Materi Biologi Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi

Cantiks.com – Materi Biologi Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi



Halo sobat jagoansekolah! Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Kali ini kami akan memberikan rangkuman pelajaran biologi SMA kelas XII kurikulum 2013 untuk semester 1 dan 2. Di kelas 12 ini kalian akan mempelajari materi Pertumbuhan dan Perkembangan, Metabolisme, Materi Genetik, Pembelahan Sel, Pola Hereditas, Mutasi, Evolusi, dan Bioteknologi.

Agar kalian lebih mudah mempelajari materi Biologi tersebut kami sudah merangkum poin garis besarnya sebagai berikut ini. Mari kita simak!


1. Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran berat badan dan tinggi badan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak dalam masa kandungan hingga dewasa. Pertumbuhan manusia akan berhenti saat dewasa. Pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh faktor makanan, kebiasaan berolahraga serta gen dari orangtua.

Sementara, perkembangan adalah perubahan kecakapan, kematangan fisik, emosi dan pikiran menuju dewasa. Pertumbuhan manusia akan berhenti saat dewasa, namun perkembangan emosi dan pikiran manusia akan terus berkembang.


2. Metabolisme

Metabolisme merupakan sejumlah reaksi kimia yang terjadi di dalam setiap sel organisme hidup. Metabolisme menyesuaikan energi untuk proses vital dan membentuk energi baru. Metabolisme adalah proses kecepatan tubuh dalam mencerna, menyerap, dan mengasimilasi makanan untuk diubah menjadi energi. Semakin cepat metabolisme, semakin cepat proses pembakaran kalori. Sehingga berat badan ideal yang sehat tetap terjaga.


3. Materi Genetik

Sifat dan karakteristik manusia adalah warisan dari generasi sebelumnya. Artinya, sifat dan karakteristik setiap orang merupakan warisan dari orangtua. Warisan tersebut diberikan melalui materi genetik. Ayah akan mewariskan materi genetik melalui sel sperma, sedangkan ibu melalui sel telur atau ovum.

Molekul yang berperan dalam materi genetik adalah asam nukleat. Asam nukleat tersebut adalah DNA (deoxyribonucleic acid) dan RNA (ribonucleic acid). Pada suatu rangkaian DNA terdapat perintah yang memengaruhi sifat atau yang menentukan karakteristik makhluk hidup yang disebut gen.

Baca juga:  Materi Biologi Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi

Secara umum, keseluruhan informasi genetik yang menentukan karakteristik makhluk hidup disimpan dalam DNA. DNA terletak di dalam inti sel. DNA menjadi untaian yang cukup panjang. Agar tersusun di dalam inti sel yang kecil, untaian DNA melilit pada protein yang disebut protein histon. Dengan protein histon, lilitan DNA membentuk benang-benang kromatin. Saat sel akan membelah, benang-benang kromatin ini akan membentuk kromosom.


4. Pembelahan Sel

Sel berkembang biak melalui proses pembelahan. Pembelahan sel merupakan proses ketika sel membelah diri menjadi dua atau lebih. Ini terdiri dari dua macam, yaitu pembelahan mitosis dan meiosis.

Mitosis adalah proses ketika sel somatik menggandakan kromosom dalam inti selnya untuk menghasilkan dua sel anak yang identik. Sementara itu, meiosis adalah jenis pembagian nukleus yang mengurangi jumlah set kromosom menjadi setengah dalam sel anak.


5. Pola Hereditas

Hereditas pada manusia merupakan sebuah proses penurunan sifat dari induk kepada keturunannya melalui gen. Hereditas bukan termasuk ke dalam penurunan berupa tingkah laku, melainkan lebih ke arah penurunan bentuk atau struktur tubuh dari makhluk hidup. Sehingga antara induk dengan keturunannya memiliki kemiripan atau serupa.

Contoh sederhana yang umum terjadi adalah penurunan penyakit yang diakibatkan oleh adanya gen. Gen ini terletak pada autosom atau juga bisa dipicu oleh gen pada kromosom seks yang disebut sebagai gonosom.


6. Mutasi

Mutasi merupakan perubahan yang terjadi dalam bahan genetik, baik DNA ataupun RNA. Mutasi tersebut dapat terjadi pada taraf urutan gen maupun pada taraf kromosom.

Mutasi gen terjadi karena perubahan urutan dari satu atau dua pasang basa DNA yang menyusun gen. Mutasi itu dianggap sebagai kesalahan dalam pembentukan DNA. Kesalahan dalam gen itu akan diteruskan secara terus menerus pada generasi selanjutnya karena sel sudah menganggap bahwa sel yang salah tersebut adalah sel yang benar.

Baca juga:  Rpp Seni Budaya Kelas 8 Semester 2


7. Evolusi

Evolusi merupakan salah satu dari cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang sejarah asal usul terbentuknya makhluk hidup, juga keterkaitan genetiknya dari makhluk hidup satu dan yang lainnya.

Evolusi terjadi dalam waktu yang sangat lama karena evolusi dalam Biologi ini meneliti tentang perubahan makhluk hidup dari yang paling sederhana sampai bentuk yang paling kompleks.


8. Bioteknologi

Bioteknologi adalah sebuah alat dari ilmu alam yang digabungkan bersama teknologi sehingga menjadikan manfaat bagi manusia untuk menjalankan kehidupannya. Bioteknologi ini menggunakan makhluk hidup sebagai komponen pentingproduksi produk atau barang atau jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Terimakasih sudah membaca Rangkuman Materi Pelajaran Biologi SMA Kelas 12 Kurikulum 2013. Semoga dapat membantu proses belajar mengajar di sekolah.

Materi Biologi Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi

Sumber: https://www.jagoansekolah.com/2020/08/rangkuman-materi-pelajaran-biologi-sma-kelas-12-kurikulum-2013.html