Manakah Dibawah Ini Yang Termasuk Storage Device

Cantiks.com – Manakah Dibawah Ini Yang Termasuk Storage Device

Storage devices merupakan , perangkat-perangkat yang digunakan sebagai piranti atau alat penyimpanan, atau penampungan data di komputer.

Berikut adalah beberapa macam storage device :

1.  Casing (Kotak Komputer)

Kotak Komputer atau lebih dikenal dengan istilah casing adalah sebuah kotak yang menjadi penutup komponen bagian dalam komputer, yang merupakan komponen penting dari computer. Komponen ini merupakan komponen yang penting dikarenakan bisa dikatakan menjadi pemisah antara komponen system unit dengan dunia luar. Kotak komputer ini juga biasanya sebagai tempat untuk menempelkan komponen bagian dalam komputer. Kotak komputer ini biasanya diletakkan di bawah dari meja computer. Untuk lebih jelasnya mengenai kotak komputer ini dapat dilihat pada gambar I-6.

CASING CPU

Dari gambar diatas diperlihatkan gambar kotak komputer dimana sebelah kiri merupakan tampak depan dan sebelah kanan merupakan tampak belakang.

2. HARDDISK

Cakram keras era tahun 1990-an tampak atas (kiri) dan tampak
bawah (kanan)

Cakram keras
(
Inggris:

harddisk

atau

harddisk drive

disingkat
HDD
atau

hard drive

disingkat
HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm
(rotation per minute)
dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ad
a yang hanya selebar 0,
6 cm dengan kapasitas 750 GB.

Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar

Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB.

3. CD-R

CD-ROM_drive

CD-R
adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris


Compact
Disc-Recordable

) merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer. Secara fisik CD-R merupakan CD polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama seperti CD ROM. Awalnya CD-R dilapisi emas sebagai media refleksinya.Permukaan reflektif pada lapisan emas tidak memiliki depresi atau lekukan – lekukan fisik seperti halnya pada lapisan aluminium kemudian disempurnakan dengan cara dengan menambahkan lapisan pewarna di antara polikarbonat dan lapisan emas. Jenis pewarna yang sering digunakan adalah cyanine yang berwarna hijau dan pthalocynine yang berwarna oranye kekuningkuningan.Pewarna ini sama seperti yang digunakan dalam film fotografi sehingga menjadikan Kodak dan Fuji produsen utama
CD-R
Sebelum digunakan pewarna bersifat transparan sehingga sinar laser berdaya tinggi dapat menembus sampai ke lapisan emas saat proses penulisan. Saat sinar laser mengenai titik pewarna, sinar ini memanaskannya sehingga pewarna terurai melepaskan ikatan kimianya membentuk suatu noda. Noda – noda inilah sebagai representasi data yang nantinya dapat dikenali oleh foto-detektor apabila disinari dengan laser berdaya rendah saat proses pembacaan. CD-R hanya dapat menyimpan satu kali saja dan data yang telah ada sebelumnya tidak dapat diubah atau dihapus.

Baca juga:  Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Induksi Magnetik Pada Kawat Penghantar Adalah

4.  RAM

ram

Memori akses acak
(bahasa Inggris:
Random access memory,
RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan
alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Pertama kali dikenal pada tahun 60′an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.

Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.

Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

5. MOTHERBOARD

motherboard1

Motherboard adalah salah satu komponen terpenting dalm PC. Apa yang menyebabkan ia menjadi bagian yang terpenting? Apa saja yang perlu diperhatikan dari sebuah motherboard? Dalam rubrik “Know-How” PC Media edisi 10 dan 11/2005 terdahulu, pembahasan sejenis juga telah dibahas. Mungkin sebagian dari Anda masih mengingatnya. Dan sekarang kami sajikan lagi, dengan beberapa update.
Pengertian Motherboard

Dalam komponen PC, motherboard juga sering disebut sebagai mainboard. Juga ada beberapa istilah lain untuk menyebutnya, seperti mobo atau singkatan MB. Tugasnya pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, harddisk, dan seterusnya.
Pada motherboard terdapat BIOS (Basic Input/Output System), yang akan di-loading
kali pertama sistem menyala. BIOS mendefi – nisikan komponen yang terhubung dengan
motherboard.

Baca juga:  Sebutkan 3 Contoh Lagu Anak Yang Dinyanyikan Dengan Tempo Sedang

CPU Socket

Pertama adalah menentukan CPU yang akan digunakan. Ini akan sangat mempengaruhi pilihan motherboard yang akan digunakan. Baik AMD maupun Intel menggunakan susunan pin yang berbeda bada processornya. Pada motherboard, istilah ini biasanya dikenal dengan sebutan AMD platform ataupun Intel platform. Kedua platform
tersebut utamanya akan membedakan socket processor yang digunakan. Untuk sekarang, AMD menggunakan socket 754, 939 dan AM2 untuk processor desktop-nya. Sedangkan, Intel menggunakan LGA775.

Chipset

Chipset juga merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan dari sebuah motherboard. Dari chipset akan sangat menentukan dukungan fi tur dan fasilitas yang dapat dimungkinkan oleh motherboard. Sebab pada chipset akan menentukan dukungan seperti penggunaan tipe processor, modul RAM yang digunakan, ketersediaan dukung an
integrated graphic controller, bus link untuk graphic card, dan seterusnya. Pada sebagian motherboard juga menggunakan skenario klasik, dengan menggunakan dua buah chipset, northbridge dan southbrige. Jika northbridge lebih menentukan dukungan untuk CPU, RAM dan bus. Termasuk dukungan untuk digunakannya dual VGA, baik dengan CrossFire maupun SLI. Begitu pentingnya peran chipset, sehingga kami anggap pilihan chipset adalah pilihan terpenting kedua setelah memilih platform processor yang akan
digunakan. Karena chipset adalah bagian yang terintegrasi dengan motherboard, maka tidak mungkin melakukan upgrade chipset tanpa mengganti motherboard secara keseluruhan. Southbridge melayani kebutuhan I/O seperti untuk storage, USB, dan seterusnya. Beberapa dilengkapi dengan controller tambahan untuk dukungan pengguanaan RAID, firewire, dan lain-lain. Produsen chipset memiliki pendekatan yang berbeda untuk hal ini.

Form Factor

Ukuran sebuah motherboard juga berbedabeda. Untungnya, untuk hal ini produsen motherboard mengikuti aturan form factor. Sehingga meskipun ukurannya mungkin saja berbeda, namun ada standar yang harus diikuti. Seperti letak mounting hole, lokasi ketersediaan slot dan konektor. Form factor yang paling banyak digunakan
pada desktop PC adalah ATX. Namun masih ada beberapa ukuran form factor lain yang
juga tersedia. Beberapa di antaranya mungkin

LGA775 untuk Intel dan Socket AM2 untuk AMD adalah socket yang paling banyak digunakan sekarang. sudah Anda kenal.

Pengertian Motherboard

Dalam komponen PC, motherboard juga sering disebut sebagai mainboard. Juga ada beberapa istilah lain untuk menyebutnya, seperti mobo atau singkatan MB. Tugasnya pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, harddisk, dan seterusnya.
Pada motherboard terdapat BIOS (Basic Input/Output System), yang akan di-loading
kali pertama sistem menyala. BIOS mendefi – nisikan komponen yang terhubung dengan
motherboard.

6. FLOPPY DISK (disket)800px-Floppy_Disk_Drives_8_5_3

Cakram liuk
atau
disket
(bahasa Inggris:

floppy disk
) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

Baca juga:  Warna Ayam Bangkok Yang Ditakuti Lawan

Cakram liuk “dibaca” dan “ditulis” menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.

USB flash drive

DigiPal_USB_Flash_Disk

Komponen-komponen internal sebuah
flash drive
yang umum

1

Sambungan USB

2

Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB

3

Titik-titik percobaan

4

Chip
flash memory

5

Oscillator
kristal

6

LED

7

Write-protect switch

8

Ruang kosong untuk chip
flash memory
kedua


USB flash drive

adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk
USB flash drive
ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

USB flash drive
memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau
cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Card Reader (Pembaca kartu memori)

transcend-m3-multi-card-reader

Generic CompactFlash Card Reader dengan kecepatan tinggi melalui penyimpanan USB2.0

USB Card Reader seperti ini, biasanya akan menerapkan perangkat USB mass storage kelas.

Sebuah
pembaca kartu memori
adalah perangkat, biasanya memiliki USB interface, untuk mengakses data pada kartu memori, seperti CompactFlash (CF), Secure Digital (SD) atau MultiMediaCard (MMC). Sebagian besar pembaca kartu juga menawarkan kemampuan menulis, dan bersama-sama dengan kartu ini dapat berfungsi sebagai pen drive.

Sebuah PC yang memiliki CardReader, bukan floppy disk drive.

Beberapa printer dan PC (komputer pribadi) yang ada built-in card reader.

Multi card reader adalah perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan lebih dari satu jenis flash memory card. Multi card readers tidak mempunyai kapasitas memori, namun dapat menerima berbagai jenis dan gaya dari kartu memori. Multi card readers biasanya menggunakan USB interface untuk terhubung dengan komputer atau perangkat lain, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi yang disimpan dalam kartu memori. Jenis kartu memori yang kompatibel bervariasi dari reader to reader dan dapat mencakup lebih dari 20 jenis. Jumlah kartu memori berbeda yang dapat diterima multi card reader dinyatakan sebagai x-in-1, dengan x adalah jumlah kartu memori diterima. Misalnya 35-in-1. Ada tiga kategori pembaca kartu diurutkan berdasarkan jenis dan jumlah slot kartu: card reader tunggal (misalnya SD-1x saja), multi card reader (misalnya 9-in-1) dan pembaca kartu seri (misalnya 4x hanya SD) . Namun, ada beberapa jenis kartu memori dengan USB fungsi yang tidak memerlukan card reader, seperti Intelligent Stick kartu memori, yang bisa langsung ke konektor USB slot.

USB kelas perangkat yang digunakan adalah
0x08.

Manakah Dibawah Ini Yang Termasuk Storage Device

Sumber: https://intannanda.wordpress.com/menu/3-storage-device/