Limit Switch Merupakan Saklar Yang Banyak Digunakan Di

Cantiks.com – Limit Switch Merupakan Saklar Yang Banyak Digunakan Di

Limit Switch valves telah digunakan secara luas dalam kehidupan kita sehari-hari di rumah maupun di tempat kerja kita.

Contoh sederhana dari penerapan Limit Switch adalah lampu di dalam lemari es menyala setiap kali kita membuka pintu lemari es. Di sini Limit Switch mendeteksi jika pintu lemari es dibuka atau ditutup.

Penggunaan Limit Switch lainnya yang paling sering terlihat adalah di bengkel dan pintu garasi di mana Limit Switch menghentikan pergerakan pintu pada posisi terbuka penuh.

Apa itu katup Saklar Batas?

Dalam mesin yang dioperasikan secara otomatis, Limit Switch digunakan untuk mengubah gerakan mekanis perangkat menjadi sinyal listrik.

Sesuai namanya ‘Batas,’ sakelar ini terutama menentukan batas atau batas perjalanan suatu objek atau mesin. Pada saat yang sama, perangkat elektromekanis ini menunjukkan ada atau tidak adanya suatu objek.

Setelah mendapatkan indikasi fisik, mudah untuk mengoperasikan seluruh rangkaian dengan mengubah gerakan mekanis menjadi sinyal listrik.



Saklar Batas, Sumber Gambar: forum otomatisasi

Apa fungsi dari Limit Switch?

Limit Switch diaktifkan oleh ada atau tidaknya suatu objek atau oleh pergerakan mesin.

Fungsi utama dari Limit Switch adalah untuk membuka atau menutup kontak di sirkuit ketika jarak tertentu yang ditempuh oleh perangkat yang dioperasikan motor telah tercapai. Limit Switch diterapkan di sirkuit kontrol untuk tujuan yang berbeda seperti memperlambat, membalikkan, atau menghentikan pengoperasian mesin.

Limit Switch terdiri dari aktuator yang terhubung ke sakelar listrik. Segera setelah bergerak mesin atau bagian mesin yang bergerak menabrak aktuator, pengoperasian Saklar Batas dimulai dan sakelar itu digerakkan. Akibatnya, sirkuit Listrik mengontrol mesin dan gerakannya.

Sakelar Batas dapat digunakan sebagai perangkat kontrol untuk operasi standar atau sebagai sakelar darurat untuk menghentikan fungsi mesin yang tidak sesuai.

Baca juga:  Apa Yang Sebaiknya Penduduk Lakukan Terhadap Keberadaan Peternakan Ayam

Komponen Saklar Batas

Limit Switch adalah jenis sakelar pendeteksi di dalam casing logam atau resin. Kasing luar diperlukan untuk melindungi sakelar dari debu, kotoran, kekuatan eksternal, kelembapan, oli, dll.

Komponen utama dari Limit Switch adalah:

  • Aktuator: Ini adalah bagian yang bersentuhan fisik dengan mesin atau bagian mesin yang bergerak. Itu dibangun dengan bahan yang kuat untuk menahan sejumlah besar kekuatan dan goncangan.



  • Kepala pengoperasian: Terkadang, aktuator dihubungkan dengan kepala pengoperasian yang mengubah gerakan putar, linier, atau tegak lurus perangkat menjadi sinyal listrik untuk mengoperasikan sakelar.

  • Switch body: Ini mengacu pada seluruh mekanisme kontak listrik.


  • Serangkaian terminal Listrik: Sekrup atau rakitan sekrup/penjepit yang penting untuk keperluan pemasangan kabel.




Komponen Limit Switch, Sumber Gambar: @pub/@listrik

Apa yang memicu Limit Switch?

Sakelar batas dipicu oleh gaya fisik yang diterapkan pada aktuator sakelar oleh mesin. Kamera terhubung ke aktuator batang segera aktifkan sakelar.

Ketika produk melakukan kontak fisik dengan aktuator Saklar Batas, sentuhan fisik ini diubah menjadi sinyal listrik yang mengaktifkan atau menonaktifkan sirkuit listrik di dalam sakelar. Saat produk menjauh, aktuator dan sakelar kembali ke posisi normal.

Berbagai jenis aktuator digunakan dalam Batasi Sakelar tergantung pada aplikasi yang berbeda. Aktuator terutama dipilih dengan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu seperti jarak perjalanan, bentuk, kecepatan, arah bagian mesin yang digunakan untuk menggerakkan Limit Switch. Jenis utama dari actuator adalah flexible rod, plunger, dan roller lever.


Fungsi Limit Switch, Sumber Gambar: omron.com

Apa itu sakelar posisi katup?

Sakelar posisi katup adalah perangkat sakelar listrik yang terkait dengan Saklar Batas untuk memberikan indikasi visual yang mudah tentang posisi rakitan katup saat ini.

Sakelar posisi katup beri tahu kami tentang posisi (terbuka, tertutup, atau dalam keadaan antara) katup dalam bentuk sinyal kontinu. Sakelar ini dapat dipasang langsung pada aktuator katup. Mereka dapat digunakan dalam kombinasi dengan
pengatur posisi katup
.

Batasi sakelar diaktifkan oleh sentuhan fisik yang dialami oleh aktuator mesin. Gerakan mekanis yang dialami oleh aktuator pendorong diubah menjadi sinyal listrik yang pada gilirannya mengubah atau mengatur keadaan membuat atau memutuskan rangkaian.

katup sakelar batas

Sakelar posisi katup, Kredit gambar : aoxactuator.com

Baca juga:  Resensi Buku Non Fiksi Tentang Pendidikan

Bagaimana cara kerja sakelar Batas Putar?

Rotary Limit Switches umumnya digunakan untuk mengontrol putaran poros atau untuk membatasi pergerakan berdasarkan sudut putaran mesin industri.

Rotary Limit Switch adalah rakitan roda gigi dan cam untuk memicu microswitch ketika jumlah putaran yang telah ditentukan telah tercapai. Di sini prinsip kerja worm drive telah diikuti.
Roda gigi terhubung ke mekanisme cam yang berputar sepenuhnya tergantung pada roda gigi pusat.

Dalam Rotary Limit Switch, poros harus memutar jumlah putaran yang telah ditentukan sebelum kontak berubah status seperti pada derek.

Rotary Limit Switch terdiri dari poros yang terhubung ke poros gear box melalui kopling. Saat poros gear box berputar, poros Rotary Limit Switch juga ikut berputar. Cams dipasang secara konsentris dengan roda gigi, sehingga saat roda gigi berputar, Cams berputar, dan lengan ayun terpasang ke sakelar trip lobus cam pada posisi yang ditentukan.


Saklar Batas Putar, Sumber Gambar: Kiat kontrol gerakan

Umumnya roda gigi masukan adalah roda gigi cacing tetapi roda gigi planet dan roda gigi pacu juga digunakan. Jenis roda gigi ditentukan tergantung pada rasio roda gigi yang diperlukan. Batas di mana sakelar diaktifkan tergantung pada desain lobus cam dan pada rasio roda gigi input.


Saklar Batas Putar, Sumber Gambar: ohmik-lokal-manufaktur

Setidaknya dua cam dan dua sakelar penting untuk rakitan Saklar batas Rotary, satu untuk setiap ujung atau batas atas dan bawah perjalanan mesin.

Tanya Jawab Umum

Q.Apa saja aplikasi dari Limit Switch?

Jawab:
Meskipun Limit Switch tersedia dalam berbagai bentuk dan melakukan fungsi yang berbeda tetapi secara umum mereka adalah switch elektromekanis yang dioperasikan oleh kehadiran atau gerakan suatu objek.

Beberapa aplikasi Limit Switch adalah sebagai berikut:

  • Dalam aplikasi penanganan material memberikan indikasi perpindahan material dari satu platform ke platform lainnya.

  • Banyak digunakan di overhead crane
  • Digunakan dalam mesin otomatis.
  • Digunakan dalam
    Peralatan kecepatan tinggi.
  • Juga digunakan dalam peralatan mesin dan mengatur perjalanan sumbu mesin.


  • Digunakan untuk mengontrol level cairan dalam sistem pemompaan.



  • Digunakan dalam elevator dan konveyor.



Baca juga:  Data Kuantitatif Yang Disusun Berdasarkan Jarak Tertentu Disebut

Q. Apa saja jenis-jenis Limit Switch?

ans: Sakelar batas diklasifikasikan berdasarkan gerakan tuas dan jenis mekanisme penggerak.

Limit switch diklasifikasikan berdasarkan mekanisme penggeraknya sebagai:- Jenis tuas dan jenis Plunger. Berdasarkan jenis gerakannya, limit switch diklasifikasikan sebagai jenis gerak Rotary dan jenis gerak Linier.

Jenis tuas:
Sakelar dengan mekanisme penggerak tipe tuas memiliki tuas yang terpasang padanya. Ketika mesin atau peralatan yang bergerak bersentuhan dengan tuas itu mendorong tuas, yang pada gilirannya menghubungkan atau memutuskan sirkuit listrik. Titik kontak tuas dengan mesin biasanya dilengkapi dengan roller. Tuas juga dilengkapi dengan mekanisme retrace untuk mengembalikan tuas ke posisi semula setelah mesin/peralatan dipindahkan dari posisinya. Biasanya digunakan dalam mengangkat derek, lift, dll.

Jenis pendorong:
Sakelar Limit tipe Push atau plunger di sisi lain, akan digerakkan ketika mesin atau peralatan menekan tombol push yang disediakan di sakelar batas. Ini adalah jenis sakelar batas paling umum yang tersedia di pintu mobil atau lemari es. Sakelar batas tipe push tipikal ditunjukkan di bawah ini.

Sakelar Batas Gerakan Putar:
Sakelar batas gerak putar biasanya dipasang ke perangkat yang berputar seperti motor listrik. Ini mendeteksi gerakan putar poros atau perangkat yang terhubung dengannya. Saat mencapai jumlah rotasi yang ditentukan atau dalam kasus lain, sudut diatur untuk rotasi, sakelar batas diaktifkan. Mereka biasanya digunakan untuk layanan berputar seperti mengangkat derek atau dalam layanan di mana gerakan linier diterjemahkan ke gerakan berputar.

Sakelar Batas Gerak Linier:
Jenis sakelar batas yang paling umum digunakan dalam aplikasi industri adalah sakelar batas gerak linier. Mereka mendeteksi gerakan linier peralatan atau mesin dan menemukan tuntutan luas dalam pengemasan, manufaktur, kontrol motor, dan aplikasi konsumen lainnya.

Limit Switch Merupakan Saklar Yang Banyak Digunakan Di

Sumber: https://id.lambdageeks.com/limit-switch-valve/