Status Dan Peran Manusia Berdasarkan Tinjauan Sosiologis Dan Psikologis

Cantiks.com – Status Dan Peran Manusia Berdasarkan Tinjauan Sosiologis Dan Psikologis

Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa…

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan “Jelaskan Secara Ringkas Status dan Peran Manusia Berdasarkan Tinjauan Sosiologis dan Psikologis!”.

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Manusia diciptakan dengan berbagai potensi yang dianugerahkan Sang Pencipta sebagai makhluk yang unggul. Manusia memiliki banyak status dan peran yang diampunya ketika hidup di dunia.

Jelaskan secara ringkas status dan peran manusia berdasarkan tinjauan sosiologis dan psikologis.

Jawaban Pertama

Manusia memiliki peran berdasarkan tinjauan sosiologis dan psikologis, peran tersebut meliputi:

1) Struktur Individu adalah semua ciri dan sifat kepribadian yang tetap. Sifatnya tergantung pada struktur anatomis indvidu yang dipengaruhi oleh keturunan seperti percaya diri, cerdas, dsb.

2) Keadaan Sementara (Temporer) adalah kondisi yang dialami setiap individu di waktu tertentu. Seperti dorongan minuman pada orang haus, akan berbeda dibandingkan dengan orang yang tidak haus.

3) Aktivitas Yang Sedang Berlangsung adalah aktivitas individu dengan keadaan untuk mencapai sasaran. Dorongan yang mengganggu akan membuat individu melawan, tetapi apabila dorongannya sejalan maka akan terjadilah reaksi kompromi.

4) Respons atau Reaksi. Terbentuknya respon atau reaksi tergantung kepada dorongan. Apabila dorongannya kuat, maka akan cepat menghasilkan reaksi, namun sebaliknya apabila dorongannya lemah maka akan menghasilkan reaksi yang lemah pula.

Baca juga:  Berdasarkan Gambar Berikut Nilai X Adalah

Jawaban Kedua

  • Struktur individu, yaitu segala ciri dan sifat kepribadian yang tetap. Sifat tersebut bergantung pada struktur anatomis individu yang dipengaruhi oleh keturunan seperti pemarah, cerdas dan lain-lain.
  • Temporer (keadaan sementara), yaitu suatu kondisi yang dialami oleh setiap individu pada waktu tertentu. Stimulus makanan pada orang lapar, akan lain dibandingkan dengan orang yang masih kenyang.
  • Aktivitas yang sedang berlangsung, yaitu aktivitas individu yang sedang dalam keadaan mencapai tujuan. Stimulus yang mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung membuat individu akan melawan atau paling tidak akan acuh. Akan tetapi jikalau stimulusnya sejalan dengan aktivitas yang sedang berjalan, maka akan terjadi reaksi kompromi.
  • Respon atau reaksi. Terjadinya respon atau reaksi akan bergantung pada stimulus itu sendiri,. Jika stimulusnya kuat, akan cepat memberi reaksi. Tetapi jika stimulusnya lemah, akan lemah pula reaksinya.

Jawaban Ketiga

Sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang perilaku sosial manusia dan pola interaksi dan pengaruh timbal balik antara individu dan kelompok dalam struktur sosial, serta perubahan sosial.

Berdasarkan tinjauan sosiologis, status dan peran manusia yakni manusia sebagai seorang individu selain merupakan hasil bentukan dari dirinya sendiri adalah juga merupakan hasil bentukan dari lingkungan dan masyarakat tempatnya berada. Terbentuknya sikap terbuka individu tidak hanya mempengaruhi sikap dan juga perilakunya individunya sendiri tetapi juga dapat mempengaruhi sikap dan perilaku oran lain. Selain sebagai makhluk individu, manusia juga merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan manusia lainnya.

Psikologi merupakan sutu imu yang mengkaji aspek-aspek kejiwaan seperti aspek mental, emosional, dan karakteristik perilaku individu ataupun kelompok.

Berdasarkan tinjauan psikologis, status dan peran manusia dapat yakni mengacu pada perilaku manusia merupakan perwujudan dari dorongan dalam diri manusia. Perilaku manusia yang muncul baik untuk individunya sendiri maupun terhadap kelompok merupakan cerminan kebutuhan manusia itu sendiri.

Baca juga:  Apa Yang Dimaksud Vacum of Power

Jadi kesimpulannya, status dan peran manusia tidak dapat dilepaskan hakikat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendiri, dimana bentukan kepribadian, mental dan perilaku tidak hanya terbentuk dengan sendirinya tetapi juga dipengaruhi oleh lingkungan dan masyarakat sekitar.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan “Jelaskan Secara Ringkas Status dan Peran Manusia Berdasarkan Tinjauan Sosiologis dan Psikologis!”, semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Status Dan Peran Manusia Berdasarkan Tinjauan Sosiologis Dan Psikologis

Sumber: https://www.fivser.com/2022/02/jelaskan-secara-ringkas-status-dan-peran-manusia-berdasarkan-tinjauan-sosiologis-dan-psikologis.html