Selisih Berapa Jam Indonesia Dengan Jepang

Cantiks.com – Selisih Berapa Jam Indonesia Dengan Jepang

Jepang dan Indonesia memiliki perbedaan waktu yang tergolong unik. Perbedaan waktu Indonesia dan jepang disebut unik. Hal ini disebabkan adanya pembagian zona waktu yang rata rata tidak memiliki perbedaan waktu yang mencolok.

Sebagai negara dengan beragam kepulauan tentu saja membuat Indonesia terbagi dalam tiga zonasi waktu dalam skala nasional. Dengan adanya pembagian waktu tersebut tak ayal jika ada beberapa zona waktu di Indonesia yang sama dengan zona waktu di Jepang.

Daftar Isi

  1. Standar Penentuan Waktu di Jepang
  2. Sejarah Singkat Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang
  3. Pembagian Waktu di Indonesia
  4. Waktu Indonesia dan Jepang yang Berbeda

Standar Penentuan Waktu di Jepang

Berbeda dengan negara di Indonesia, perbedaan waktu indonesia dan jepang juga dapat dilihat dari sistem standar penentuan waktunya. Secara keseluruhan zona waktu di Jepang hanya terbagi dalam satu pemusatan zona waktu yang disebut dengan Japan Standard Time, atau yang lebih dikenal dengan sebutan JST.

Secara keseluruhan, JST membuat pembagian zona waktu di Jepang hanya berfokus hanya pada satu zonasi saja. Dengan begitu tidak ada perbedaan di setiap daerah di Jepang. Jepang sendiri mengusung sistem waktu JST dengan sistem UCT +9 dengan begitu jepang tidak akan mengenal sistem waktu yang berbeda di tiap musimnya.

Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan sistem waktu di negara negara lainnya. Sama halnya dengan yang ada di Indonesia,hanya saja perbedaan tersebut terletak dari wilayah saja.

Secara keseluruhan, jika dibandingkan, maka perbedaan zona waktu antara di Indonesia dan Jepang tidak terlalu mencolok secara signifikan. Standar waktu di Jepang memang dipatenkan dengan mengusung konsep satu waktu untuk seluruh wilayah.

Baca juga:  Sebutkan Dan Jelaskan Jenis Arus Listrik

Antara kota satu dengan kota lainnya memiliki rentang waktu yang hampir sama dan tidak terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Sistem waktu seperti ini memang bisa dibilang memiliki keunggulan, karena itu berarti penggolongan waktu dalam satu negara tidak berbeda jauh.

Sejarah Singkat Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang

Jepang dengan populasi penduduk di bawah negara Indonesia memang merupakan negara maju dengan beragam kecanggihan teknologi. Secara umum Jepang memiliki beberapa musim, lain halnya dengan Indonesia yang hanya memiliki dua musim, yaitu hujan dan panas. Jepang memiliki beragam musim, seperti musim semi, hujan, dan lainnya.

Namun berbeda dengan kebanyakan negara yang memiliki banyak musim. Kebanyakan negara yang memiliki beragam musim akan menyesuaikan zonasi waktunya sesuai dengan musim yang tengah dihadapi, seperti misalnya saat musim semi, maka perbedaan waktu siang dan malam akan terasa sedikit lebih lama, dan juga berlaku dengan muslim lainnya.

Dengan adanya problem semacam hal tersebut, maka Jepang dengan sistem zona waktu yang telah ditentukan tidak didukung dengan sistem daylight saving. Itu artinya Jepang tetap menjalankan pembagian zona waktunya sesuai dengan yang telah ditentukan di awal.

Dengan begitu, seluruh kawasan di Jepang memiliki rentang waktu atau pembagian waktu yang sama. Dan tidak ada perbedaan antara kota satu dengan kota lainnya. Lain halnya dengan Indonesia, dengan mengusung sistem waktu UCT +7 maka secara keseluruhan perbedaan waktu indonesia dan jepang tidaklah banyak, bisa dibilang selisih jam terbanyak antara Jepang dan Indonesia hanya lah dua jam saja.

Perbedaan waktu yang tidak terlalu banyak tersebut tentu akan membuat perjalan jauh jika menggunakan pesawat terbang tidak akan mengalami apa yang dinamakan dengan nama jet lag.

Pembagian Waktu di Indonesia

Secara keseluruhan Indonesia memiliki tiga sistem zona waktu, ketiga zona waktu tersebut adalah waktu Indonesia bagian barat, waktu Indonesia bagian tengah, dan juga waktu Indonesia bagian timur. Pembagian zona waktu ini sendiri juga merupakan akibat dari luas wilayah Indonesia sendiri. Seperti diketahui, bahwa Indonesia adalah negara kepulauan, sehingga zona waktu antara satu dengan zona waktu lainnya cukup berbeda.

Baca juga:  Sebutkan Warna Warna Cahaya Penyusun Cahaya Putih

1. Sejarah Penentuan Waktu di Indonesia

Menilik arsip dokumen pemerintah, sejarah pembagian zona waktu ini mengacu pada keppres yang dengan tegas menyatakan bahwa NKRI terbagi menjadi tiga zona waktu dengan perbedaan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Pembagian zona waktu tersebut memang dipengaruhi oleh luas wilayah yang begitu luas. Jika dilihat dari letak geografisnya sendiri yang berada pada 96 derajat bujur timur hingga 141 derajat bujur selatan, maka hal ini lah yang membuat Indonesia memiliki sistem zona waktu.

Jika ada pertanyaan mengapa harus ada sistem zona waktu dalam satu wilayah, maka jawabnya adalah dikarenakan efek luas wilayah yang membujur. Mau tidak mau maka zona waktu harus diterapkan dalam NKRI.

2. Waktu Indonesia Barat (WIB)

Zona waktu yang pertama adalah wilayah barat. Secara keseluruhan, wilayah ini mencakup Jawa, Sumatera, Kalimantan bagian tengah barat dan Madura. Pembagian waktu zona barat ini mengacu pada garis 1-5 derajat bujur timur. Hal ini juga menyebabkan perbedaan selama satu jam dengan zona waktu bagian tengah.

3. Waktu Indonesia Tengah (WITA)

Cakupan wilayah zona waktu bagian tengah adalah zona Bali, Kalimantan bagian utara, timur serta selatan, Sulawesi NTB, hingga NTT. Seperti sebelumnya dengan adanya zona ini, maka perbedaan waktu dengan zona sebelumnya adalah selisih satu jam saja. Secara umum, zona waktu bagian tengah ini merupakan penengah diantara zona waktu bagian barat dengan zona waktu bagian timur.

4. Waktu Indonesia Timur (WIT)

Yang terakhir adalah zona waktu bagian timur, zona waktu ini merupakan zona waktu paling jauh dari zona waktu bagian barat.Tak ayal jika perbedaan waktunya hingga 2 jam lamanya. Untuk wilayah timur ini beberapa daerah yang termasuk didalamnya adalah Maluku dan Papua.

Baca juga:  Fungsi Mesin Dalam Kaitannya Dengan Pekerjaan Seseorang Adalah

Diantara ketiga zona waktu tersebut, secara umum, WIT memiliki persamaan dengan zona waktu Jepang yang menggunakan sistem UCT +9. Perbedaan waktu indonesia dan jepang mungkin tidak berlaku pada wilayah waktu Indonesia bagian timur, sehingga jika ingin mengetahui waktu Jepang.

Maka langkah terbaik adalah dengan juga tahu wilayah waktu Indonesia bagian timur. Dengan persamaan zona waktu ini tentu saja akan memudahkan dalam mengetahui waktu rela di negara Jepang.

Kesamaan zona waktu ini sendiri bukan tanpa sebab, dengan mengacu pada letak geografis serta garis bujur dan lintang, maka pembagian zona waktu tersebut memang telah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya ada.

Waktu Indonesia dan Jepang yang Berbeda

Perbedaan waktu indonesia dan jepang memang secara keseluruhan tidak berbeda terlalu jauh. Jika ditilik dengan jelas, maka ada salah satu wilayah zona waktu yang pembagian zona waktu nya sendiri sama dengan zona waktu di Jepang. Dan sistem zona waktu yang berbeda dengan zona waktu Jepang adalah WIB dan WITA.

Kedua pembagian wilayah waktu tersebut juga mengacu pada sistem yang telah disesuaikan sebelumnya. Dengan adanya perbedaan zona waktu tersebut menjadikan kedua negara ASIA ini cukup unik dikarenakan ada zona yang memiliki waktu yang sama dan juga berbeda.

Itulah perbedaan waktu indonesia dan jepang yang wajib disimak serat dicermati. Dengan memahami zona waktu tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Indonesia dan Jepang memiliki zona waktu yang berbeda. Namun perbedaan zona waktu yang ada tidak terlalu jauh.

Baca juga: 10 Makanan Tradisional Jepang Paling Populer dengan Cita Rasa yang Khas

Selisih Berapa Jam Indonesia Dengan Jepang

Sumber: https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/4535/