Perbedaan Cat Akrilik Dan Cat Minyak

Cantiks.com – Perbedaan Cat Akrilik Dan Cat Minyak

Kendaraan dan pengikat dari cat minyak biji rami minyak atau minyak pengering yang lain, sedangkan air berfungsi sebagai kendaraan untuk emulsi (suspensi) polimer akrilik yang merupakan pengikat dalam cat akrilik. Dengan demikian, cat minyak dikatakan “minyak berbasis”, sedangkan cat akrilik adalah “air-berbasis” (atau kadang-kadang “terbawa air”).

Perbedaan utama antara praktis sebagian besar akrilik dan cat minyak adalah waktu pengeringan yang melekat. Minyak memungkinkan lebih banyak waktu untuk berbaur warna dan menerapkan bahkan glasir lebih underpaintings. Aspek pengeringan lambat minyak dapat dilihat sebagai keuntungan untuk teknik tertentu, tetapi dalam hal lain menghambat artis mencoba untuk bekerja dengan cepat. Penguapan cepat air dari film cat akrilik biasa dapat diperlambat dengan menggunakan retarder akrilik. Retarder umumnya glikol atau aditif berbasis gliserin. Penambahan retarder sebuah memperlambat laju penguapan air.

Cat minyak mungkin memerlukan penggunaan pelarut seperti roh mineral atau terpentin tipis cat dan membersihkan; ini umumnya memiliki beberapa tingkat toksisitas dan sering ditemukan pantas. Relatif baru, cat minyak larut dalam air telah dikembangkan untuk digunakan seniman ‘. Film cat minyak dapat menjadi semakin kuning dan rapuh dengan waktu dan kehilangan banyak fleksibilitas mereka dalam beberapa dekade. Selain itu, aturan “lemak lebih ramping” harus digunakan untuk memastikan film cat yang tahan lama.

Cat minyak memiliki beban pigmen lebih tinggi dari cat akrilik. Sebagai minyak biji rami memiliki molekul yang lebih kecil dari akrilik, cat minyak mampu menyerap secara substansial lebih banyak pigmen. Minyak menyediakan (kurang jelas) indeks bias berbeda dari dispersi akrilik, memberikan sebuah “tampilan dan nuansa” unik untuk film cat yang dihasilkan. Tidak semua pigmen dalam minyak yang tersedia di akrilik. Cat akrilik, seperti minyak, mungkin juga neon.

Baca juga:  Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat Sederhana

Karena sifat lebih fleksibel akrilik dan waktu pengeringan lebih konsisten antara warna, pelukis tidak harus mengikuti “gemuk lebih ramping” aturan lukisan minyak, di mana lebih menengah harus diterapkan untuk setiap lapisan untuk menghindari retak. Biasanya diperlukan waktu sekitar lima belas sampai dua puluh menit selama satu hingga dua lapisan cat akrilik kering. Meskipun kanvas harus benar ukuran dan prima sebelum lukisan dengan minyak (selain itu pada akhirnya akan membusuk kanvas), akrilik dapat dengan aman diterapkan pada kanvas mentah. Pengeringan cepat cat cenderung untuk mencegah pencampuran warna dan penggunaan teknik basah-in-basah seperti dalam lukisan cat minyak. Meskipun retarder akrilik dapat memperlambat waktu pengeringan untuk beberapa jam, itu tetap menjadi media yang relatif cepat pengeringan, dan penambahan terlalu banyak retarder akrilik dapat mencegah cat dari yang pernah pengeringan dengan benar.

Sementara itu, cat akrilik sangat elastis, yang mencegah retak dari terjadi. Pengikat cat akrilik adalah polimer emulsi akrilik; sebagai pengikat ini mengering cat tetap fleksibel.

Perbedaan lain antara minyak dan cat akrilik adalah fleksibilitas yang ditawarkan oleh cat akrilik: akrilik sangat berguna dalam media campuran, yang memungkinkan penggunaan pastel (minyak & kapur), arang, pena, dll di atas permukaan akrilik dicat kering. Mencampur tubuh lain ke dalam akrilik adalah mungkin-pasir, beras, bahkan pasta dapat dimasukkan dalam karya seni. Mencampur artis atau kualitas siswa cat akrilik dengan emulsi akrilik rumah tangga adalah mungkin, memungkinkan penggunaan tints pra-campuran langsung dari tabung atau timah, sehingga menghadirkan pelukis dengan berbagai warna yang luas di nya pembuangan. Fleksibilitas ini juga digambarkan dalam berbagai macam penggunaan artistik tambahan yang akrilik mampu artis. Akrilik spesialis telah diproduksi dan digunakan untuk pencetakan lino blok (akrilik tinta cetak blok yang diproduksi oleh Derivan sejak awal 1980-an), lukisan wajah, airbrushing, teknik cat air, dan sablon kain.

Baca juga:  Banyak Simetri Lipat Bangun Datar Berikut Adalah

Perbedaan Cat Akrilik Dan Cat Minyak

Sumber: https://www.lukisanku.com/news/409/Perbedaan-Lukisan-Akrilik-dan-Cat-Minyak