Teknik Menggiring Bola Dengan Cepat Hendaknya Dilakukan Dengan

Cantiks.com – Teknik Menggiring Bola Dengan Cepat Hendaknya Dilakukan Dengan

Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki jika ingin menjadi pemain sepak bola handal ialah teknik menggiring bola. Tujuan dari aktivitas ini yakni mendekatkan objek ke arah gawang sehingga potensi mencetak gol pun makin besar. Tak hanya menendang, pemain pun juga harus menguasai metode
dribbling.

Contents

  • 1
    Teknik Menggiring Bola Menggunakan Kaki Bagian Luar
  • 2
    Teknik Menggiring Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam
  • 3
    Teknik Menggiring Bola Menggunakan Punggung Kaki
  • 4
    Tips Saat Melakukan Teknik Menggiring Bola

    • 4.1
      1. Latihlah Kaki Kanan dan Kiri
    • 4.2
      2. Posisikan Lengan yang Benar
    • 4.3
      3. Berlatih di Tempat Terbuka
    • 4.4
      4. Lakukan Sesi Latihan Pendek

Teknik Menggiring Bola Menggunakan Kaki Bagian Luar

Salah satu teknik terbaik untuk menggiring bola yaitu memakai kaki bagian luar. Tujuan digunakannya metode itu adalah untuk mengelabui pihak lawan dari arah samping. Cara ini dinilai mampu membuat pertahanan tim makin kuat karena musuh akan makin kesulitan merebutnya.

Jika ingin menggiring menggunakan kaki bagian luar, maka pastikan memposisikan diri dalam posisi berdiri dengan pandangan ke arah depan. Selanjutnya, saat melakukan penggiringan, doronglah bola sehingga penumpu agak terangkat. Ketika melakukannya, pastikan bagian satunya tetap berpijak.

Tumpulah badan menggunakan kaki satunya yang tidak digunakan untuk menendang guna menjaga keseimbangan. Selanjutnya, lakukan penggiringan bola secara perlahan sambil memperhatikan arah depan. Pandangan harus fokus dan hindari musuh. Jangan biarkan lawan merebutnya dengan mudah.

Baca juga:  Jelaskan 3 Cara Membuka Command Prompt

Teknik Menggiring Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Teknik Menggiring Bola

Ada beberapa teknik dalam menggiring bola. Dalam gambar di atas, terlihat messi yang memakai jersey bola berbeda sedang menggiring bola dan melewati lawannya. Selain menggiring bola menggunakan bagian luar, Anda pun dapat memakai kaki bagian dalam. Mungkin awalnya memang terlihat sulit, namun dengan latihan secara rutin, teknik tersebut bisa dilakukan sehingga peluang menang pun makin besar. Caranya cukup mudah. Pertama, ambil sikap berdiri.

Selanjutnya, posisikan lengan di kedua sisi tubuh. Posisi kaki sebaiknya diputar ke arah luar dan lakukan penguncian. Saat menggiring, doronglah itu ke arah depan sambil memposisikannya terbuka ke depan. Ketika melakukannya, berikan sedikit tenaga.

Jadi, Anda perlu menggiring bola secara lurus agar gerakannya sempurna. Untuk melakukannya, posisikan kaki keduanya secara benar yakni dibuka sedikit dan penumpu juga harus digerakkan supaya saat digiring tidak melenceng. Ketika memakai teknik ini, pastikan pandangan lurus ke depan.

Teknik Menggiring Bola Menggunakan Punggung Kaki

Teknik menggiring bola terakhir yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan permainan yakni punggung kaki. Pertama, silakan memposisikan diri dengan cara berdiri secara sempurna disertai pandangan ke depan. Ini sangat penting karena Anda juga perlu memfokuskan perhatian ke arah lawan.

Setelah itu, posisikan lengan di kedua sisi dan bersikaplah rileks. Selanjutnya, putarlah pergelangan kaki lalu kunci. Ketika melakukan penggiringan bola, sebaiknya dorong ke arah depan sehingga bisa meluncur dengan baik. Jika bisa bergulir lurus, ini menandakan teknik telah berhasil dilakukan.

Jika ingin menghentikan bola, sebaiknya pakai telapak kaki dan hentikan dengan menyentuh di bagian atasnya. Agar gerakan menggiring makin lancar, sebaiknya tumpukkan bobot tubuh pada kaki yang tidak digunakan untuk
dribbling. Supaya lebih ahli, latihlah teknik itu setiap hari.

Baca juga:  Pada Lari Jarak Menengah Pelari Melakukan Lari Cepat Jika

Tips Saat Melakukan Teknik Menggiring Bola

Satu dua kali latihan mungkin belum bisa membuat Anda langsung memahami cara menggiring yang benar. Apabila ingin lebih menguasainya, maka ketahui berbagai trik terbaik. Ini dapat dipakai saat melakukan pertandingan sepak bola. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Latihlah Kaki Kanan dan Kiri

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan teknik menggiring ialah melatih kedua tumpuan sekaligus. Bila ingin menjadi pemain profesional, bagian kaki kanan dan kiri harus seimbang sehingga potensi meraih kemenangan pun di depan mata.

Kemampuan menggiring sangat penting karena bisa memaksimalkan performa saat berada di pertandingan. Oleh karena itu, latihlah kedua kaki secara bergantian. Anda bisa membuat jadwal sehingga memiliki keahlian yang seimbang.

2. Posisikan Lengan yang Benar

Saat memposisikan teknik menggiring bola, jangan lupa untuk menjaga lengan tetap pada tempatnya. Ketika mengambil posisi mendekati lawan, maka usahakan jangan sampai melakukan pelanggaran baik disengaja maupun tak sengaja.

Lengan dapat difungsikan untuk menghalau lawan sehingga bola tetap berada dalam jangkauan. Namun, bila salah langkah, Anda bisa terkena pelanggaran. Oleh karena itu, pastikan tetap waspada serta tidak menyikut atau mendorong lawan. Bersikaplah rileks dan jika tidak dipakai, posisikan di kedua sisi tubuh.

3. Berlatih di Tempat Terbuka

Tempat terbaik untuk berlatih ialah di lapangan sepakbola terbuka yang berumput. Jika berlatih di dalam ruangan, hasilnya kurang maskimal. Anda dapat mencoba mempelajarinya di area terbuka atau stadion. Ingat, jangan bosan saat mempraktekan teknik menggiring menggunakan punggung kaki atau lainnya.

Mungkin di awal rasanya berat karena untuk mampu menggiring memakai kedua kaki secara bergantian tidak mudah. Oleh karena itu, pastikan Anda rutin berlatih. Tempat terbuka direkomendasikan karena selain memberikan hawa lebih segar, ruang lingkupnya pun tak terbatas.

Baca juga:  Contoh Kerajinan Non Benda Dan Cara Pembuatannya

4. Lakukan Sesi Latihan Pendek

Salah satu tips yang bisa dilakukan agar Anda bisa cepat menggiring bola ialah melakukan sesi pendek latihan. Supaya tidak bosan, maka lakukan 30 menit lalu berpindah ke teknik lainnya. Durasi itu dirasa cukup dengan syarat dilaksanakan tiap hari. Selain itu, jangan lupa untuk melatih kaki kanan dan kiri.

Dengan adanya sesi latihan pendek, Anda bisa lebih fokus sehingga kemampuan menggiring pun dapat dimiliki. Jika melakukannya terlalu bersemangat hingga menghabiskan waktu berjam-jam, itu akan membuat bosan sekaligus kelelahan. Durasi 30 menit dinilai mencukupi dan bisa meningkatkan
skill.

Itulah informasi menarik tentang beberapa teknik menggiring bola yang perlu dipahami oleh para pemain sepak bola. Sedikitnya, ada 3 jenis cara
dribbling
dalam permainan itu. Bila ingin ahli di bidang ini, jangan ragu untuk berlatih dan terus mempraktekannya sehingga bisa mencetak gol dengan mudah.

Teknik Menggiring Bola Dengan Cepat Hendaknya Dilakukan Dengan

Sumber: https://www.garudaprint.com/olahraga/teknik-menggiring-bola/