Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya

Cantiks.com – Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya

Elektron dalam atom mempunyai tingkat energi tertentu atau elektron bergerak mengelilingi inti dalam lintasan tertentu. Mengapa elektron dalam mengelilingi inti atom tidak lepas dari lintasannya ?



Struktur Atom Art Of Chemistry

Elektron bisa berpindah dari satu lintasan ke lintasan lainnya.

Mengapa elektron dalam mengelilingi inti atom tidak lepas dari lintasannya. Akan tetapi elektron yang bergerak pada garis paling luar mudah lepas, dan bila lepas berarti keluar dari inti atom itu sendiri. Teori rutherford ini kemudian disempurnakan oleh niels bohr pada tahun 1913. Apakah yang terjadi apabila batang karet keras dan batang kaca yang digosok dengan kain bulu saling bardekat?

Demikian pula mengenai anggapan bahwa suatu elektron dalam atom terletak pada jarak tertentu dari inti dan bergerak mengitari inti pada lintasannya dengan suatu kecepatan tertentu. Elektron bergerak pada lintasannya dan terikat dengan inti atom itu sendiri. Agar elektron tidak jatuh ke inti, elektron harus bergerak.

Berdasarkan teori fisika, gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam inti. Kelemahan dari rutherford tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Berdasarkan hukum coulomb antara elektron dan inti atom akan terjadi gaya interaksi, yaitu gaya tarik.

Mengapa elektron selalu beredar/berputar mengelilingi inti? Elektron bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu dan tidak memancarkan energi. Materi terdiri atas atom yang tidak dapat dibagi lagi.

Inti atom dan elektron saling tarik menarik dengan gaya inti yang sama sehingga elektron tetap berada dalam lintasannya. Sebagian besar ruangan dalam atom merupakan ruangan kosong. Gaya tarik coulomb ini sebagai gaya sentripetal elektron mengelilingi inti atom.

Baca juga:  Dalam Objek Kajian Biologi Kumpulan Ekosistem Di Dunia Akan Membentuk

Elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti hanya pada lintasan tertentu saja dan tidak memancarkan energi. Berdasarkan hasil percobaannya tentang spectrum atom hidrogen, bohr menyatakan bahwa selama mengelilingi. Elektron dapat pindah dari satu tingkat ke tingkat energi yang lain.

Jumlah proton dalam inti atom sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya sehingga atom bermuatan netral. Atom terdiri atas inti atom bermuatan positif dan hampir seluruh massa atom terpusat pada inti. Mengapa elektron dalam mengelilingi inti atom tidak lepas dari lintasannya ?

Elektron bergerak pada lintasannya dan terikat dengan inti atom itu sendiri. Berbagai lintasan elektron itu disebut sebagai kulit elektron atau tingkat energi elektron. Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi.

Dari fenomena percobaan tersebut, rutherford mengusulkan model atom yang dikenal dengan model atom nuklir rutherford, yaitu sebagai berikut: Semua atom dari unsur kimia tertentu memiliki massa dan sifat yang sama. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.

Elektron yang beredar pada lintasannya tidak memancarkan energi,. Sebagai ganti gaya gravitasi adalah gaya elektrostatik. Gambar dibawah menggambarkan sebuah elektron yang mengorbit di sekitar inti pada jarak r.

Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif. Tingkat energi elektron pada tiap orbit elektron. Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom.

Akan tetapi elektron yang bergerak pada garis paling luar mudah lepas, dan bila lepas berarti keluar dari inti atom itu sendiri. Pada lintasannya elektron tidak menyerap atau memancarkan energi. Teori rutherford bahwa elektron mengelilingi inti atom ini memberikan inspirasi pada penemuan baru berikutnya yaitu tentang lintasan/kedudukan elektron yang selanjutnya dikenal sebagai kulit elektron.

Baca juga:  Pada Proses Pembentukan Protein Yang Berperan Mengangkut Asam Amino Adalah

Elektron pada lintasan terdekat pada inti mempunyai energi paling rendah, dan semakin jauh lintasannya dari inti semakin tinggi energinya. Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Gerakan elektron memiliki sifat gelombang sehingga lintasannya tidak stasioner.

Perpindahan elektron dari tingkat energi tinggi ke rendah disertai pemancaran energi. Elektron dalam atom tak dapat tinggal di antara tingkatan energi, dan untuk pindah dari satu tingkat ke tingkat energi lain, sebuah elektron harus mendapat atau melepas sejumlah energi yang tepat. Bentuk dan ukuran orbital bergantung pada harga dari ketiga bilangan kuantumnya.

Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan yang lain.



Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya – Dapatkan Data



Model Atom V Sampai Tahun 1875 Orang Beranggapan



Tingkat Energi Elektron Tiap Orbit Dan Energi Untuk Lepas



Atom Dan Sistem Periodik Unsur



Dedi Nurcipto Mt Material Teknik 2 Sks Ruang B22 Jam Dedi Nurcipto Mt – Ppt Download



Teori Semikonduktor



Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya – Brainlycoid



Doc Atom Edy Budi – Academiaedu



Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya Belajar



Partikel Subatom Dan Teori Atom



Mengapa Elektron Selalu Beredar



Lintasan Elektron Lintasan Elektron



Bab 1 Listrik Statis – Pdf Document



Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya Belajar



Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya Belajar



Sejarah Perkembangan Teori Atom Adalah Bagian Yang Paling



Listrik Statis Pdf



Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya Belajar



Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya Belajar

Baca juga:  Sebutkan Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Uc Browser

Mengapa Elektron Dalam Mengelilingi Inti Atom Tidak Lepas Dari Lintasannya

Sumber: https://www.artikelkeren.my.id/mengapa-elektron-dalam-mengelilingi-inti-atom-tidak-lepas-dari-lintasannya/