Materi Pameran Seni Rupa Kelas 10

Cantiks.com – Materi Pameran Seni Rupa Kelas 10

Ilustrasi pameran. (Photo by Geri Mis on Unsplash)

Bola.com, Jakarta –
Pameran
adalah kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga diapresiasi oleh orang lain. Pameran juga disebut sebagai kegiatan untuk menyampaikan sebuah ide melalui karya seni.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pameran adalah pertunjukan (hasil karya seni, barang hasil produksi, dan lain sebagainya).

Pameran
bisa dilakukan di mana saja, termasuk di sekolah. Pameran sekolah merupakan kegiatan mempertunjukkan hasil kreativitas dari karya siswa maupun guru untuk bidang studi tertentu.

Adanya kegiatan pameran yang diadakan di sekolah tentu sangat bermanfaat, terutama bagi para siswa. Apa saja manfaat pameran bagi siswa di sekolah?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat
pameran
bagi siswa di sekolah yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman smadwiwarna.sch.id, Kamis (13/1/2022).

Pameran yang diadakan di sekolah bisa sebagai sarana untuk memupuk, membina dan mengembangkan bakat siswa. Hal itu karena karya seni yang dipamerkan akan mendapatkan apresiasi dari banyak orang.

Dari apresiasi tersebut siswa akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari karya dipamerkan. Selain itu, melalui kegiatan pameran ini siswa juga dilatih untuk memberikan penilaian dan tanggapan terhadap karya seni orang lain.

Penilaian yang diberikan bisa dilakukan secara tertulis, lisan maupun melalui sikap dan perbuatan.

Pada kegiatan pameran di sekolah siswa tentunya akan mengeluarkan ide gagasan dalam wujud karya seni. Setelah itu, para pengunjung yang melihatnya dan memberikan apresiasi serta penilaian terhadap karya seni tersebut.

Proses apresiasi ini dibedakan menjadi dua yaitu apresiasi aktif serta pasif.

Satu di antara manfaat pameran bagi siswa di sekolah adalah melatih siswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Pameran bukanlah kerja perorangan, melainkan kerja kelompok yang melibatkan banyak orang, baik siswa, guru atau orang lain.

Baca juga:  Kisah Nabi Zulkifli Lengkap Dari Lahir Sampai Wafat

Hal itu berarti saat ada kegiatan pameran siswa jadi belajar bekerja sama dengan orang lain. Hal ini pastinya berguna saat hidup bermasyarakat.

Dari pameran yang diadakan, karya seni yang dibuat oleh siswa akan dilihat oleh banyak orang sehingga akan mendapatkan kritik dan saran.

Kritik dan saran yang diberikan pengunjung tersebut bisa dijadikan motivasi oleh siswa sehingga bisa menghasilkan karya seni yang lebih baik lagi.

Pameran karya seni ini juga akan menciptakan persaingan yang sehat antarsiswa dan dapat dijadikan motivasi oleh siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam membuat suatu karya seni.

Pameran menjadi satu di antara kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa. Alasannya, karena pameran bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi.

Bagi kebanyakan siswa, pameran ini menjadi tempat untuk merilekskan pikiran. Selain itu, pameran bisa berguna untuk menghilangkan kejenuhan atas kegiatan belajar mengajar di kelas dan mengerjakan tugas dari guru yang menguras pikiran dan banyak energi.

Manfaat pameran yang terakhir, bisa sebagai sarana edukasi. Perlu diketahui, pameran juga berfungsi sebagai sarana untuk mendidik siswa. Dengan begitu, siswa bisa mengetahui pentingnya pengalaman batin.

Pengalaman batin tersebut bermanfaat dalam menyeimbangkan akal serta pikiran. Melihat fungsi satu ini, wajar tentunya pameran sering diadakan oleh sekolah.

Sumber:
Website SMA Dwiwarna Boarding School

a. Pengertian Pameran

Pameran Dari Sebuah Karya Seni Rupa merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa kepada publik melalui media karya seninya. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antaran perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator. Hal ini sejalan dengan definisi yang diberikan Galeri Nasional bahwa: “Pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

Baca juga:  Jelaskan Tentang Pengemasan Jus Buah Segar

Penyelenggaraan pameran dalam konteks pembelajaran seni budaya bisa dilakukan baik di sekolah maupun di luar sekolah (masyarakat). Penyelenggaraan pameran di sekolah menyajikan materi pameran berupa hasil studi para siswa dari kegiatan pembelajaran kurikuler, dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada akhir semester atau akhir tahun ajaran. Sedangkan konteks pameran dalam arti luas, di masyarakat, materi pameran yang disajikan berupa berbagai jenis karya seni rupa untuk diapresiasi oleh masyarakat luas.

b. Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Pameran

Sebagai mahluk yang berakal dan berbudi, setiap pekerjaan yang kita lakukan seharusnya memiliki tujuan dan manfaat yang diharapkan serta dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Dalam penyelenggaraan pameran setidaknya dikenal beberapa tujuan yaitu tujuan sosial dan kemanusiaan, tujuan komersial, dan tujuan yang berkaitan dengan pendidikan.

Sebuah kegiatanPameran Dari Sebuah Karya Seni Rupa yang diselenggarakan dalam lingkup terbatas (sekolah) maupun lingkup yang lebih luas (masyarakat) dapt diselenggarakan dengan harapan karya yang dipamerkan terjual dan dana hasil penjualan tersebut digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti disumbangkan ke panti asuhan, masyarakat tidak mampu atau korban bencana alam. Ada juga kegiatan pameran yang diselenggarakan dengan harapan karya yang dipamerkan terkjual dengan keuntungan yang tinggi bagi pemilik karya atau penyelenggara pameran tersebut. Dalam konteks pembelajaran atau pendidikan seni rupa, pameran diselenggarakan dengan harapan mendapat apresiasi dan tanggapan dari pengunjung untuk meningkatkan kualitas berkarya selanjutnya.

Secara khusus penyelenggaraan pameran di sekolah memiliki manfaat, untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan kalian dalam memberi apresiasi terhadap karya orang lain serta menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif. Berkaitan dengan organisasi penyelenggarannya, penyelenggaraan pameran di sekolah bermanfaat untuk melatih kerja kelompok (bekerjasama dengan orang lain), mempertebal pengalaman sosial, melatih untuk bertanggungjawab dan bersikap mandiri serta melatih untuk membuat suatu perencanaan kerja melaksanakan apa yang telah direncanakan. Jika karya yang dipamerkan diapresiasi dengan baik, kegiatan pameran juga bermanfaat membangkitkan motivasi kalian dalam berkarya seni. (Cahyono, 1994).

Baca juga:  Apakah Yang Menjadi Media Ragam Seni Musik

KegiatanPameran Dari Sebuah Karya Seni Rupamemiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi antara pencipta seni (seniman) dengan pengamat seni (apresiator). Pameran seni rupa pada hakekatnya berfungsi untuk membangkitkan apresiasi seni pada masyarakat, di samping sebagai media komunikasi antara seniman dengan penonton (Wartono, 1984).

Dalam konteks penyelenggaraan pameran seni rupa di sekolah,  Nurhadiat (1996: 125) secara khusus menyebutkan fungsi pameran seni rupa sekolah, di antaranya: (1) Meningkatkan apresiasi seni; (2) Membangkitkan motivasi berkerya seni; (3) Penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas; (4) Berkarya visual lewat karya seni dan (5) Belajar berorganisasi.

Baca Juga

Demikian Artikel
Pengertian Tujuan, Manfaat, Dan Fungsi Pameran Dari Sebuah Karya Seni Rupa
Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

  • Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Jenis Patung

  • Pengertian , Teknik Dan Prosedur Pergelaran Karya Seni Tari

  • Jenis Jenis Dari Sebuah Lagu Modern

  • Jenis Lukisan Berdasarkan Teknik Dan Bahan Yang Digunakan

  • Menerapkan Konsep Dalam Berkarya Dari Sebuah Tari Kreasi

Video yang berhubungan

Materi Pameran Seni Rupa Kelas 10

Sumber: https://toptenid.com/manfaat-serta-fungsi-pameran-karya-seni-rupa-di-sekolah