Latihan Lempar Tangkap Bola Dapat Dilakukan Secara

Cantiks.com – Latihan Lempar Tangkap Bola Dapat Dilakukan Secara

Penguasaan teknik melempar dan menangkap bola adalah kunci utama untuk memenangkan pertandingan perminan softball.
Penguasaan teknik ini merupakan skill individu bagi para pemain softball. Untuk melakukan operan dari satu pemain ke pemain lain harus melalui cara melemparkan bola kepada temannya. Ini dilakukan jika sasaran musuh yang akan dilempar dengan menggunakan bola jaraknya cukup jauh. Sehingga dibutuhkan operan antar teman untuk mengejar musuh yang berlari dari base satu ke base yang lainnya.

Latihan teknik melempar bola softball

1. Cara memegang bola (Grip)
Cara memegang bola ini ada bermacam-macam tergantung dari ukuran tangan jari tangan atlet (pelempar). Jika tangan seorang atlet besar/panjang jarinya, dia dapat mempergunakan pegangan dengan dua jari.  Sebaiknya, bila tangannya kecil, jarinya pendek-pendek, atlet tersebut mempergunakan pegangan tiga atau empat jari. Pegangan semacam ini biasanya dipergunakan oleh putri.

2.

Teknik l
emparan atas (Overhand Throw)
Yaitu melempar bola softball dengan menggunakan teknik atas, yaitu tangan yang dipakai melempar diacungkan ke atas. Lemparan dengan menggunakan teknik lemparan atas ini dapat menghasilkan kekuatan yang besar. Sebab lemparan ini merupakan kombinasi antara gerakan putaran pinggang dengan ayunan lengan yang berpangkal pada otot-otot bahu.

Cara melakukan lemparan atas yaitu:

  1. langkahkan kaki ke depan kea rah sasaran, dan bersamaan dengan itu ayunan lengan ke belakang posisi lengan atas (siku) 90 derajat ke atas,
  2. pinggang diputar ke belakang ( kea rah tangan yang memegang bola).Kemudian mulailah dengan gerakan melempar .
  3. Ayunkan lengan ke depan, sementara itu putarkan pinggang ke depan dan pindahkan berat badan ke kaki depan.
  4. Pada saat bola lepas, diikuti oleh lecutan pergelangan tangan. Gerakan lecutan dan memindahkan berat badan ke depan.  Ini akan menambah kekuatan lemparan dan control lebih baik.
  5. Sebagai gerak lanjut (follow throught), langkahkan kaki belakang ke depan hingga dalam posisi dan sikap untuk menangkap bola (fielding position).
Baca juga:  Terjemahan Lagu Dont Look Back in Anger

3.Lemparan samping (Side Arm Throw)

Teknik lemparan samping hampir sama dengan lemparan atas. Perbedaanya pada lemparan samping, posisi lengan agak lurus kesamping rata air. Gerakan lemparan samping yaitu putar badan ke belakang penuh dan diikuti oleh ayunan lengan ke belakang dan lurus. Lemparan samping digunakan apabila memerlukan waktu yang cepat sesudah melakukan fielding bola bawah (ground ball).

4. Lemparan bawah (Underhand Throw)

Lemparan bawah dilakukan apabila waktu sudah sangat mendesak dan fielder tak sempat melakukan gerakan lain. Misalnya, sesudah melakukan fielding bola bawah (ground ball) dia harus segera melemparkan bola tersebut ke arah fielder yang lain yang sudah siap mematikan lawan di tempatnya, karena lawan sudah dekat dengan base yang dituju.

Beberapa ketrampilan yang perlu dilatih untuk latihan melempar bola softball adalah:

  • Latihan lecutan tangan
  • Latihan sikap awal melecutkan tangan tanpa ayunan
  • Lecutan tangan sesaat bila lepas dari tangan
  • Latihan lecutan tangan dengan ayunan tangan / lengan bagian atas

Tehnik Menangkap Bola

Pada dasarnya, tehnik menangkap bola dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu teknik menangkap bola yang bergulir di tanah (ground ball), bola melambung (fly-ball), dan bola yang datangnya lurus (straight-ball). Masing-masing dari ketiga teknik terebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

a)
Tehnik menangkap bola guling tanah (Ground-ball)

Cara melakukan adalah sebagai berikut:

  1. Sikap badan harus rendah sesuai dengan keadaan datangnya bola.
  2. Kedua lutut ditekuk dan satu kakidi depan (bagi yang bukan kidal kaki kiri depan ) dan yang lain di belakang dengan jarak secukupnya.
  3. Tangan yang memakai glove diluruskan ke bawah/menempel pada tanah diantara kedua kaki menghadap ke arah bola dan tangan satu di atasnya. Begitu bola masukke dalam glove segera dilempar ke sasaran yang dikehendaki.
  4. Untuk fielding bola guling yang keras, maka lutut kaki belakang ditempelkan tanah. Jadi, dalam hal ini ada dua macam teknik menangkap bola-bola yang bergulir di atas tanah, yaitu yang keras dan yang tidak keras.
Baca juga:  Pengukuran Ketebalan Uang Koin Dengan Mikrometer Sekrup

Tehnik yang kedua lebih ditekankan terutama kepada out fielders. Sebab dibelakang mereka sudah tidak ada fielder lagi sehingga bila bolanya lepas, lebih berbahaya bila dibandingkan dengan infielders. Bagi fielders, bila bolanya lepas masih ada out fielders.

b)
Tehnik menangkap bola melambung(Fly-ball)

Untuk dapat menangkap bola yang melambung seorang pemain harus mengambil posisi yang tepat, sehingga dapat menguasai bola kea rah sasaran.

Tehnik menangkap bola melambung

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu kaki harus di depan badan kita.
  2. Pandangan haru menghadap kea rah datangnya bola.
  3. Agar dapat menangkap bola dengan baik, maka kedua lengan diluruskan ke atas, tetapi dijaga jangan sampai menutup pandangan kea rah bola. Bola ditangkap setinggi raihan.
  4. Pandangan diarahkan ke bola, sampai bola masuk ke dalam glove atau tertangkap. Hal ini untuk menjaga agar bolanya terlepasdapat segera dikuasailagi.
  5. Pada waktu menangkap bola, berat badan berada di kaki belakang.

c)
Tehnik menangkap bola lurus (Straight-ball)

Tehnik menangkap bola lurus

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Kedua kaki direnggangkan selebar bahu.
  2. Kedua lengan diacungkan ke depan hampir lurus dan dalam keadaan rileks, kedua telapak tangan saling berhadapan.
  3. Badan menghadap kea rah bola, demikian juga pandangan diarahkan ke bola.
  4. Pada waktu menangkap bola, dengan mengatupkan kedua tangan ke belakang, gerakan tangan adalah seperti per. Agar bola tidak mental keluar, maka tangan yang tidak memakai glove segera menutup glove dan memegang bola untuk segera melakukan lemparan. Dengan cara ini pemain memperoleh keuntungan waktu, sebab dengan cepat segera kita dapat melemparkan bola.
  5. Pandangan harus selalu ditujukan ke bola sampai bola masuk ke dalam glove.

Untuk menguasai cara melempar dan menangkap bola harus melalui latihan secara intensif. Penguasaan cara melempar dan menangkap bola softball adalah suatu ketrampilan yang harus di latih. Semakin banyak latihan maka pemain akan dengan cepat menguasai bagaimana cara melempar dan menangkap bola softball. Latihan sebaiknya dilakukan perbagian, misalnya menangkap bola atas, setelah lancar baru latihan menangkap bola bawah yang menggelinding di tanah. setelah keduanya dikuasai baru melakukan latihan kumbinasi atau giliran bola atas dan bola bawah

Baca juga:  Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan Dalam Pementasan Teater Modern Adalah

Latihan Lempar Tangkap Bola Dapat Dilakukan Secara

Sumber: https://generasiprestasi1.blogspot.com/2016/10/materi-pembelajaran-lempar-tangkap.html