Memakai Gelang Di Tangan Kanan Atau Kiri

Cantiks.com – Memakai Gelang Di Tangan Kanan Atau Kiri


Memakai perhiasan yang tepat dan sesuai dengan pakaian yang dikenakan akan membuat penampilan semakin memukau. Salah satu perhiasan yang sering digunakan adalah gelang emas. Perhiasan ini banyak dipilih karena sifatnya yang klasik dan anggun. Modelnya pun barvariasi, mulai dari yang biasa (bangle), hingga yang rantai (bracelet). Tahu tidak, kalau memakai gelang emas yang salah, malah akan membuat penampilanmu jadi tidak menarik? Kesalahan bisa dari warna emasnya, pernak-pernik, motif, ukuran dan lain sebagainya. Berikut ini cara mengatasinya.














Cara mengetahui kualitas gelang emas yang baik





Kemurnian emas ditandai dengan ukuran karatnya. Ukuran karat ini digunakan untuk mengetahui kuantitas kandungan emas dalam gelang yang biasanya berkisar pada angka 9 – 24. Emas 18 karat mengandung 75% emas murni, 22 karat mengandung 91% emas murni, dan 24 karat mengandung 100% emas murni. Semakin tinggi angkanya, semakin murni kandungan emasnya.

Gelang emas yang bernilai 22 atau 18 karat umumnya bersifat agak lunak. Oleh karena itu, sebaiknya gelang ini dipakai pada saat-saat tertentu saja. Jika gelangnya bermodel bangle, sebaiknya tidak dipakai bersamaan dengan gelang lain.

Sedangkan gelang emas yang bernilai 14 atau 9 karat, memiliki sifat logam yang kuat, sehingga gelang emas jenis ini bisa dipakai setiap hari dan bisa dikombinasikan dengan perhiasan gelang lain ketika dipakai.

Bahan emas murni memiliki karakter logam yang lunak, maka jika dijadikan perhiasan akan mudah tergores, berongga, dan bengkok. Perhiasan emas yang terbuat dari emas murni dan dicampur dengan logam lain seperti perak, tembaga, atau nikel umumnya menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Gelang emas yang terbuat dari emas murni bernilai 22 atau 20 karat memiliki warna kuning tua. Warna ini akan semakin berkurang apalagi dicampur dengan logam lain. Selain warnannya yang berubah, nilai karatnya pun akan berkurang.

Baca juga:  Keadaan Gizi Kurang Menyebabkan Pembentukan Zat Anti Atau Zat Pelindung






Gelang emas bisa menyebabkan iritasi kulit




Emas yang dicampur dengan tembaga menghasilkan warna merah muda yang lebih dikenal dengan sebutan rose gold. Gelang emas rose gold biasanya merupakan kombinasi dari 75% emas dan 25% tembaga dan bernilai 18 karat.

Gelang emas putih merupakan campuran emas dan perak, atau biasa disebut paladium. Nilainya pun tidak ada yang 24 karat. Sebagai alternatif pilihan. kini ada gelang emas putih yang dilapisi rhodium. Nah, jika ingin membeli gelang emas putih berlapis rhodium, perhatikan apakah lapisannya mengelupas atau tidak.

Khusus untuk gelang emas yang tidak terbuat dari emas solid, yaitu hanya dilapisi oleh emas saja, biasanya sangat tipis sehingga mudah berkarat jika terus-menerus terkena udara dan air. Gelang emas model ini berharga murah dan memiliki lapisan logam di bawahnya yang mengandung nikel yang bisa menyebabkan iritasi kulit.

Baca juga:



Investasi Emas Batangan dan Perhiasan, Mana yang Lebih Baik?










Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membeli gelang emas








  • Sesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan




Sebelum membeli gelang emas, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu ukuran pergelangan tangan penerima gelang. Kalau gelang untuk diri sendiri, kan mudah, tapi kalau untuk orang lain, kita harus menebak-nebak ukurannya kalau tidak tahu. Gelang emas yang dipilih harus sesuai dengan pergelangan tangan.

Idealnya, gelang tersebut harus pas dipakai, tidak terlalu besar ukurannya dan tidak terasa sempit. Diameter gelang emas harus sedikit lebih besar agar lebih mudah bergerak di sepanjang pergelangan tangan.

Pergelangan tangan yang kecil lebih cocok memakai gelang yang kecil, sedangkan pergelangan tangan yang besar cocok memakai gelang yang lebar. Gelang emas berbentuk oval biasanya lebih mudah dipakai daripada yang berbentuk bulat.

Baca juga:  Jawaban Pkn Kelas 9 Halaman 98 Tugas Mandiri 4.1

Perlu dicatat bahwa semakin bertambah usia, maka sendi-sendi tubuh cenderung membesar, sehingga ukuran tangan menjadi lebih besar daripada pergelangannya, hal ini biasanya terjadi pada orang yang lebih muda. Sehingga saat gelang dimasukkan ke pergelangan tangan, mungkin akan terasa terlalu besar. Gelang berbentuk oval bisa mengatasi hal ini.






  • Perhatikan kondisi pengencang gelang





Gelang emas memiliki pengencang (clasp) yang berfungsi untuk mengencangkan gelang sehingga pas saat dipakai. Pengencang ini juga memudahkan pemakai untuk melepaskan dan memakai gelang.

Jenis pengencang yang biasa dipakai adalah lobster
clasp dengan pengait yang dikaitkan ke lubang kecil pada sisi gelang yang berlawanan. Ada pula jenis pengencang yang letaknya tersembunyi. Periksa pengencang pada gelang apakah dalam keadaan baik, serta bisa dibuka dan ditutup dengan mudah.

Baca juga:



Panduan Menjual Emas yang Tepat dan Membawa Untung








harga gelang emas terbaru










Momen yang cocok untuk memberikan hadiah gelang emas





Perhiasan sering dijadikan hadiah yang diberikan kepada orang-orang tersayang. Jika kalian bermaksud untuk memberikan gelang emas sebagai hadiah, perhatikan jenis gelangnya dan sesuaikan juga dengan momen saat pemberian hadiah tersebut.





  • Ulang Tahun




Jika memilih hadiah gelang emas untuk remaja, pilihlah yang bersifat sederhana, trendi, dan ceria. Pilihlah gelang bermodel
bracelet
yang dilengkapi dengan hiasan yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan usianya. Hiasan gelang juga bisa berbentuk bunga, hewan, dan lain sebagainya yang menggambarkan hobi atau hal-hal yang disukainya.

Lain lagi jika penerima hadiah adalah wanita berusia muda. Ulang tahun wanita muda melambangkan fase kedewasaan dalam menghadapi berbagai peristiwa penting di masa-masa mendatang. Mereka akan lebih menghargai perhiasan emas yang berharga.

Kita bisa memberikan gelang emas yang bersifat klasik dan sesuai kepribadian si penerima. Gelang emas bangle yang ramping akan cantik menghias pergelangan tangannya. Untuk wanita muda ini, kita juga bisa memberikan satu atau beberapa buah gelang emas sekaligus.

Baca juga:  Perbandingan Bagian Perbagian Atau Bagian Dengan Keseluruhan Disebut

Jenis gelang emas
bangle biasanya cocok dipakai untuk penampilan kasual. Nama penerima gelangnya juga bisa diukir di bagian belakang. Tapi jika si penerima adalah tipe wanita yang romantis, bisa diberikan gelang emas
bracelet
dengan hiasan berbentuk hati.

Gelang emas bisa juga diberikan sebagai hadiah ulang tahun pernikahan. Gelang emas yang kita berikan kepada istri melambangkan keabadian cinta yang tak akan pernah putus. Berikan gelang emas dengan ukiran tulisan bermakna yang melambangkan rasa cinta dan kasih sayang.






  • Valentine




Momen Valentine biasanya lebih spesial dan memberikan gelang emas dianggap sebagai salah satu cara untuk menunjukkan komitmen kepada pasangan, atau bagi yang sudah bertunangan. Berikan gelang emas
bracelet
dengan sebuah hiasan berbentuk hati dan ukiran tulisan “I Love You” atau tulisan lain yang menunjukkan rasa cinta.





  • Hari Ibu




Ibu adalah wanita yang spesial bagi setiap anak. Memberikan hadiah spesial di hari ibu menunjukkan betapa berartinya mereka dalam kehidupan kita. Perhiasan emas bisa menjadi hadiah bermakna yang akan selalu dihargai sepanjang masa. Jenis gelang emas
bracelet
bisa diberikan untuk ibu. Pemilihan motif dan hiasannya tidak perlu yang ribet, pilih yang sesuai dengan kepribadian ibu kita.


Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga di Priceza sebelum berbelanja, ya!



instagram priceza indonesia

Artikel terkait

Memakai Gelang Di Tangan Kanan Atau Kiri

Sumber: https://www.priceza.co.id/guide/Harga-Gelang-Emas/1397