Pasangan Yang Tepat Antara Kegiatan Dan Perubahan Wujud Benda Adalah

Cantiks.com – Pasangan Yang Tepat Antara Kegiatan Dan Perubahan Wujud Benda Adalah

Penulis: Diana Islami | Editor: Aufia


Mengajari anak memang gampang-gampang susah, ya Bund! Pasti ada-ada saja yang ditanyakan, mulai dari pertanyaan biasa hingga yang


absurd


sekalipun
.


Nah,


pernahkah buah hati Bunda bertanya kenapa es bisa mencair? Atau kenapa balon gas bisa terbang?

Sebenarnya, peristiwa tersebut terjadi karena ada perbedaan dan perubahan wujud benda. Untuk lebih jelasnya, yuk kenalan dengan jenis dan perubahan wujud benda di sini.

Sifat-Sifat Benda Berdasarkan Wujudnya

Sebelum ke sifat benda,yuk, kenalan dulu dengan jenis-jenis benda. Berdasarkan wujudnya benda disekitar kita dibagi menjadi 3 jenis yaitu padat, cair dan gas. Untuk info lebih lanjut, langsungscrollke bawah, Bund

1. Benda Padat

Sifat-sifat yang dimiliki benda padat adalah bentuk dan besarnya tetap, dapat menempati ruangan, memiliki
massa
atau berat, dapat disentuh dan dipegang, serta mempunyai volume tetap. Adapun contoh-contoh benda padat antara lain kayu, keramik, batu, tembok, kursi, dan lain-lain.

2. Benda Cair

Jens yang kedua adalah benda cair, bentuknya berubah-ubah sesuai pada tempatnya sedangkan volume atau isi yang tetap. Contohnya adalah sirup, kecap, susu, minyak, oli, sambal, dan lain-lain.

3. Benda Gas

Gas dapat mengisi seluruh ruang yang ditempatinya dan bentuknya tidak tetap. Benda ini mempunyai bentuk dan volume sesuai dengan wadahnya dan mampu menekan ke segala arah.

Baca juga:  Sebutkan Contoh Manfaat Gelombang Stasioner Dalam Kehidupan Sehari Hari

Contohnya ketika balon ditiup, seluruh balon akan mengembang yang menunjukan bahwa udara menekan ke segala arah. Selain itu, sifat gas ini juga bisa Bunda temukan saat memompa ban sepeda.

Perubahan Wujud Benda

Tahukah Bunda, masing masing benda tersebut dapat berupak ke jenis yang lainnya. Artinya benda padat dapat berubah menjadi benda cair, begitujuga sebaliknya. Untuk lebih jelasnya, berikut Bund!

1. Membeku

perubahan wujud benda

Membeku adalah proses perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Biasanya peristiwa ini disebabkan adanya proses pendinginan. Contohnya, air yang dimasukan ke dalam freezer lalu didiamkan akan berubah menjadi keras (menjadi es batu).

2. Mencair

perubahan bentuk benda

kebalikan dari membeku, mencair adalah proses perubahan wujud dari padat menjadi cair yang disebabkan karena proses pemanasan. Contohnya es yang dikeluarkan dari freezer lalu didiamkan di ruang terbuka atau ruang panas akan berubah wujudnya menjadi cair.

3. Menguap

Menguap adalah fenomena perubahan wujud dari cair menjadi gas. Peristiwa ini disebabkan oleh adanya pemanasan pada benda. Contohnya: Air yang dipanaskan maka akan keluar udara yang disebut dengan uap. Uap tersebut muncul dari reaksi air yang dipananskan.

4. Mengembun

Kalau yang satu ini adalah peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi cair. Peristiwa ini terjadi ketika udara berubah menjadi air. Biasanya kita menemukan embun di pepohonan pada pagi hari.

5. Deposisi

Mungkin istilah ini terdengar asing bagi beberapa orang!
Nah,
deposisi adalah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi padat yang disebabkan oleh pemanasan. Contohnya adalah proses pembentukan jelaga di kaca lampu.

6. Menyublim

Menyublim adalah peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Contohnya adalah amper yang dibiarkan di udara terbuka atau di luar bungkusnya lama kelamaan akan habis dengan sendiirnya.

Baca juga:  Ekoefisien Dalam Pembangunan Berkelanjutan Dapat Tercermin Dari Adanya Kegiatan

Itulah penjelasan mengenai jenis dan sifat benda serta perubahan wudud benda. Semoga artikel ini dapat menbatu orangtua yang buah hatinya memiliki rasa ingin tahu tinggi. Atau bisa juga untuk referensi anak dakam mengerjakan tugas rumah.


Baca Juga:

  • Materi IPA SD: Apasaja Manfaat Energi Matahari bagi Alam, Manusia dan Hewan?
  • Mengenal Nama-nama Planet dalam Tata Surya
  • Sejarah Singkat Perjuangan RA Kartini, Pahlawan Emansipasi Perempuan Indonesia
  • Ini Lho 6 Negara Penjajah Indonesia, Bunda Wajb Tahu!

Pasangan Yang Tepat Antara Kegiatan Dan Perubahan Wujud Benda Adalah

Sumber: https://catatanbunda.id/sifat-ciri-contoh-perubahan-wujud-benda/