Komputer Yang Terhubung Ke File Server Dalam Jaringan Disebut

Cantiks.com – Komputer Yang Terhubung Ke File Server Dalam Jaringan Disebut

/en/tr_id-computer-basics/mengenal-sistem-operasi/content/

Bagaimana cara terhubung ke internet ?

Setelah Anda selesai mengatur komputer Anda, maka Anda ingin menghubungkannya dengan layanan internet di rumah sehingga Anda dapat mengirim dan menerima email, browsing Web, video streaming, dan masih banyak lagi. Atau Anda ingin menikmati layanan internet nirkabel di rumah (atau yang dikenal sebagai Wi-Fi) sehingga Anda dapat menyambungkan beberapa perangkat komputer ke Internet pada waktu bersamaan.

Mari lihat video di bawah ini untuk memahami cara menghubungkan komputer ke Internet.

Jenis layanan internet yang dapat Anda pilih tergantung pada penyedia jasa layanan Internet (ISP) di sekitar Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan Internet yang umum.

  • Dial-up: Layanan ini merupakan layanan internet yang kecepatannya paling lambat, dan Anda sebaiknya tidak menggunakannya kecuali layanan ini adalah satu-satunya layanan yang tersedia di wilayah Anda. Dial-up menggunakan saluran telepon Anda, jadi Anda tidak dapat menggunakan telepon dan internet bersamaan kecuali Anda memiliki beberapa saluran telepon.
  • DSL: Layanan ini menggunakan koneksi broadband dimana kecepatannya jauh lebih cepat daripada layanan dial-up. DSL terhubung ke Internet melalui saluran telepon, tetapi tidak mengharuskan Anda memasang telpon di rumah. DSL berbeda dengan dial-up yaitu Anda dapat menggunakan Internet dan telepon Anda pada waktu yang bersamaan.
  • Kabel: Layanan ini terhubung ke Internet melalui kabel TV, meskipun Anda tidak perlu memiliki TV untuk menggunakannya. Layanan ini juga menggunakan koneksi broadband dan lebih cepat dari dial-up dan DSL; namun layanan ini dapat digunakan jika di wilayah Anda telah terpasang jaringan kabel TV.
  • Satelit: Koneksi satelit juga menggunakan broadband tetapi tidak membutuhkan kabel atau saluran telepon; namun melalui satelit yang mengorbit bumi. Dengan demikian, layanan ini dapat digunakan hampir di mana saja tetapi dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Koneksi satelit biasanya lebih lambat daripada layanan DSL atau kabel.
  • 3G dan 4G: layanan 3G dan 4G ini paling sering digunakan di ponsel yang terhubung secara nirkabel melalui jaringan seluler Anda. Namun, jenis layanan ini tidak secepat DSL atau kabel. Penyedia layanan ini juga membatasi jumlah pemakaian data yang digunakan setiap bulan, yang berbeda dengan sebagian besar layanan broadband.
Baca juga:  Cabang Seni Yang Berbentuk Susunan Suara Disebut

Memilih penyedia layanan internet

Sekarang Anda sudah mengetahui tentang berbagai jenis layanan Internet dan Anda dapat menanyakan layanan-layanan mana yang disediakan oleh penyedia ISP di wilayah Anda. Jika Anda kesulitan memulainya, sebaiknya Anda bertanya kepada teman-teman, anggota keluarga, dan tetangga Anda tentang ISP yang mereka gunakan. Hal ini biasanya akan memberi Anda rekomendasi jenis layanan Internet yang tersedia di wilayah Anda.

Kebanyakan ISP menawarkan beberapa macam layanan internet yang kecepatannya diukur dalam Mbps (singkatan dari megabit per detik). Jika Anda ingin menggunakan Internet terutama untuk akses email dan jejaring sosial, maka kecepatan koneksi sekitar 2 sampai 5 Mbps sudah cukup. Jika Anda ingin mengunduh musik atau streaming video, maka Anda sebaiknya menggunakan koneksi internet yang lebih cepat (minimal 5 Mbps atau lebih tinggi).

Selain kecepatan, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan beberapa faktor lainnya seperti biaya instalasi dan biaya bulanan. Pada umumnya, semakin cepat koneksi internet maka semakin mahal biayanya.

Meskipun layanan dial-up memiliki kecepatan lambat, sebagian besar ISP telah menaikkan biaya layanan dial-up sama dengan layanan broadband. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pengguna beralih ke layanan broadband. Kami tidak menyarankan layanan dial-up kecuali layanan itu satu-satunya yang tersedia di wilayah Anda.

Perangkat keras yang dibutuhkan

Modem

Setelah Anda memiliki komputer, maka Anda tidak membutuhkan banyak perangkat keras tambahan untuk terhubung ke Internet. Perangkat utama yang Anda butuhkan adalah modem.

Jenis layanan Internet yang Anda akan gunakan juga akan menentukan jenis modem yang Anda gunakan. Koneksi dial-up menggunakan modem telepon, koneksi DSL menggunakan modem DSL, koneksi kabel menggunakan modem kabel, dan lkoneksi satelit menggunakan adaptor satelit. ISP yang Anda pilih dapat memberikan modem sekaligus (biasanya dikenakan biaya tambahan) saat Anda telah menandatangani kontrak pembelian layanan internet. Namun jika Anda ingin membeli modem sendiri, maka Anda dapat memilih untuk membeli layanan internet saja.

Router

Router adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lainnya ke koneksi internet tunggal. Mayoritas router adalah nirkabel, yang dapat Anda gunakan untuk membuat jaringan nirkabel di rumah (atau dikenal sebagai jaringan Wi-Fi).

Baca juga:  Serat Dari Tumbuhan Yang Dibuat Karung

Anda tidak harus membeli router supaya dapat terhubung ke Internet. Anda dapat langsung menghubungkan komputer ke modem menggunakan kabel Ethernet. Sebagian besar modem sudah memiliki fitur router built-in, sehingga Anda dapat membuat jaringan Wi-Fi tanpa perlu membeli perangkat tambahan.

Pengaturan koneksi internet Anda

Setelah Anda membeli layanan internet dari ISP pilihan Anda, maka pada umumnya mereka akan mengirim teknisi ke rumah Anda untuk mengaktifkan koneksi internet. Jika tidak demikian, maka Anda dapat mengikuti panduan yang disediakan oleh ISP (atau sudah termasuk dengan panduan modem) untuk mengatur koneksi Internet Anda.

Setelah Anda selesai mengatur semuanya, maka Anda dapat membuka browser web dan mulai menggunakan Internet. Jika Anda mengalami kendala dengan koneksi internet Anda, maka Anda dapat menghubungi nomor telepon ISP.

Jaringan internet di rumah Anda

Jika Anda memiliki beberapa komputer di rumah dan ingin menggunakan semuanya untuk mengakses Internet, maka Anda dapat membuat jaringan internet nirkabel di rumah Anda (dikenal sebagai jaringan Wi-Fi). Semua perangkat di rumah Anda terhubung ke router yang terhubung ke modem. Dengan demikian, setiap orang di rumah Anda dapat menggunakan Internet bersamaan.

Teknisi ISP Anda mungkin dapat membantu membuat jaringan Wi-Fi saat memasang layanan Internet Anda. Jika tidak demikian, Anda dapat mempelajari panduan kami tentang langkah-langkah membuat jaringan Wi-Fi di How to Set Up a Wi-Fi Network.

Jika Anda ingin menghubungkan komputer yang tidak memiliki fitur Wi-Fi built-in, Anda dapat membeli adaptor Wi-Fi yang dihubungkan ke port USB komputer Anda.

/en/tr_id-computer-basics/memulai-menggunakan-internet/content/

Last updated
16 Mar , 2017

Kata “ Jaringan Komputer “ mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi dan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.

Baca juga:  Waktu Yang Diperlukan Untuk Melakukan Satu Getaran Dinamakan

Tujuan dibangunya jaringan komputer adalah agar informasi atau data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakikan komunikasi satu sama lain dengan mudah.

Selain itu peran jaringan komputer sanagat diperlukan untuk mengintergrasikan data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.

Ada pun manfaat dari jaringan komputer itu dalam melaksanakan tugas-tugas dikantor adalah sebagai berikut :

  • Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan melalui suatu jaringan. Misalmya jaringan internet.
  • Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  • Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
  • Di jaringan komputer pengguna juga dapat mengirimkan teks, gambar, audio, maupun video secara real time.
  • Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet.
  • Dengan jaringan komputer kita dapat juga memakai satu printer dikantor secara bersama.

Umumnya jaringan komputer di kelompokan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangauan geografis, distribusi sumber informasi atau data , media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan.

  1. Berdasarkan Jangkauan geografis
  2. LAN ( Local Area Network )
    merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, misal warnet, kantor atau sekolah. Umumnya jaringan LAN lias areanya tidak jauh 1 km persegi.

Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. selain menggunakan teknologi Ethernet tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

  1. MAN
    ( Metropolitan Area Network )
    merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan tranfer data yang tinggi.

Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.
(Bersambung) hendri

Next Post

MUSRENBANG HASILKAN KESEPAKATAN

Komputer Yang Terhubung Ke File Server Dalam Jaringan Disebut

Sumber: https://berikutyang.com/suatu-kondisi-yang-dapat-terhubung-ke-dalam-suatu-jaringan-disebut