Saat Menari Kupu Kupu Kedua Tangan

Cantiks.com – Saat Menari Kupu Kupu Kedua Tangan

Oleh:
Fitri Kilauan Rahmawati, S.Pd

SWI.sch.id

– Kelas 1 Abuk Bakar
SDIT Wirausaha Indonesia

sedang melaksanakan gerakan tari “Kupu-kupu nan absurd” di ruang kelas plong Selasa (8/10/2019) pagi. Gerakan tari ini merupakan salah suatu materi dalam penerimaan tematik 3, khususnya pada pelajaran SBdP dengan Kompetensi Dasar 3.3 yaitu mengarifi gerak anggota tubuh melangkaui tari.

Goyang pinggul Kupu-kupu

Walaupun persuasi tari kupu-kupu ini tanpa nada, pelajar-siswa kelas 1 Abu bakar
SWI Islamic School

lewat bersemangat sekali mengikuti gerakan demi gerakan nan dipandu oleh ustadzahnya adalah ustadzah Fitri Nur Rahmawati (Rahma).

Gerakan tari “Kupu-kupu yang menggelikan” terbagi menjadi 5 gerakan, ialah :1. Berjalan bulat dengan kedua tangan digerakkan ke atas dan ke bawah, 2. Berjalan jinjit di tempat dengan kedua tangan digerakkan ke atas dan ke dasar, 3. Kedua tangan ke atas diayunkan ke kiri dan ke kanan, 4. Kedua tangan kedepan digerakkan ke samping bergantian, 5. Jengkeng dengan satu lutut,kedua tangan di atas kepala.

Kegiatan ini selain kerjakan memenuhi pembelajaran lega tematik juga bertujuan agar bisa melatih perkembangan motorik siswa-siswi melangkaui gerakan-gerakan sederhana. Selepas joget ini selesai siswa-siswi kembali ke kancah duduk masing-masing bakal menyinambungkan pelajaran sebagai halnya konvensional.

Tertumbuk pandangan sekali paras-cahaya muka bahagia mereka bikin melanjutkan pelajaran tahun ini.
SWI

burung laut berusaha lakukan bosor makan menciptakan suasana belajar yang menyurutkan kerjakan siswa-siswinya, agar mereka lebih vitalitas lagi dalam mengikuti kegiatan berpunca sekolah.

KOMPAs.com

– Indonesia kaya akan kebudayaan masyarakat tiap daerahnya. Riuk satu wujud kekayaan budaya Indonesia ialah tipe tariannya.

Pelecok satu tari yang cinta dipentaskan adalah Tari Rama-rama berusul Bali. Tari kupu-kupu memiliki gerakan dan busana yang unik, ayo kita lebih mengenal Tari Kupu-kupu!

Baca juga:  Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Serangan Tangan Melalui Atas Adalah

I Kadek Agus Sujiro Putra dan kawan-kongsi dalam jurnal I Nyoman Narasi Inisiator Inovatif dalam Mencipta Tari Bali (2017) menamakan bahwa Bali n kepunyaan banyak seniman tari nan sudah lalu adv amat naik daun dengan talenta dan karyanya, salah satunya adalah I Wayan Bertha. I Wayan Bertha merupakan seniman yang menciptakan Tari Kupu-kupu pada tahun 1960.

Menurut Rina Pujiastuti privat skripsi Pengajian pengkajian Tari Kupu-kupu pada Siswa papan bawah 1 SDN Karangsari Kecamatan Punggelan (2015) Tari Kupu-Kupu adalah tari penemuan mentah yang menayangkan ketentraman dan kedamaian hidup sekelompok kupu-kupu nan dengan riangnya berpindah dari satu bunga ke rente lain.

Baca kembali: 10 Alat yang Boleh Digunakan sebagai Kepunyaan Gerak Tari

Gerak dan gaun Tari Kupu-kupu

Berikut penjelasan gerak dan busana Tari Kupu-kupu:

Usaha Tari Kupu-kupu

Operasi Tari Rama-rama adalah gerakan nan keteter namun lincah dan ceria. Gerakan Tari Rama-rama membualkan kehidupan kupu-kupu dari mulai menjadi kepompong, saat berubah menjadi kupu-kupu, dan saat rama-rama nanar dari satu anakan ke bunga lainnya.

Menurut Tetty Rahmi, internal Keterampilan Tari (2014) gerakan Tari Rama-rama mencangam gerakan kepala (menoleh), usaha badan (bersirkulasi, meliuk, mengsol, dan tegak), usaha tangan (mengayun, memutar, mengangkat, dan merentang), serta gerakan suku (berjinjit, berlutut, dan melangkah).

Operasi Tari Kupu-kupu nan minimal terdepan adalah ketika penari menaik-turunkan syal ditangannya menyerupai kupu-kupu nan panik keluar bermula kepompongnya.

Gerakan Tari Kupu-kupu tersisa dan menghibur, sehingga gegares dilakukan bakal mengasah kemampuan motorik anak.

Pakaian Tari Kupu-kupu

Bedaya Tari Kupu-kupu lazimnya adalah sekelompok momongan cewek. Penari menggunakan rok Tari Rama-rama yaitu superior berupa kemben berwarna-warni dan bawahan maujud reja menggambar.

Baca sekali lagi: Tari Beksan Wireng: Memori, Asal-Usul, Gerak Tari, dan Propertinya

Baca juga:  Serum Untuk Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Para penari sekali lagi dipakaikan mahkota yang dilengkapi dengan dua buah antenna, menyerupai rama-rama.

Penayub juga menunggangi hiasan seperti mana klat pundak, kace (paesan yang membentangi dada), dan ampok-ampok (hiasan riil ikat pinggang khas bali), dan lagi sayap kupu-kupu yang dihias dengan sani. Bukan lupa, penayub menggunakan selendang dari kain sampur untuk membukit estetika disko.

Dapatkan update
berita pilihan

dan
breaking news

setiap hari berusul Kompas.com. Mari bergabung di Grup Dawai “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Engkau harus install permintaan Kabel apalagi silam di ponsel.

Baca berikutnya

Ilustrasi Gerakan Meniru Kupu-kupu. (Foto: https://pixabay.com)



Di pelajaran anak sekolah dasar aksi


kupu-kupu



camar dipraktikkan di mata pelajaran seni. Sebagaimana nan diketahui, salah satu anasir seni berasal tari adalah teladan atau tema. Unsur pola dan tema suatu tarian dapat diperjelas dengan beberapa cara, keseleo satunya adalah propaganda tubuh.




Dikutip dari pokok



Pendidikan Seni Budaya yang ditulis oleh Yoyok & Siswandi (2008: 71)


, pelukisan tema melangkaui gerak tubuh boleh dilakukan dengan meniru gerakan objek nan ditarikan.



Objek yang ditiru bisa beragam, begitu juga terwelu yang sedang bersenggau-senggau maupun kupu-kupu yang sedang hilang akal. Artikel siapa ini akan membahas gerakan meniru kupu-kupu pusing dalam unsur


seni tari

.

Propaganda Meniru Kupu-kupu Histeris

Ilustrasi Gerakan Meniru Kupu-kupu. (Foto: https://pixabay.com)



Pernahkah kamu melihat rama-rama cemas dengan menggerakan sayapnya? Adv amat indah, bukan? Tanpa rama-rama, arwah kita pasti akan sulit cak bagi mendapatkan biji kemaluan. Hal itu dikarenakan kupu-kupu lah yang kontributif pokok kayu melakukan pembenihan dan menghasilkan buah.



Dikutip terbit trik


Tematik 2F Merawat


Hewan



dan Tumbuhan Kurikulum 2013 Revisi 2016 nan ditulis oleh Marini, dkk (2021: 140)


, setiap orang pasti terpesona ketika melihat kupu-kupu terbang di taman anak uang. Nah, gerakan meniru kupu-kupu mangut tersebut dapat kamu kerjakan kerumahtanggaan unsur seni tari. Berikut langkah-anju yang dapat ia lakukan untuk mencontoh rama-rama terbang:

Baca juga:  Bola Menyentuh Tangan Dalam Permainan Sepak Bola Disebut



1. Gerakan kupu-kupu terbang di gelanggang (4 x 8 hitungan).



2. Gerakan rama-rama kliyengan mengalir (2 x 8 hitungan).



3. Gerakan loncat (2 x 8 hitungan).



4. Gerakan terbang (2 x 8 hitungan).



5. Usaha urai tutup sayap (2 x 8 hitungan) kanan kiri).



6. Kampanye kibasan (2 x 8 hitungan).



7. Aksi buai (2 x 8 hitungan).



8. Gerakan tolehan kanan kiri (2 x 8 hitungan).



Gerakan meniru kupu-kupu terbang di atas akan lebih indah lagi jika ditambahkan properti. Dia bisa membuat properti sendiri hanya dengan dus tebal dan tali saja. Pertama, gambarlah sayap kupu-kupu sesuai ukuran nan engkau inginkan dan gunting mengikuti garis. Kemudian, gabungkan dua buah sayap rama-rama tersebut dengan kenur. Ikatkan sayap tersebut di badan kamu. Selamat menyedang! (CHL)

Saat Menari Kupu Kupu Kedua Tangan

Sumber: https://duuwi.com/60780/saat-menari-kupu-kupu-kedua-tangan.html