Pangkep di Sulawesi Selatan, merupakan daerah penghasil marmer dengan kualitas marmer terbaik di dunia.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Belerang

Belerang merupakan bahan mineral yang keluar dari aktivitas gunung berapi. Belerang digunakan sebagai bahan obat gatal atau kulit, bahan pembuatan kosmetik, bahan pemutih kulit, dan bahan pembuatan korek api.

Di Indonesia, tambang belerang yang produksinya besar dan terkenal terdapat di:

  • Gunung Welirang dan Gunung Ijen, Jawa Timur
  • Gunung Patuha dan Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat
  • Pegunungan Dieng, Jawa Tengah
  • Gunung Namora, Sumatera Utara
  • Gunung Mahawu, Soputan, dan Gunung Sorek Merapi di Sulawesi Utara.

Batu Permata

Batu permata yang terkenal adalah intan. Tambang intan yang ada di Kalimantan Selatan terdapat di sekitar Sungai Kusan dan Riam Kanan Kiri. Penggalian intan dipusatkan di simpang empat dekat Martapura, yang dikelola oleh PN Aneka Tambang.

Selain perusahan tambang intan yang dikelola oleh negara, rakyat juga melakukan penggalian dengan cara tradisional. Pendulangan intan oleh rakyat dilakukan di daerah Cempaka Banjar Baru.

Kota Martapura merupakan pusat penggosokan intan yang terkenal di Indonesia. Selain intan, batu permata yang diusahakan adalah berlian, zamrud, ruby dan safir.

Sumber:
Kemdikbud

Kliping Kekayaan Alam Indonesia Beserta Gambarnya

Sumber: https://www.bola.com/ragam/read/4733569/macam-macam-sumber-daya-alam-yang-dimiliki-indonesia