Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Cantiks.com – Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup : Penyebab dan Solusinya!

Anda mengalami masalah laptop mati tapi indikator baterai hidup? yuk kita simak mengenai penyebab dan solusinya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup
– Sejak pandemi ini akibat merebaknya wabah bahaya Covid-19, semua instansi mengubah semua regulasi. Untuk dunia pendidikan di Indonesia sangat terlihat bahwa sekolah formal sedang merubah metode pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran virtual.

Banyak orang lebih memilih laptop daripada menggunakan komputer pribadi atau PC. Biasanya hal ini dikarenakan lebih mudah dibawa kemana-mana dan lebih mudah digunakan. Hingga saat ini banyak sekali merk laptop yang tersedia, seperti Asus, HP, Lenovo, Acer dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa dengan adanya sekolah virtual ini, siswa di Indonesia sangat membutuhkan laptop untuk belajar.

Baca Juga :Lampu Power Laptop Nyala Tapi Layar Mati : Penyebab dan Solusinya!

Banyak juga kejadian pada saat pembelajaran, pelajaran mendapatkan masalah yang sangat serius pada laptopnya, bisa mati mendadak, laptop menjadi lemot, dan lain-lain yang menghambat belajar siswa. Meski menjadi pilihan banyak orang, laptop juga kerap mengalami beberapa masalah. Salah satunya seperti Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa masalah dan umumnya karena kerusakan pada perangkat keras pada laptop Anda. Namun, tidak perlu khawatir tentang itu. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai penyebab dan tips mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai Hidup, yang wajib anda coba untuk memperbaiki laptop tersebut.

Baca juga:  Persamaan Kuadrat Yang Akar Akarnya Dan 3

Baterai habis

Jangan menuduh laptop rusak ketika Anda menekan tombol power tetapi tidak menyala. sedangkan pada saat pengisian, lampu indikator menyala, karena laptop yang benar-benar kehabisan baterai sudah pasti tidak dapat menjalankan sistem walaupun sudah di charge.

Baca Juga :Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala : Ini Solusinya!

Untuk memastikan bahwa laptop kita hanya kehabisan baterai yaitu mengisi daya selama beberapa menit, kira-kira baterai dapat menyala atau menjalankan sistem dari laptop, tetapi jika masih tidak menyala, maka kita cari cara lain terkait fitur yang ditampilkan. . Coba cara kedua yaitu dengan mengecek RAM.

RAM kotor/rusak

RAM yang kotor juga bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa mengoperasikan sistem, namun sebelum kita mengganti RAM alangkah baiknya jika kita coba bersihkan terlebih dahulu, jika sudah dibersihkan coba pasang kembali dan hidupkan laptop seperti biasa, jika masih tidak menyala berarti Ramnya rusak.

Ciri-ciri RAM rusak ditunjukkan dengan lampu indikator menyala meskipun laptop dalam keadaan mati. Caranya sendiri tidak ribet karena RAM memiliki ukuran yang besar, sehingga tidak menimbulkan bahaya jika dibongkar sendiri.

Prosesor mengalami masalah

Processor merupakan otak dari perangkat laptop yang anda gunakan, jika processor tersebut mengalami error bisa di tandai dengan laptop yang menyala hitam saja. Penyebab prosesor bermasalah bisa dari debu yang sudah menumpuk di area prosesor, coba bersihkan dulu.

Baca Juga :Layar Laptop Tidak Muncul Menu di Windows 7, 8, 10 dan 11: Ini Solusinya!

Cara pengecekan ini lebih rumit daripada pengecekan RAM, karena Anda harus super hati-hati jika ingin membersihkan prosesor. Pinnya sangat kecil sehingga mudah ditekuk atau patah jika Anda memaksanya untuk menariknya keluar.

Baca juga:  Cara Menggambar Hp Untuk Anak Tk

Coba mulai bersihkan debu-debu yang sampai di processor dan heatsink, dan jangan lupa cek knalpot di laptop, biasanya banyak debu yang mengendap disana. Bagi yang sangat khawatir akan terjadi masalah saat mencoba membongkar sendiri, ada baiknya kita bawa ke tukang reparasi komputer.

HDD rusak

Cara mengatasi laptop mati total tapi lampu indikator charger masih menyala, cek HDD. Pertama kita perlu tahu apa itu HDD? HDD adalah memori penyimpanan laptop, mulai dari sistem yang mengoperasikan laptop hingga data yang tersimpan di laptop.

Baca Juga :Layar Laptop Hitam Setelah Starting Windows : Penyebab dan Solusinya!

Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa harddisk rusak adalah perangkat kita lambat dalam mengoperasikan sebuah software, layar menjadi gelap/biru, suara aneh pada harddisk, dan laptop bisa mati. Untuk mengatasi hal tersebut jika terjadi kerusakan dengan ciri-ciri mati total yaitu dengan cara mengganti hardisk, karena HDD monitor sudah tidak bisa jalan/rusak.

Demikian ulasan tentang Ketahui Penyebab Dan Tips Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup semoga bermanfaat.

Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Sumber: https://www.brodanni.com/2022/03/laptop-mati-tapi-indikator-baterai-hidup.html