Potensi Sumber Daya Alam Dki Jakarta

Cantiks.com – Potensi Sumber Daya Alam Dki Jakarta

Bukan hal yang aneh lagi ketika kamu mendapati kebanyakan temanmu berasal dari pulau Jawa. Atau mungkin malah kamu sendiri juga tinggal di pulau Jawa. Tak hanya penduduknya yang banyak, terdapat pula banyak
sumber daya alam di pulau Jawa.

Penduduknya yang banyak ini dibuktikan dengan data dari Badan Pusat Statistik di tahun 2020 yang menyatakan bahwa pulau Jawa memiliki penduduk terbesar di Indonesia. Selain karena pusat pemerintahan berfokus di pulau Jawa, padatnya penduduk disebabkan oleh tanahnya yang subur sehingga cocok untuk pertanian dan perkebunan.

Di kesempatan kali ini aku mau ajak kamu untuk lihat lebih dekat tentang
sumber daya alam yang ada di pulau Jawa.
Lanjut baca lagi ya!

Sumber Daya Alam di Pulau Jawa

Sebelum lanjut ke sumber daya alam yang ada di berbagai Provinsi di pulau Jawa, kamu udah tau belum apa aja yang termasuk dalam sumber daya alam? Yuk lihat daftar sumber daya alam di bawah ini:

  • Air
  • Tanah
  • Udara
  • Tumbuhan
  • Hewan
  • Matahari
  • Minyak Bumi
  • Batu Baru
  • Emas

Udah tau ya contoh-contoh sumber daya alam tuh ada apa aja. Bahasan selanjutnya bakal tentang potensi sumber daya alam di pulau Jawa di berbagai Provinsinya. Seperti yang kamu tau, pulau Jawa memiliki 6 Provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

Mari lihat persebaran potensi sumber daya alam di provinsi-provinsi yang ada di pulau Jawa, dimulai dari provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia yaitu Provinsi Jawa Barat.

Provinsi Jawa Barat

Data oleh Kementerian Pertanian menyatakan Indonesia sebagai salah satu daftar negara penghasil padi terbesar. Itu pula salah satu alasan banyak kita temui sawah-sawah di sekitar kita, terutama kamu yang tinggal di Jawa Barat.

Potensi sumber daya alam sawah ini juga banyak ditemui di Provinsi Jawa Barat. Tercatat terdapat saluran irigasi sepanjang 9.488.623 km yang mengaliri sawah-sawah yang ada di Jawa Barat. Sawah ini menghasilkan hingga ber ton-ton padi.

Selain itu Provinsi Jawa Barat juga terkenal akan potensi sumber daya alam perkebunannya. Contohnya adalah teh, karet, kakao, kopi, tebu, tembakau dan masih banyak lagi. Saking banyaknya kebun teh, Jawa Barat menjadi daerah penghasil teh terbesar di Indonesia, lho. Beberapa daerah perkebunan teh tersebut di antaranya adalah Kabupaten Bandung, Sukabumi, Subang, dan Garut.

Baca juga:  Kuartil Atas Data Berat Badan Siswa Adalah

Salah satu alasan mengapa wilayah Jawa Barat memiliki banyak perkebunan teh adalah karena wilayahnya yang pegunungannya yang berudara sejuk memungkinkan komoditas ini mudah tumbuh dan berkembang.

Mulanya perkebunan teh bermula dari usaha pemerintah VOC menjadikan teh sebagai komoditas dagangnya. Perkebunan teh semakin tersebar karena adanya tanam paksa di tahun 1830.

Potensi sumber daya alam tanah di Jawa Barat juga telah dikembangkan untuk kerajinan dengan daya jual yang menarik. Contohnya tanah liat yang merupakan
s
umber daya alam yang banyak tersedia di daerah Plered, Jawa Barat.
 Banyaknya sumber daya alam di daerah tersebut membuat banyaknya kerajinan keramik.

Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah memiliki sumber daya alam pertanian seperti padi, jagung, kedelai, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar. Itulah mengapa sebagian besar penduduk Jawa Tengah bekerja di sektor pertanian.

Selain sumber daya alam hasil pertanian, Provinsi Jawa Tengah juga akan akan sumber daya alam perkebunan, seperti contohnya kelapa, cengkeh, teh dan tembakau. Salah satu penghasil tembakau terkenal di Indonesia berada di Jawa Tengah, lho, yaitu di Kota Temanggung.

Potensi sumber daya alam di Provinsi Jawa Tengah yang cukup menonjol adalah sumber daya alam hutan. Dari hutan di daerah Jawa Tengah dihasilkan kayu Jati yang banyak diminati orang di berbagai negara.

Hutan di Jawa Tengah dibagi menjadi 3 fungsi yaitu Hutan Lindung, Hutan Produksi, dan Hutan Wisata. Fungsi hutan lindung adalah untuk menjaga dan melestarikan flora dan fauna di dalamnya. Contoh hutan lindung di Provinsi Jawa Tengah adalah Hutan Lindung Kethu di Wonogiri.

Provinsi Jawa Timur

Sekarang kita beranjak ke Jawa Timur. Coba kamu sebutkan ada kota dan kabupaten apa saja yang ada di Provinsi Jawa Timur. Pastinya kota Surabaya atau Malang langsung terlintas di benak kalian.

Potensi sumber daya alam di Jawa Timur dalam sektor perkebunan di antaranya adalah perkebunan tebu, tembakau, kopi robusta, kakao dan masih banyak lainnya. Namun, produksi terbesarnya ada di komoditas tebu. Secara tebu kan termasuk salah satu bahan pangan yang banyak dibutuhkan. Di Provinsi Jawa Timur sendiri memiliki 31 unit pabrik gula. Wah, jumlahnya tidak sedikit ya.

Baca juga:  Bagaimana Ciri Kebahasaan Iklan Media Cetak

Provinsi Jawa Timur juga memiliki potensi sumber daya alam minyak dan gas (migas), serta sumber mineral. Potensi gas dan minyak bumi di Jawa Timur banyak terdapat di blok Cepu, Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu, terdapat berbagai sumber mineral di wilayah Jawa Timur seperti batu gamping di Kabupaten Tulungagung. Batu gamping yang mengandung silt atau clay membuat sedimen ini memiliki ketahanan terhadap cuaca. Pemanfaatannya sendiri bisa digunakan sebagai fondasi atau kapur bangunan.

Salah satu alasan adanya potensi migas dan mineral yang kaya di Jawa Timur adalah karena struktur alam dan geologi daerahnya. Dengan adanya cekungan akumulasi migas yang menyebabkan batuan-batuan sedimen. Selain itu karena adanya gunung api menyebabkan terjadinya endapan dari material gunung.

Oh iya bicara tentang gunung, Jawa Timur juga diberkahi dengan berbagai gunung indah seperti Gunung Semeru, Gunung Ijen, Gunung Kelud, Gunung Bromo dan berbagai gunung lainnya. Beberapa dari gunung tersebut masih aktif, lho.

Provinsi Banten

Provinsi Banten ini dulunya pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Namun resmi berpisah pada tahun 2000 dengan alasan tingginya angka kemiskinan serta ketertinggalannya dalam segi pembangunan. Letak Provinsi ini memang berada di bagian paling barat pulau Jawa. Provinsi Banten ini menjadi jalan hubung pulau Jawa dan Sumatera.

Potensi sumber daya alam di Banten termasuk juga perkebunannya seperti cengkeh, kelapa, karet, lada dan teruma melinjo. Memang Provinsi Banten dikenal sebagai penghasil emping tepatnya di Kabupaten Pandeglang.

Meskipun Banten termasuk Provinsi kecil jika dibandingkan dengan provinsi di Indonesia lainnya, namun, terdapat potensi sumber daya alam pertambangan di wilayah Banten. Petambangan tersebut yaitu tambang emas di Cikotok, Intan di Cibaliung, batu bara di Gunung Kencana dan masih banyak lagi.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan potensi pariwisatanya yang beragam di berbagai daerah. Namun tak hanya pariwisatanya yang maju, terdapat juga potensi sumber daya alam di dalamnya.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi sumber daya alam hutan. Hutan di DIY tersebar di Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Sleman. Fungsi sumber daya hutan di DIY adalah sebagai hutan lindung dan hutan produksi.

Baca juga:  Berikut Ini Yang Merupakan Bahan Alam Kecuali

Adapun produksi non kayu dari hutan di wilayah DIY contohnya seperti minyak kayu putih dan getah pinus. Namun selain fungsi produksinya, hutan di kabupaten-kabupaten DIY berguna untuk pencegahan banjir dan longsor, serta mengatur tata air.

Terdapat pula sumber daya pesisir yang mulai dikembangkan di pulau-pulau kecil DIY dan banyak di Kabupaten Gunungkidul. Sumber daya tersebut berupa hayati seperti terumbu karang, biota laut, mangrove, vegetasi pantai, serta non hayati seperti mineral dan pasir laut.

Provinsi DKI Jakarta

Sumber daya alam di pulau Jawa Provinsi DKI Jakarta emang ada ya? Pasti kamu penasaran ya sama jawabannya, secara Jakarta merupakan ibu kota yang penuh dengan penduduk dan bangunan-bangunan modern.

Kamu perlu tahu nih berdasarkan geografisnya, jumlah lautan di Provinsi DKI Jakarta lebih luas daripada daratannya. Jadi kamu bisa tebaklah sumber daya alam apa yang ada di Jakarta. Yup bener banget, sumber daya perikanannya menghasilkan ikan konsumsi serta ikan hias.

Nggak cuma itu, terdapat sumber daya mineral di Kepulauan Seribu. Sumber daya mineral di daerah ini berupa minyak dan gas, lho.

Okay sudah kita bahas sumber daya alam di pulau Jawa dari setiap provinsinya.  Kalau bisa disimpulkan
sumber daya alam yang banyak dijumpai di pulau Jawa adalah
tanaman ya, baik dalam bentuk pertanian, perkebunan hingga kehutanan. Tentunya tadi cuma sebagian ya, masih banyak potensi sumber daya alam di sebaran pulau Jawa yang belum disebutkan di sini atau bahkan sedang dieksplorasi lagi.

Sudah dulu ya pembahasan tentang sumber daya alam di pulau Jawa kali ini. Aku bakal seneng banget nih kalau kamu ikut menambahkan sumber daya alam lainnya yang belum kusebutkan di bacaan tadi. Kita diskusi di komen ya!

Eits, kalau kamu masih mau mengasah materi pengetahuan umum dan pelajaran lainnya jelang ujian sekolah, langsung aja ikutan bimbel dari New Primagama Powered by Zenius. Di sini kamu bisa dapetin akses ke ribuan materi belajar dan dibimbing langsung oleh para tentor berpengalaman. Klik gambar di bawah ini buat cek paket belajarnya ya!


Potensi Sumber Daya Alam Dki Jakarta

Sumber: https://primagama.co.id/blog/berbagai-jenis-sumber-daya-alam-yang-ada-di-pulau-jawa/