Senam Yang Tidak Menggunakan Musik Disebut

Cantiks.com – Senam Yang Tidak Menggunakan Musik Disebut

Tentunya istilah senam irama ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Bahkan, kebanyakan di antara kita mungkin suka melakukan aktivitas ini setiap harinya. Akan tetapi, seperti apa pengertian senam irama itu ?

Atau bagaimanakah perbedaan senam ini dengan senam lainnya atau bagaimana cara untuk melakukan gerakan senam ini ? Mungkin pertanyaan seperti itu muncul di dalam benak anda. akan tetapi, sebelum kita membahas pengertian senam irama, sebaiknya kita pahami apa yang dimaksud dengan senam dan olahraga serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Memiliki tubuh yang ideal pastinya merupakan dambaan setiap orang. Oleh karena itu, aktivtias senam irama ini sangatlah penting. Akan tetapi, tahukah anda bahwa sebenarnya senam irama ini merupakan salah satu kegiatan olahraga ?

Olahraga pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan melakukan aktivitas tersebut, maka metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh akan berlangsung lebih lancar.

Meksipun banyak orang yang melakukan kegiatan olahraga sebagai hobi atau sarana rekreasi, namun olahraga pada dasarnya memberikan sejuta manfaat bagi tubuh kita. Selain itu, aktivitas ini juga sangat banyak ragam jenisnya.

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai.

Pada dasarnya, senam berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani Kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda serta pada pertunjukkan sirkus. Senam ini biasanya digunakan sebagai sarana rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran dan lainnya.

Biasanya, senam ini bisa kita jumpai di pusat fitness, gymnasium atau di sekolah. Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.

Baca juga:  Dalam Teknologi Konstruksi Molen Merupakan Teknologi Yang Digunakan Untuk

Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. Banyak sekali jenis senam, misalnya senam lantai, senam irama senam SKJ, senam hamil, senam aerobic, senam pramuka dan lainnya.

Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani.Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani seperti kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh.

Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasan keterampilan teknik suatu cabang olah raga. Pengertian senam begitu luas cakupannya yang meliputi berbagai karakteristik geraknya.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian senam irama, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Senam irama

Senam irama atau senam ritmik pada dasarnya merupakan gerakan senam yang dilakukan dengan irama music atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama ini dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa menggunakan alat.

Alat yang sering digunakan adalah ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi. Adapun unsur unsur yang diperlukan dalam senam irama ini, di antaranya adalah ;

–         Kelentukan

–         Keseimbangan

–         Keluwesan

–         Fleksibilitas

–         Kontinuitas

–         Ketetapan dengan irama

Kita perlu menguasai teknik gerakan pada senam irama agar mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani Hal ini sesuai dengan tujuan senam yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan.

Senam irama juga menekankan pada tiga hal penting, yaitu :

–         Ketepatan music atau irama

–         Kelentukan atau fleksibilitas

–         Kontinuitas gerakan

  • Gerakan dasar senam irama

Ada beberapa gerakan dasar dalam senam irama, yaitu :

a.

Gerakan langkah kaki

Gerakan ini dilakukan dengan cara :

Baca juga:  Kulkas Yang Bisa Bikin Es Batu Sendiri

–         berdiri dengan sikap tegak

–         langkah kaki kiri dan kedua lengan di samping badan

–         melangkahkan kai kanan dan jatuhkan pada tumit

–         dilanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian

b.

gerakan ayunan lengan

merupakan gerakan dasar yang dilakukan dengan cara ;

–         ayunkan tangan satu per satu ke belakang dan ke depan

–         saat mengayun diikuti kedua lutut mengeper

–         gerakan dilakukan 6 x 4 dihitung dengan irama 4/4 ketukan

inilah sekilas mengenai pengertian senam irama. Semoga bermanfaat.



Lihat Video Dibawah Ini Siapa Tahu Bermanfaat Untuk Kamu



Senam Yang Tidak Menggunakan Musik Disebut

Sumber: https://ujiansma.com/senam-irama-senam-menggunakan-musik